Rovio Merilis Game Action Point-and-Touch Tiny Thief, Judul Kedua Sebagai Publisher Third Party

Baru dua hari lalu kami mengetahui jika Rovio sedang menyiapkan Angry Birds baru, yaitu Angry Birds Go, hari ini mereka sudah meluncurkan game terbaru lainnya di luar franchise yang sudah identik dengan developer game asal Finlandia tersebut. Game berjudul Tiny Thief tersebut menjadi bagian dari usaha pertama mereka menjadi publisher third-party melalui program Rovio Stars, yang dikonfirmasikan pertengahan Mei lalu.

Dua bulan pasca dikonfirmasikan, Tiny Thief sudah dirilis untuk kedua platform mobile terbesar, yaitu Apple iOS dan Google Android. Kamu bisa mendapatkan game tersebut di App Store dengan harga US $2.99, sedangkan untuk Android dijual lebih mahal, di Play Store bisa kamu dapatkan dengan harga $3.53. Khusus iOS-nya, game ini dioptimalkan untuk iOS versi 5.0 atau yang terbaru. Dan tidak seperti game-game Rovio sebelumnya, Tiny Thief masuk game universal, yang artinya tidak ada versi khusus untuk iPhone atau HD untuk iPad.

Seperti game Rovio sebelumnya, Tiny Thief merupakan game bergenre puzzle, mengisahkan petualangan seorang pencuri di tengah setting mediefal, yang berusaha meloloskan diri dari kejaran pihak berwajib. Gameplay utamanya banyak menuntut kita untuk menyentuh poin tertentu (point-and-click) pada arena/ruangan puzzle-nya (yang ditampilkan dari samping) dan mengarahkan si pencuri berinteraksi dengan obyek yang ada di sekitarnya.

Selama dia bergerak di lokasi tersebut, kamu juga bisa memerintahkannya untuk memeriksa dan berinteraksi dengan obyek yang muncul pada layar untuk memecahkan puzzle (lebih banyak berbasis mencari obyek yang tersembunyi). Keseluruhan gameplay-nya sendiri mirip dengan Machinarium. Kamu dituntut untuk mengumpulkan, menggunakan, dan berinteraksi dengan obyek selama menyentuhnya. Ketika disentuh, akan muncul pop up command, yang menunjukkan jika kamu bisa berinteraksi dengan obyek tersebut.

Esensinya puzzle, akan ada banyak trial-and-error ketika mencoba mencari tahu apa yang terjadi ketika tiap obyek yang bisa berinteraksi dengan karakter kamu sentuh, dan hubungannya dengan obyek lainnya. Apalagi ada banyak harta karun yang bisa kamu kumpulkan, dan di setiap level juga ada objective yang bisa kamu selesaikan untuk mendapatkan status completion (berbentuk bintang). Menemukan tupai yang tersembunyi di setiap level, juga memberimu satu bintang.

Juga ada unsur stealth-nya lho, seperti kamu tidak boleh diketahui penjaga hanya untuk berjalan ke atas tangga. Di salah satu level, si pencuri bisa bersembunyi di dalam tong saat penjaga memalingkan wajah ke arahnya, dan kemudian keluar dari tong untuk menaiki tangga (atau meloloskan diri dari suatu level) ketika penjaga melihat ke arah yang berlawanan. Sebagaimana “pencuri,” karaktermu akan berjalan mengencap-endap ketika dia mendekati penjaga, atau orang lain yang obyek/benda miliknya akan diambil karakter.

Namun seperti game point-and-click (atau touch di sini) lainnya, terkadang kamu akan berakhir frustasi karena bingung mau menyentuh obyek yang mana. Untukmu yang mungkin sudah putus asa, bisa menyentuh tombol “hint” (berbentuk buku di kanan-atas layar), yang sayangnya hanya bisa diaktifkan setiap empat jam saja. Untuk beberapa level awal mungkin kamu tidak kesulitan. Namun makin jauh permainan berlanjut, sepertinya petunjuk menjadi satu kebutuhan primer si pencuri jika tidak ingin secara acak berjalan ke suatu obyek dan mencoba menyentuhnya untuk mengetahui apa efeknya.

Genre semacam ini terkadang bisa membosankan juga, karena kita dituntut untuk fokus mencari apa saja obyek yang terlihat pada layar. Untunglah, gaya grafis begitu khas dan musiknya pun terdengar ceria, plus banyak potongan cutscene yang menyegarkan disisipkan di tengah-tengah level, yang bisa mengalihkan perhatian seriusmu. Keseluruhan ada enam quest yang perlu kamu lalui, dengan banyak level, dan settingnya bervariasi, mulai kapal bajak laut, hingga di tengah penyerbuan ke sebuah istana.

Game ini sendiri dikembangkan oleh developer Spanyol (berbasis di Barcelona) 5 Ants Games. Nama yang asing, bukan!? Sekaligus juga membuktikan, di luar sana banyak developer indie dengan ide-ide kreatif yang “siap dipanen.” Dan Rovio menjembatani karya mereka untuk lebih dikenal. Selain itu, melihat nama Rovio di balik Tiny Thief, sekaligus juga menunjukkan, bahwa Rovio tidak dikenal melulu berkat Angry Birds saja. Tiny Thief menjadi game kedua Rovio di bawah program Rovio Stars. Game pertamanya, Viking Voyage sudah dirilis akhir Juni lalu untuk iPhone dan iPad.

Oh ya, selain untuk mobile di iOS dan Android, game ini juga akan dirilis untuk Mac serta PC Windows, walaupun kapan tanggalnya masih belum dipastikan.

Rovio Stars Presents Tiny Thief

Sumber: Official Website, Facebook, Twitter


SHARE
Previous articleSeventh Son, Film Terbaru Warner Bros. yang Diadaptasi dari Novel Fantasi
Next articleKegilaan Cosplay Attack on Titan di Anime EXPO 2013!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.