Indonesia Juara 2 Pengembangan Game di Imagine Cup Rusia 2013!

Indonesia tidak kekurangan bakat, bahkan di bidang game sekalipun. Solite Studio, sebuah tim pengembangan game berisi empat orang pemuda dari Universitas Trunojoyo Madura berhasil membawa pulang predikat juara dua dunia dari kompetisi bergengsi Microsoft, Imagine Cup 2013 yang terselenggara di St. Petersburg, Rusia. Berakhir pada tanggal 12 Juli kemarin, kemenangan dipersembahkan dengan game mereka yang berjudul Save the Hamster. US$ 10,000 pun mereka bawa pulang menuju tanah nusantara Indonesia.

Tim Solite Studio yang terdiri dari Asadullohil Ghalib Kubat (Team Leader), Miftah Alfian Syah (Programmer), Tony Wijaya (Graphic Designer) dan Mukhammad Bagus Muslim (Game Designer) menerima trophy pada acara penghargaan Imagine Cup 2013 Worldwide Finals, yang dihadiri oleh lebih dari 800 pelajar, juri, mitra-mitra, pejabat dari Rusia dan jurnalis dari media-media di seluruh dunia. Mereka mengalahkan finalis lainnya yang berasal dari berbagai negara seperti Perancis, Turki, Angola, dan Rusia.

Seperti yang diberitakan oleh Tempo, Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia, menyambut gembira kemenangan Tim Solite Studio tersebut. “Kami sangat bangga dengan kemenangan Tim Solite Studio. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa developer (pengembang aplikasi) asal Indonesia sudah diakui bahkan yang berasal dari pulau kecil seperti Madura,” terang beliau pada konferensi pers khusus. Ia menambahkan pula bahwa penghargaan pertama bagi tim Indonesia dalam skala dunia ini patutlah menjadi motivasi dan suri tauladan bagi pengembang-pengembang muda di nusantara kedepannya. Apalagi komitmen Microsoft Indonesia untuk pemberdayaan pengembang-pengembang muda sangatlah kuat.

Asadullohil Ghalib Kubat dari Tim Solite Studio yang  menjadi paling bangga diantara yang lainnya. Ia mengakui betapa senangnya mereka bisa meraih juara kedua di Imagine Cup 2013.

“Kemenangan ini memang mengejutkan kami. Tapi kami sebelumnya sudah optimis akan mendapatkan sesuatu di ajang final dunia ini karena telah mempersiapkan diri melalui kegiatan mentoring yang disediakan Microsoft Indonesia,” jelasnya pada pertemuan pers tersebut. Ia sendiri menambahkan betapa atmosfer final kompetisi ini sangatlah menegangkan. DIakui dia bahwa seluruh konsentrasi dan energi mereka difokuskan untuk berjuang semaksimal mungkin di Rusia.

Selamat Solite Studio! Kalau kalian ingin tahu seperti apa game mereka, nikmati sejenak trailer singkat berikut betapa kerennya Save the Hamster dari Solite Studio.

Sekali lagi selamat!


SHARE
Previous articleSegala Hal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang PS4
Next articleMicrosoft Siapkan Map Pack Champions Bundle Untuk Halo 4, Akan Dirilis 20 Agustus
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.