BlackBerry Menyiapkan A10 (Aristo) dan 9720, “Remake” Z10 Dengan Fokus Untuk Gaming

Setelah BlackBerry Q10 dan Q5, ternyata BlackBerry sedang menyiapkan anggota baru smartphone mereka yang menggunakan OS BB10. Memang belum dikonfirmasikan resmi, namun beberapa hari lalu sudah muncul rumornya, bahwa BlackBerry (dulunya RIM) saat ini berencana melengkapi 2013 dengan dua smartphone lainnya, yaitu BlackBerry A10 dan 9720.

Untuk A10 (kode nama Aristo) sebenarnya hanya sebatas Z10 yang membesar ukurannya, serta finishing casing yang kabarnya lebih baik dari Z10. Karena targetnya untuk pengguna multimedia dan gaming, maka BlackBerry memutuskan memilih chipset yang mumpuni, dan konfigurasi CPU dan GPU-nya dikabarkan akan terpisah, bukanya dedicated seperti pada Z10, atau tipikal solusi chipset mobile yang kita kenal. Jika benar seperti itu, maka seharusnya Tegra-nya nVidia, atau Snapdragon-nya Qualcomm tidak akan masuk hitungan.

Kemudian untuk mendukung sarana multimedia dan game, A10 ini dibekali layar yang cukup lebar, yaitu 5-inchi Super AMOLED dengan resolusi HD alias 720 x 1280-pixel, sehingga bisa sepadan dengan tren ukuran layar flagship smartphone lain yang beredar akhir-akhir ini. Jatah RAM 2 GB pun juga dipilih untuk membuat kinerjanya lebih smooth, namun prosesornya disebutkan masih dual-core saja, atau memang BlackBerry berpikir OS mereka sudah cukup dengan dua inti prosesor (karena Z10 yang dual core itu saja borosnya minta ampun).

Sedangkan untuk BlackBerry 9720, dengan kode 97xx pada namanya, langsung mengindikasikan sebagai peneris keluarga Bold, yang saat ini diwakili oleh Q10 untuk kelas BB10. Dan memang benar, OS-nya sendiri masih menggunakan software lama BB OS7, yang pasti akan banyak disambut oleh pengguna lama BB yang sudah familiar dengan pengaturan shortcut keyboard-nya. Karena dirilis di tahun 2013, 9720 hanya mendapatkan refresh dengan fisik yang dibuat menyerupai Q10 saja.

Satu BB10 dan satunya masih OS7… sepertinya BlackBerry masih galau ya, mereka berat meninggalkan pengguna lamanya yang masih saja bertahan dengan smartphone BlackBerry tipe lama yang identik dengan perputaran jam pasir.

Sumber: BGR


SHARE
Previous articleNokia Lumia 1020 + Camera Grip = Kamera Digital Cerdas, The Back is the New Front!
Next articleUltralist: Deretan Kaiju yang Ada dalam Pacific Rim
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.