Pacific Rim Week: Tales From Year Zero, Novel Grafis yang Menjadi Prekuel Film Pasific Rim

Setelah menonton Pacific Rim, mungkin masih banyak pertanyaan yang ada di dalam benak kita. Siapakah Stacker Pentecost sebenarnya? Seberapa kuat hubungannya dengan Mako Mori yang diselamatkannya di Jepang? Hingga bagaimana latar belakang sebenarnya dari duo Becket bersaudara yang akhirnya menjadikan mereka salah satu dari duet pilot Jaeger terbaik? Semua jawaban tersebut bisa kamu temukan dalam novel grafis Pacific Rim: Tales From Year Zero yang sudah dirilis pada 18 Juni 2013 lalu bersamaan dengan perilisan artbook-nya.

Novel grafis atau komik ini bertindak sebagai sekuel dari versi film, dimana dalam komik ini beberapa figur penting dalam versi film mengisahkan latar belakang kehidupan mereka, mulai dari Tendo Choi sang teknisi dari Jaeger, Pentecost, hingga duo Becket bersaudara. Selain kehadiran figur-figur yang juga muncul dalam filmnya tersebut, terdapat pula beberapa figur tambahan yang menjadi fokus utama komik ini, seperti seorang reporter Naomi Sokolov yang bertugas untuk mengulik informasi dari figur-figur penting tersebut (dan sebagian besar konten dalam komik ini adalah karakter yang mengisahkan kehidupan mereka kepada Naomi), serta duo peneliti yang menciptakan Jaeger, Jasper Schoenfeld dan Caitlin Lightcap.

Komik ini sendiri hanya dirilis dalam satu edisi, namun terbagi menjadi tiga bagian utama. Yang pertama adalah bagian K-Day yang mengisahkan latar belakang Tendo Choi, kedua adalah Turn of The Tide yang mengisahkan Jasper Schoenfeld yang bercerita mengenai asal usul dari Jaeger, dan terakhir adalah The Bond yang mengisahkan Stacker Pentecost dan juga duo bersaudara Becket. Alur cerita dalam komik ini sendiri bisa dibilang maju mundur, karena seringkali subyek yang diwawancarai oleh Naomi selalu mengisahkan masa lalu mereka. Namun meskipun menggunakan alur maju mundur, saya yakin kamu yang sudah menonton Pacific Rim pasti bisa menikmatinya dengan baik.

Sebagai sebuah novel grafis yang menjadi prekuel, Tales of Year Zero ini bisa menjadi pelengkap yang sempurna bagi versi filmnya. Semua pertanyaan yang sudah saya sebutkan di awal bisa dijawab dengan baik dalam komik ini plus masih banyak juga kejutan-kejutan lain yang disiapkan oleh Travis Beacham, sang penulis novel grafis ini dan juga sekaligus penulis screenplay dari versi filmnya. Kamu bisa mendapatkan novel grafis yang dipublikasikan oleh Legendary Comics ini dengan membelinya di Amazon seharga US $18.89 atau sekitar Rp 190.000 untuk versi fisiknya. Atau jika kamu kesulitan mendapatkan versi fisiknya, kamu bisa membeli versi digitalnya di beberapa toko komik digital seperti ComiXology dengan harga yang sama.

Fakta-fakta menarik dan kejutan apa saja yang disiapkan Travis Beacham dalam komik ini? Tunggu artikel saya selanjutnya ya!


SHARE
Previous articleUltralist: Deretan Kaiju yang Ada dalam Pacific Rim
Next articleAda Pulau Penuh Kedamaian dan Felyne di Monster Hunter 4
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.