Detail Sistem PlayGo dan Digital Library untuk PS4, Mungkinkan Gamer Bermain Game Digital di Manapun!

Satu lagi kebebasan ditawarkan Sony untuk para pemilik PS4 nantinya. Para pemilik PS4 nantinya tidak perlu pusing tidak bisa memainkan game-game digital mereka saat berpindah tempat atau bahkan berpindah konsol, karena mereka tetap bisa memainkan game-game digital tersebut di mana saja dan di PS4 manapun dengan sebuah sistem yang disebut dengan PlayGo System!

Hal ini diungkapkan langsung oleh Senior Team Leader dari divisi R&D Sony, Neil Brown. Dalam wawancaranya dengan OPM, Neil mengungkapkan bahwa sistem baru di PS4 akan memungkinkanmu untuk memainkan game sekalipun download masih belum selesai seratus persen. “Gamer bisa memulai download game dan bermain paling tidak bagian awal dari sebuah game saat game tersebut menuntaskan download-nya di background,” ungkap Neil. Hal yang diungkapkan Neil ini juga menyiratkan konsistensi Sony dalam mengimplementasikan fitur di PS4, dimana memang fitur download di background ini juga sudah dikonfirmasikan Sony dalam perkenalan PS4 Februari lalu.

“Kamu bisa mengunjungi rumah temanmu dan login ke akunmu di konsol mereka, serta memainkan game-game digital dari library-mu. Tetapi apakah sistem ini berguna jika kamu harus menunggu beberapa jam hingga download selesai untuk memainkannya? Dengan sistem Play As You Download, kamu bisa mendapatkan akses yang lebih cepat, paling tidak untuk bagian pertama dari game tersebut, sehingga kamu bisa mulai bermain lebih cepat. Sistem ini membuat library digital lebih terasa manfaatnya,” ungkap Neil lebih lanjut.

“Sistem ini berlaku juga untuk Blu Ray, dimana game akan di-copy ke HDD lewat proses background. Artinya, setelah beberapa menit game tersebut akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi karena dibaca lewat HDD, yang tentu saja akan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik untuk para pemain,” lanjut Neil. “Mereka tidak perlu menunggu semuanya selesai ter-install terlebih dahulu sebelum bermain game. Game akan bisa langsung dimainkan segera setelah disk diletakkan di drive, bersamaan dengan dimulainya proses instalasi,” pungkasnya.

Satu lagi kebebasan yang ditawarkan Sony untuk PS4. Saya setuju dengan pendapat Neil yang mengungkapkan bahwa Digital Library akan lebih terasa manfaatnya jika kita bisa memainkan game digital di mana saja, tanpa harus perlu menyelesaikan sinkronisasi atau download terlebih dahulu. PS4 sendiri menurut rencana akan dirilis Sony pada kuartal akhir tahun ini juga.

[Sumber: OPM]


SHARE
Previous articleKegilaan Cosplay Attack on Titan di Anime EXPO 2013!
Next article[Kuliah Om Jas] Game Edukasi, Pentingkah?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.