Celestian Tales: Old North, RPG Asal Bandung yang Berusaha Menembus Kickstarter

Banyak proyek sudah membuktikan, bahwa kampanye ide melalui crowdfunding adalah salah satu “senjata” ampuh untuk mendapatkan dukungan dan juga sokongan dana. Banyak contoh yang bisa kita ambil, dari luar negeri tentu salah satu yang bisa dianggap fenomenal adalah konsol Android OUYA yang dulunya sukses mengumpulkan jutaan dolar dari salah satu website crowdfunding terbesar, Kickstarter dan kini sudah bisa dibeli di beberapa negara. Dari dalam negeri, tentu yang masih segar dalam ingatan kita adalah bagaimana kiprah DreadOut yang berhasil menembus target pendanaan lewat IndieGogo.

Banyaknya kisah sukses crowdfunding inilah yang rupanya menjadi motivasi bagi developer asal Bandung, Ekuator Games untuk mengikuti kisah sukses serupa. Kemarin, mereka meluncurkan proyek game mereka yang akan berjuang dalam kampanye crowdfunding di Kickstarter dengan judul Celestian Tales: Old North. Keterbatasan region yang bisa mendukung proyek dalam Kickstarter rupanya tidak menyurutkan langkah Ekuator Games untuk mendapatkan pendanaan demi terwujudnya proyek game ini. Apa yang ditawarkan oleh Celestian Tales: Old North dan juga apa senjata mereka saat berjuang di Kickstarter?

Celestian Tales: Old North adalah sebuah RPG dengan cita rasa klasik yang menggunakan grafis dua dimensi ala RPG klasik. Dalam halaman Kickstarter resminya, Ekuator Games mengungkapkan bahwa tujuan mereka mengembangkan game ini adalah bukan hanya menghadirkan sebuah game yang menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga memiliki pesan dan kesan yang dalam untuk para pemainnya. Game ini mengambil setting sebuah negara kelam untuk ditinggali yang bernama Old North. Di Negara ini, para bangsawan bertindak semena-mena terhadap rakyatnya, yang harus bekerja setiap hari untuk bangsawan tersebut. Di tengah masa kelam ini, muncul enam anak yang tengah memulai petualangan mereka sebagai ksatria. Mereka menyadari, bahwa negara yang mereka cintai saat ini sudah tidak seindah bayangan mereka, dan di tengah perjalanan pun mereka menghadapi konflik demi konflik yang harus mereka selesaikan.

Pihak pengembang mengungkapkan bahwa dalam game ini kamu akan menelusuri kehidupan selama 30 tahun dari enam karakter tersebut, sehingga nantinya kamu bisa melihat bagaimana mereka tumbuh dewasa dan berkembang menjadi seorang ksatria. Dengan enam karakter yang tersedia, nantinya kamu bisa menikmati sekitar 20 jam gameplay untuk tiap karakter, atau total 120 jam untuk semua karakter! Enam karakter ini nantinya akan menawarkan pengalaman bermain yang berbeda, dimana masing-masing memiliki kepribadian, gaya bertarung, equipment, kisah pribadi, cut scene, hingga pilihan keputusan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Setiap karakter memiliki lebih dari satu ending, dimana ending yang kamu dapat tergantung dari pilihan keputusan yang kamu ambil. Total, pihak pengembang menyediakan 15 variasi untuk ending-nya!

Untuk sistem pertarungannya, game ini menyediakan sistem menarik yang memberikan berbagai macam opsi saat kamu masuk layar pertarungan, mulai dari bersembunyi, mempelajari bagaimana pergerakan mereka, menghindari atau bahkan melawan mereka semua bersamaan. Sistem pertarungannya sendiri menggunakan turn based yang akan sangat dipengaruhi oleh strategi dan kustomisasi timmu. Tersedia juga beberapa side quest opsional yang bisa kamu ambil atau tidak dan juga mini game yang akan kembali membuatmu bernostalgia dengan JRPG klasik.

Game ini menurut rencana akan dirilis untuk PC, Mac dan Linux, serta dikembangkan menggunakan engine Unity untuk memudahkan pihak pengembang dalam melakukan porting di ketiga platform tersebut. Pihak pengembang juga menjanjikan bahwa nantinya game ini tidak akan memiliki DRM sekalipun, termasuk keharusan untuk online saat memainkannya. Untuk mengembangkan game ini, Ekuator Games yang berkekuatan enam orang dibantu oleh Agate Simfonia untuk pengerjaan musik dan soundtrack-nya. Beberapa contoh musik dan soundtrack dari game ini bisa kamu nikmati dengan menggunakan widget soundcloud di bawah ini.

Selain dalam bentuk game, Ekuator Games juga bekerja sama dengan salah satu ilustrator papan atas Indonesia, Azisa Noor untuk mengerjakan novel grafis-nya. Novel grafis inilah yang nantinya akan membantumu untuk lebih mengenal Old North dan juga sebagai pelengkap pengalaman bermainmu dalam game ini. Game ini rupanya menarik minat banyak orang di Kickstarter, terbukti dengan sehari sejak merilis halaman resminya hingga artikel ini ditulis, game ini sudah mendapatkan lebih dari US $3.000 dari total 124 backer di Kickstarter. Masih ada sekitar 28 hari lagi bagi game ini atau hingga 10 Agustus 2013 mendatang untuk mencapai target pendanaan US $40.000 yang dicanangkan.

Salah satu artwork dari novel grafis yang digarap oleh Ekuator Games bekerja sama dengan Azisa Noor

Ingin kembali bernostalgia dengan JRPG klasik? Dukung pengembangan Celestian Tales: Old North di Kickstarter ya! Kamu bisa menyalurkan dukunganmu lewat halaman resmi Kickstarter mereka yang berada di sini.

[Sumber: Kompas/Kickstarter]