Lampu Light Bar DualShock 4 Tidak Bisa Dimatikan, Kecuali Atas Perintah Developer Game

Setelah melihat demo fitur augmented reality yang diberikan Sony melalui video PlayRoom, kalian pasti sama seperti kami, berpendapat betapa keren sebuah PlayStation 4 ketika dikendalikan menggunakan kontroler canggih DualShock 4 yang memiliki ujung lampu bersinar terang yang disebut Light Bar. Demo PlayRoom itu juga diperlihatkan di tengah ruangan dengan pencahayaan minim. Bagaimana jika kita memainkan PS4 di tengah ruangan gelap, dan jarak antara televisi dan posisi duduk hanya beberapa meter saja? Tentu cahaya Light Bar akan terlihat jelas pada layar televisi, dan mungkin saja akan mengganggu permainan.

Jika fungsi kamera Kinect 2 yang melacak aktivitas kita bisa dinonaktifkan, dan kamera PS Eye yang dibeli terpisah (yang artinya, bukan kontroler primer) juga tidak akan mengganggu permainan, bagaimana dengan cahaya Light Bar yang mungkin mengganggu ketika kita memainkan PS4 di ruangan gelap? Jawabannya kami dapatkan melalui Shuhei Yoshida, President dari Worldwide Studios untuk Sony Computer Entertainment Inc. Melalui salah satu respon di akun Twitter-nya, dia mengatakan jika cahaya lampu Light Bar akan selalu menyala, meskipun kita tidak membutuhkan fungsinya.

Jadi kamu yang berpikir bisa mematikan lampu tersebut dengan harapan menghemat baterai DualShock 4, sepertinya harus pasrah melihatnya terus menyala. Yoshida menambahkan, kita memang tidak bisa mematikan (fungsi) lampu tersebut, namun developer bisa mematikannya, yang artinya, jika ada developer dengan game yang memang tidak membutuhkan fungsi Dual Shock 4, mereka bisa mematikan fungsi Light Bar.

Bicara kapasitas baterai, Dual Shock 4 ini seharusnya sudah cukup irit, walaupun belum ada klaim berapa lama ketahanan baterainya. Sony memasukkan lithium-ion yang berkapasitas 3.7 V, atau bisa diterjemahkan menjadi 1000 mAh, dan itu sudah dua kali lebih besar dari DualShock 3. Namun kita masih perlu mendengar langsung dari Sony perihal lampu Light Bar tersebut, dan seberapa besar efeknya pada ketahanan baterai (sampai Sony pun menggandakan kapasitas baterainya).

Light Bar pada kontroler PS4 itu awalnya didesain untuk membantu konsol untuk mengenali keadaan kita / player, seperti mengetahui  apakah karakter yang dikendalikan player lain sudah kritis health-nya. Konsep lain dari penerapan Light Bar tersebut, diperlihatkan melalui dem PlayRoom, yang menggunakan Light Bar dengan PS4 Eye untuk memainkan Air Hockey dan berinteraksi dengan robot-robot kecil yang digambarkan hidup di dalam Dual Shock 4.

DualShock 4

The PlayRoom I PS4 Trailer


SHARE
Previous articleGuide: Tips-tips Memainkan Animal Crossing: New Leaf
Next articleCity Interactive Pastikan Alien Rage Dirilis September, Shooter Modern Bergaya Old-School
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.