Liputan PopCon Asia 2013: Day 3

Hari ketiga sekaligus hari penutup dari gelar akbar PopCon Asia 2013 berlangsung dengan meriah. Banyak kegiatan-kegiatan yang pastinya tidak kalah seru dibandingkan dengan 2 hari sebelumnya, salah satunya adalah Cosplay Competition! Cukup banyak yang berpartisipasi dalam Cosplay Competition kali ini dan terdiri dari berbagai karakter anime seperti karakter-karakter dari Naruto, Rurouni Kenshin, Jiban dan bahkan Iron Man ! Lucunya, yang memerankan Iron Man adalah anak kecil dan dia memenangkan salah satu award dengan kategori Best Costume! Tidak semua Cosplayer yang hadir di hari ini ikut dalam kompetisi tersebut, ada beberapa Cosplayer yang lebih senang berkeliaran menunggu di foto oleh para pengunjung loh!

Siang harinya, Galih Aristo, Dipta Erlangga dan Robbi Baskoro dari Duniaku berkesempatan untuk naik ke atas panggung untuk memperkenalkan Duniaku kepada para pengunjung. Di sesi ini, mereka menjelaskan pencapaian apa saja yang sudah dicapai hingga saat ini serta program-program yang saat ini sedang berjalan seperti Duniaku Checkpoint dan kerja sama dengan Warner Brothers Indonesia serta Disney. Mereka juga mengajak semua komunitas pop culture yang membutuhkan exposure dari masyarakat untuk bekerjasama dengan Duniaku.net. Di saat yang bersamaan, di booth Vandaria, yang hampir selalu penuh selama 3 hari, diadakan turnamen Vandaria Arkana untuk pertama kalinya. Total ada 12 peserta yang bertanding pada kesempatan ini dan ternyata jalannya turnamen cukup ketat loh! Untuk liputan lengkapnya bisa langsung dilihat di artikel berikut ini.

Indonesian Zombie Club atau yang biasa disebut dengan IZOC kembali hadir di event PopCon Asia 2013 kali ini. Namun berbeda dengan tahun lalu, kali ini tidak banyak zombie yang diturunkan oleh mereka. Sebaliknya, mereka memberikan workshop tentang bagaimana cara berdandan agar terlihat seperti zombie yang betul-betul menyeramkan, mudah loh ternyata! Tidak perlu berbagai macam kosmetik yang mahal, cukup dengan beberapa kosmetik yang bisa dengan mudah didapatkan seperti bedak dan eye shadow pun kita sudah berubah menjadi zombie. Pengunjung tampaknya cukup antusias dengan sesi IZOC ini karena semua kursi di depan panggung yang disediakan oleh panitia terlihat terisi semuanya.

Sore harinya, Kim Jung Gi, salah satu ilustrator paling ‘hot’ di ajang PopCon Asia kali ini menggelar sesi live drawing di atas panggung. Disini kita bisa melihat secara langsung kehebatan Kim dalam menggambar tanpa perlu melihat contoh gambar! Waktu yang dibutuhkan Kim dalam menggambar cukup lama, hampir 2 jam sehingga di tengah-tengah sesi dia perlu istirahat sejenak. Namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme pengunjung untuk tetap menunggu dengan sabar hingga gambar tersebut selesai. Disaat yang bersamaan, di panggung lainnya ada talkshow yang tidak kalah menariknya dari Producer Ajish Dibyo,  Co-Director Hestu Saputra dan aktor Ario Baru untuk film terbaru mereka yang akan tayang Desember nanti, Soekarno. Pada kesempatan kali ini untuk pertama kalinya juga still photo dari film Soekarno diperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya. Film ini juga akan menjadi film yang sangat masif dengan menggunakan lebih dari 2500 figuran, wow! Ada juga banyak tempat bersejarah yang harus dibangun ulang seperti Rumah Pegangsaan yang dibangun kembali di Yogyakarta karena rumah aslinya sudah dihancurkan.

Hasil akhir dari Live Drawing Kim Jung Gi yang laku terjual 5.501 USD

Sebagai penutup rangkaian acara selama 3 hari, diadakanlah PopCon Auction, ajang lelang dari beberapa karya pop artists yang hadir selama PopCon Asia 2013. Yang menjadi primadona tentu adalah hasil karya live drawing dari Kim Jung Gi yang sukses terjual dengan harga fantastis 5.501 USD! Kebanyakan karya-karya yang dilelang lainnya terjual mulai dari kisaran harga 1 juta Rupiah hingga 10 juta Rupiah. Bagaimana? Seru bukan? Pastikan kamu kembali menghadiri PopCon tahun depan ya!

[nggallery id=674]


SHARE
Previous articleIkuti Event Jizamurai Assist dalam Sengoku Ixa!
Next articleTeaser Poster Captain America: The Winter Soldier
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.