Membedah Trailer Gameplay Perdana dari GTA V!

Seperti yang sudah dijanjikan Rockstar sebelumnya, akhirnya semalam mereka merilis trailer gameplay dari Grand Theft Auto V. Dalam trailer yang diberi judul dengan An Introduction to the World of GTA V ini mereka banyak menunjukkan detail baru mengenai game ini. Ya, jika sebelumnya kamu hanya bisa membaca detail-detail tersebut, maka inilah visualisasinya! Sebelum membedah lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama trailer-nya berikut ini.

Di awal trailer, Rockstar rupanya ingin menunjukkan luasnya Los Santos yang menjadi setting dalam GTA V kali ini. Saking luasnya, kamu bisa menjelajahinya dengan banyak cara, mulai dari menggunakan speedboat, ATV, hingga helikopter sekalipun! Los Santos pun terdiri dari berbagai macam area yang berbeda-beda, mulai dari perkotaan, pegunungan, pantai, hingga gurun. Setelah itu, trailer berlanjut dengan pengenalan tiga karakter yang bisa kamu gunakan nantinya, yaitu Michael yang disebut sebagai salah satu perampok bank yang sukses dulunya tetapi gagal dalam membina rumah tangga (kamu bisa melihat disini bahwa keluarga Michael memang tidak harmonis!), Franklin yang merupakan seorang anggota geng, dan Trevor yang merupakan mantan pilot pesawat militer dan pengguna obat-obatan terlarang.

Selanjutnya, Rockstar menunjukkan bagaimana mekanisme pergantian karakter dalam game ini bekerja. Dalam trailer, tampak Michael yang masuk ke dalam gedung dan menyandera seseorang (yah, dengan latar belakang sebagai mantan perampok bank, tentu Michael-lah yang paling ahli dalam bidang ini!) dan Franklin yang sudah siap di gedung seberang dengan sebuah sniper. Ikon pergantian karakter tampak di pojok kanan bawah, dan saat kamu mengganti karakter dari Michael ke Franklin, kamera akan menjauh dari Michael dan langsung berpindah ke Franklin yang sudah siap menembakkan sniper.

Setelah misi selesai, kamu bisa melihat Franklin yang sedang berjalan santai di kota. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat di luar misi, masing-masing karakter memiliki kehidupan sendiri-sendiri dan kamu tetap bisa berganti-ganti dari ketiga karakter tersebut untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari. Pada saat ini, karakter terpisah berjauhan, sehingga animasi pergantian karakter saat di luar misi ini berbeda dengan sebelumnya. Kamu bisa melihat kamera menjauhi Franklin hingga Los Santos terlihat sangat kecil dari atas (mirip dengan Google Map) lantas berpindah ke area lain dan zoom in ke tempat Michael berada atau ke kehidupan Trevor yang ternyata saat itu tengah dikejar-kejar polisi!

Kustomisasi adalah hal yang ditunjukkan selanjutnya, dimana Rockstar menunjukkan bagaimana kamu bisa mengkustomisasi kendaraanmu, mulai dari warna hingga aksesorisnya. Bukan hanya kustomisasi kendaraan, tetapi kamu juga bisa mengkustomisasi pakaian dan pernak pernik yang digunakan oleh tiga karaktermu. Banyak kegiatan sehari-hari yang bisa kamu lakukan seperti bermain golf, menyelam di dasar laut bahkan juga berburu di hutan. Sepertinya Rockstar benar-benar menggabungkan banyak genre dalam game ini ya!

Elemen TPS juga tidak lupa ditampilkan dalam trailer dimana terlihat Franklin terlibat baku tembak dengan sekelompok geng. Tampak game ini memiliki elemen cover dan juga Franklin bisa membawa beberapa senjata sekaligus untuk digunakan. Suka mengendarai mobil dengan brutal seperti yang biasa kamu lakukan dalam GTA-GTA sebelumnya? Dalam GTA V ini Rockstar masih mempertahankan elemen tersebut tentunya dengan pilihan mobil yang lebih banyak dan lebih eksotis! Bosan mengendarai mobil, kamu juga bisa menjelajah Los Santos dengan bersepeda atau terjun payung di daerah pegunungan hingga kota.

Trailer diakhiri dengan sedikit sneak peek mengenai fitur GTA Online yang sayangnya Rockstar masih menyembunyikan detailnya. Namun seiring dengan semakin dekatnya perilisan GTA V pada 17 September 2013 mendatang, kita harapkan Rockstar akan membuka detail dari fitur tersebut plus detail-detail fitur lainnya. Untuk sementara, GTA V menurut rencana akan dirilis untuk PS3 dan Xbox 360, dan belum ada rencana dari Rockstar untuk merilis game ini di PC maupun konsol next gen seperti Xbox One dan PS4.

[Sumber: Rockstar Channel]


SHARE
Previous articleVersi Video Game Attack on Titan Akan Hadir Pada Tahun 2014!
Next articleSkor Review Famitsu Pekan Ini (Edisi 1729), Pikmin 3 Menjadi Satu-satunya Juara
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.