Galaxy NX Menjadi Tipe Teratas Smart Camera Samsung, Harganya Mencapai 19 Jutaan!

Selama  event Samsung Premiere 2013 yang digelar 20 Juni lalu, selain beberapa lineup tablet Windows Ativ, Samsung juga mengenalkan ke publik keluarga kamera cerdas Galaxy Camera baru melalui Samsung Galaxy NX. Ada nama Galaxy di sana yang mewakili jatidiri sebagai Android, dan ada juga kode seri NX yang merupakan kode untuk seri mirrorless camera Samsung – alternatif yang lebih kompak dari DSLR, dan juga menawarkan lensa yang mudah digonta-ganti.

Maret lalu Samsung sudah menjual varian teratas seri NX ini melalui NX 300. Kemudian disusul NX 2000, yang juga sudah mulai dijual di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura sejak awal Juli ini, dengan harga di kisaran Rp 7 jutaan. Untuk Indonesia, sayangnya baik NX300 dan NX2000 yang memudahkan kita terkoneksi dengan jejaring sosial itu masih di angan-angan saja. Dan jika menyinggung satu suntikan fitur baru untuk jajaran NX yang diberikan melalui NX 2000, yaitu kemampuan yang memudahkan untuk terhubung dengan jejaring sosial, kamu masih bisa berpaling pada Galaxy Camera, yang harganya pun sudah cukup terjangkau untuk sebuah Android dengan kemampuan fotografi yang mumpuni. Namun jika Galaxy Camera tetap dirasa kurang profesional, dan kamu mendambakan fitur ala DSLR, solusi terbaik Samsung diberikan melalui Galaxy NX.

Galaxy Camera bisa diatakan sekadar point-and-shoot yang mendapat dukungan Android. Namun untuk Camera NX sudah layak masuk ke kelas pro karena modelnya sebagai mirrorless camera, dan sensor APS-C yang besar.  NX juga lebih cerdas dari dua saudaranya yang muncul tahun ini, karena menjalankan OS mobile Google (versi 4.2.2 Jelly Bean), bisa berjalan di pita data GSM 4G LTE, ada WiFi dan Bluetooth 4.0, serta selain lensanya bisa digonta-ganti, sensor utamanya juga cukup besar, dengan 20.3-megapixel APS-C.

Galaxy NX juga didukung layar lebar 4.8-inchi dengan resolusi 720p serta kerapatan pixel 306-ppi sebagai view finder utama, diperkuat prosesor 1.6GHz Pega-Q quad-core (untuk kinerja Android), serta prosesor imaging tersendiri melalui DRIMe IV Signal Processor. Internal storage-nya 16GB, yang bisa diperbesar melalui microSD, plus ada 2GB RAM untuk ,mendukung semua prosesnya. Antar mukanya masih sama seperti tipikal TouchWiz-nya Samsung dan juga Android pada umumnya, namun seperti Galaxy Camera, ada beberapa tambahan seperti interface wheel untuk pengaturan ketika kita memilih 30 Smart Mode-nya (mirip seperti interface kameranya Galaxy S4). Mode tersebut bisa digunakan bersama 13 lensa yang sudah disediakan Samsung untuk semua seri NX, termasuk lensa 3D yang muncul bersama NX 300 awal tahun ini.

Galaxy NX juga memasukkan fitur fokus profesional hybrid AF, yang sudah jamak digunakan untuk tipikal DSLR kelas atas seperti Canon EOS 650D, plus didukung juga dengan kecepatan shutter untuk foto 1/6000th tiap detik 8.6fps, memungkinkanmu menangkap semua gerakan yang terjadi tanpa kehilangan frame. Galaxy NX juga mampu mengambil video dengan kualitas 1080p pada 24 atau 50 bingkai per detik. Jangkauan ISO-nya juga cukup luas, hingga 25,600 ISO untuk kondisi ruangan minim cahaya. Samsung membekali NX ini dengan baterai 4,360-mAh, meskipun belum ada klaim berapa banyak foto bisa diambil untuk kapasitas sebesar itu.

Belum ada keterangan resmi kapan Galaxy NX ini akan dirilis, namun Samsung sudah mendaftarkan ijinnya di FCC (Federal Communications Commission) Amerika, dan seharusnya tidak lama lagi akan dirilis. Harganya sendiri juga belum diungkapkan, namun satu tokoyang berani memasang pre-ordernya sudah mematok harga yang cukup tinggi, yaitu £1299.99, atau sekitar Rp. 19 jutaan, dengan satu lensa 18-55mm, plus bonus software Adobe Photoshop Lightroom yang di pasaran harga resminya juga mencapai Rp 1,5 jutaan!

Harga tersebut bukan harga resmi dari Samsung. Namun jika benar, akan menjadikan Galaxy NX sebagai smart camera-nya Samsung yang paling mahal. Galaxy Camera saja saat ini harganya sudah berada di angka Rp. 5 jutaan, sedangkan Galaxy S4 Zoom, yang juga belum dikonfirmasikan harganya, diprediksi berada di angkat Rp 6 – 7 jutaan.

Official Demo Video

http://www.youtube.com/watch?v=kQ3QqVPyFOY

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleDuniaku Checkpoint: Liputan Premiere Pacific Rim Bersama Duniaku dan Movies Explorer!
Next articleJadwal Nonton Weekend Ini: Life is Beautiful dan The Tiger and The Snow
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.