Mengintip Elemen Eksplorasi dalam Assassin’s Creed IV: Black Flag

Setelah kemarin memberikan kabar bahwa akan juga tersedia dalam bentuk manga, hari ini Ubisoft kembali memberikan update baru untuk Assassin’s Creed (AC) IV: Black Flag. Kali ini, Ubisoft ingin menunjukkan bagaimana elemen eksplorasi open world yang ada di dalam game ini, termasuk juga bagaimana kehidupan Edward Kenway sebagai bajak laut. Untuk menunjukkan elemen eksplorasi ini, Ubisoft memberikan sebuah trailer lengkap dengan komentar dari sang Game Director, Ashraf Ismail.

Selain menjelajahi kota-kota seperti yang kita lakukan dalam AC sebelumnya, nantinya kamu juga bisa mengeksplorasi pulau-pulau yang ada di laut Karibia. Saat mengeksplorasi ini, kamu bisa mendapatkan banyak item dan loot menarik, termasuk peta harta karun. Setelah menemukan peta tersebut, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mencari dimana harta karun tersebut berada dengan berlayar menuju pulau yang ditunjukkan dalam peta. Disini kamu akan disuguhi dengan peta dunia, dimana kamu bisa memilih pulau mana yang akan kamu datangi dan berlayar kesana menggunakan Jackdraw, kapal milik Edward.

Pelayaran tidak akan berjalan dengan mudah, karena kamu juga akan dihadang dengan kapal musuh lain dan juga cuaca yang terkadang tidak bersahabat. Dalam video ini, kamu bisa melihat bagaimana cara “membajak” kapal kargo yang lewat untuk mendapatkan item-item. Awalnya, kamu harus menyerang kapal tersebut (hampir sama seperti elemen naval battle dalam AC III) lantas mendekat dan mengerahkan kru untuk langsung melompat ke geladaknya. Saat kamu berada di kapal musuh, kamu memiliki beberapa opsi mengenai apa yang akan kamu lakukan terhadap kapal tersebut, apakah merekrut semua krunya untuk menjadi kru kapalmu, hanya mengambil item-item yang ada dan menenggelamkannya, ataukah menyelamatkan kapal tersebut dan mengambil beberapa bagiannya untuk memperbaiki kapalmu.

Terakhir, Ubisoft juga menunjukkan bagaimana elemen kustomisasi kapal dalam game ini. Kamu bisa membeli item untuk kustomisasi maupun perbaikan kapal mulai dari senjata, hingga aksesorisnya. Dengan meng-upgrade kapal dan senjatamu, kamu bukan hanya bisa menghancurkan kapal milik musuh, tetapi juga benteng sekalipun! Meskipun memiliki elemen eksplorasi yang luas, kamu masih tetap akan merasakan salah satu ciri khas AC dalam game ini, yaitu misi untuk membunuh seseorang sesuai dengan keahlian seorang assassin.

AC IV: Black Flag menurut rencana akan dirilis pada 29 Oktober 2013 untuk PS3, Xbox 360 dan WiiU, lantas disusul versi PC beberapa minggu kemudian, serta untuk Xbox One dan PS4 akhir tahun ini.

[Sumber: AGB]


SHARE
Previous articleFounder Studio Ghibli Mengeluarkan Trailer Kaguya-hime no Monogatari!
Next articleCapcom Berikan Detail Para Karakter di Sengoku Basara 4
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.