Aplikasi Mobile Pilihan Untuk Mendukung Citizen Duniaku Menjalani Ramadhan 2013

Bagi Citizen Duniaku yang menjalankan ibadah puasa, bisa jadi lebih mudah dan tenang saat menjalankannya dengan smartphone android atau iOS. Kok bisa? Yah, bisa saja… Beruntung kita hidup di era kecanggihan teknologi, dimana segalanya bisa dipermudah hanya dalam satu genggaman melalui media smartphone.atau tablet. Berkat kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, smartphone atau tablet bukan sekadar media komunikasi atau hiburan saja. Seandainya kita bisa memanfaatkan dengan maksimal, smartphone dengan dua OS paling populer tersebut menyediakan beragam aplikasi pendukung bertemakan Islami yang bisa menemani Citizen selama puasa Ramadhan.

Alangkah beruntungnya bila kualitas dan kuantitas ibadah Citizen pada Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan tahun kemarin, agar kesempatan kali ini lebih terbuka lebar dalam meraih pahala sebanyak-banyaknya. Dan berkat kemajuan teknologi, bukan tidak mungkin kualitas ibadah Ramadhan dapat kita tingkatkan lagi dengan memanfaatkan aplikasi smartphone dan tablet. Baik aplikasi yang berbayar maupun gratis, langsung bisa diunduh dari gadget melalui Apple App Store atau Google Play Store. Aplikasi tersebut tentu sangat bermanfaat, apalagi bagi Citizen yang mempunyai tingkat aktivitas tinggi. Karena ketika keadaan senggang atau di sela-sela kesibukan, tinggal buka gadget mobile dan temukan aplikasi tersebut, yang sekaligus bisa membantuk untuk memotivasi diri.

Karena itulah dalam kesempatan kali ini, kami redaksi Duniaku mengumpulkan beberapa aplikasi mobile terbaik yang terdaftar di pasar digital Apple dan Google khususnya, plus beberapa juga untuk Windows Phone serta BlackBerry, yang bisa kita manfaatkan fungsinya untuk mendukung kegiatan selama Ramadhan.

Al-Quran. 114 Surah
Download via Apple App Store, Download via Google Play Store

Di App Store memang ada banyak aplikasi Al Quran, baik buataan developer lokal ataupun luar negeri. Malah ada yang sudah menyediakan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, aplikasi Al-Quran 114 Surah besutan IIdar Khanov menjadi salah satu yang sangat direkomendasikan. Selain menghadirkan 114 surat lengkap dan terjemahan dalam bahasa Indonesia, pengguna juga bisa mendengarkan murrotal dengan qorinya. Ukuran font per ayatnya pun bisa disesuaikan dengan agak merenggang. Sehingga di taruh di perangkat kecil seperti iPhone pun tak menjadi masalah. Paling penting adalah kita bisa mendengarkan audio dalam posisi offline, sehingga bisa tetap terhubung di manapun dan kapanpun tanpa menguras layanan data, walaupun data aplikasi ini sangat besar, mencapai 1 GB. Hanya saja untuk mendapatkannya Citizen harus menembusnya dengan harga US $4,99 (atau $4.80 di Android). Untuk pengguna BlackBerry, kami merekomendasikan aplikasi Quran dari Muhammad Hakim Asyari dari link App World ini, yang dilengkapi translasi baik dalam bahasa Inggris dan Indonesia, serta antar mukanya sudah matching dengan BlackBerry OS 10.

Quran Android dan Al’Quran Bahasa Indonesia
Download via Google Play Store: Quran Android, dan Al’Quran Bahasa Indonesia

Mungkin tidak semua dari Citizen memiliki kartu kredit dan mendaftarkan ke Google Wallet atau iTunes untuk membeli aplikasi berbayar (seperti Al-Quran. 114 Surah di atas). Berikut kami pilihkan aplikasi Al Quran untuk Android yang menurut kami cukup baik dari segi fitur, pengaturan dan antar mukanya, sekaligus juga cukup terupdate hingga sebulan terakhir. Pertama, Quran Android, yang merupakan aplikasi yang berisi surat-surat Al-Quran 30 juz. Aplikasi ini termasuk salah satu yang terpopuler di Android untuk Al-Quran dan banyak digunakan umat muslim di seluruh dunia. Terjemahannya pun disediakan dalam banyak bahasa, termasuk juga bahasa Indonesia. Sedangkan opsi lainnya, Al’Quran Bahasa Indonesia berisi surat-surat Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Untuk pengguna BlackBerry, aplikasi Quran yang disediakan free yang menurut kami cukup baik (dan juga menjadi salah satu yang terlaris di App world) adalah quran dari 7langit, yang bisa kalian akses dari link App World di sini,

Quran Pro (Shakir) – Android App

http://youtu.be/Lzn8SHlFoTs

Muslim Pro
Download via Apple App Store, Download via Google Play Store

Jika mencari paket yang lengkap, Citizen bisa memilih Muslim Pro. Berbagai kebutuhan untuk Ramadhan bisa terpenuhi sekaligus di sini. Selain jadwal salat, terdapat juga kompas kiblat, waktu salat, Al Quran, doa-doa dan banyak lagi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menunjukkan tempat masjid besar tertentu yang dekat dari lokasi pengguna. Untuk versi terbarunya yang dirilis 6 Juli lalu, kita juga bisa mendapatkan rekomendasi tempat-tempat makan yang halal. Kelebihan lain aplikasi ini, kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Muslim Pro – Islamic Mobile Application

iPray
Download via Apple App Store, Download via Google App Store

Bagi Citizen yang pekerjaannya sering ke luar kota, atau bahkan ke luar negeri, mungkin aplikasi ini cocok. Fitur utama iPray adalah penunjuk arah kiblat yang diklaim sangat akurat ketika digunakan di lokasi manapun. Selain itu tidak perlu dilakukan setting apa pun, karena aplikasi ini bisa mengatur keakurasiannya sendiri dalam menentukan arah kiblat. Selain itu terdapat jadwal shalat wajib dan waktu yang tepat untuk melakukan shalat sunah seperti Duha dan Qiyamullail. Antar mukanya pun menarik dan dengan desain navigasi yang memudahkan pengoperasian. Citizen bisa mendapatkan aplikasi iPray ini dengan harga US $3.99.

iPray: Prayer Times & Qibla for Android

Ramadan Times
Download via Apple App Store

Ramadhan Times dari PakData menjadi salah satu dari banyak aplikasi yang tersedia di App Store yang menawarkan jadwal untuk menjalankan puasa seperti sahur atau saat berbuka. Kalkulasi untuk menentukan saat terbit matahari dan terbenamnya pun diklaim menggunakan U.S Naval Observatory. Tidak hanya itu, fitur lainnya yang dibenamkan adalah kalender Hijriah, alarm untuk sahur dan berbuka. Dan tone adzan saat jam-jam waktu salat telah tiba. aplikasi ini bisa bekerja baik untuk iPhone dan iPad dengan dukungan layar Retina. Membutuhkan memori 44.1 MB, dan untuk menjalankan alarm di background Citizen membutuhkan setidaknya iOS versi 4. Oh ya, aplikasi ini bisa kamu unduh dengan gratis.

Ramadan 2013
Download via Apple App Store, Download via Google Play Store

Ramadan 2013 adalah sebuah kalendar Ramadhan untuk mengetahui jadwal imsakiyah dan jadwal shalat 5 waktu di lebih dari 251 negara, termasuk Indonesia, dan juga 6 juta kota di seluruh dunia. Banyak fitur menarik yang ada di aplikasi ini. Diantaranya adalah pengingat waktu shalat dengan opsi alarm tambahan, pengingat zakat fitrah dan dapat mencatat beberapa hari kita batal puasa selama Ramadhan. Selain itu juga terdapat ayat-ayat dan hadist yang sangat dianjurkan untuk dibaca selama bulan Ramadhan termasuk pada malam lailatul qadar. Baik untuk Android dan iOS, Citizen bisa mendapatkannya secara cuma-cuma. Aplikasi sejenis gratisan lain untuk Android pilihan kami adalah Ramadan Timings 2013.

Jadwal Imsakiyah 1434H – 2013M
Download via Google Play Store

Aplikasi yang dikembangkan GaweGawe ini berisi daftar jadwal imsak, Subuh, terbit, Dhuha, Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya’, yang ditampilkan melalui sebuah tabel Jadwal Ramadhan sebulan penuh. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan tidak memerlukan akses ke Internet apabila anda tidak mempunyai kuota Internet tertentu (ukuran download awalnya sendiri mencapai 4 MB). Terdapat sekitar 409 kabupaten, 1 kabupaten administrasi, 93 kota, dan 5 kota administrasi yang terdapat di Indonesia. Alternatif lain aplikasi sejenis untuk Android adalah Imsakiyah 1434H/2013M, yang juga ditawarkan gratis, bahkan memberi kita widget untuk ditempatkan di home screen. Download saja langsung melalui Play Store.

Ramadan Timetable
Download via Google Play Store

Jika di iOS ada Ramadan Times dengan penunjuk arah kiblat yang diklaim akurat, untuk Android Citizen bisa menggunakan Ramadan Timetable ini. Melalui aplikasi ini, pengguna Android dapat mengetahui arah kiblat melalui GPS, mengetahui waktu shalat, posisi bulan, serta pengingat shalat berupa suara Adzan yang telah disesuaikan dengan waktu shalat.

Panduan Tarawih & Ramadhan
Download via Google Play Store

Aplikasi yang juga tepat digunakan selama momen Ramadhan. Setelah menjalankan puasa seharian, malamnya beribadah. Aplikasi ini berisi panduan komprehensif shalat tarawih dan tips-tips berguna dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, tips-tips selama berpuasa bahkan juga ada panduan melakukan sholat Taraweh yang benar.

Tasbih
Download via Microsoft Windows Phone Marketplace

Aplikasi Tasbih ini tidak hanya membantu menghitung dan melihat sudah berapa banyak dzikir yang sudah dibaca, tapi juga dilengkapi dengan bacaan-bacaan baik lainnya yang dapat diamalkan.

Jadwal Shalat
Download via Microsoft Windows Phone Marketplace

Sesuai namanya, aplikasi ini akan selalu mengingatkan saat waktu shalat tiba. Citizen perlu mengatur lokasi metode kalkulasi yang sesuai dengan preferensi sebelum bisa menggunakannya. Sayangnya aplikasi ini masih belum mendukung Live Tile, yang mungkin bisa diisi jadwal sholat berikutnya (atau countdown ke jadwal sholat berikutnya). Selain itu masih belum mendukung reminder.

Kiat Mengendalikan Amarah
Download via Microsoft Windows Phone Marketplace

Kiat Mengendalikan Amarah adalah salah satu buku KH Abdullah Gymnastiar yang menjelaskan pentingnya mengendalikan amarah dan kiat-kiat mengendalikan nafsu amarah. Satu bacaan yang sepertinya pas bagi Citizen pengguna Windows Phone, sebagai salah satu pendukung selama menjalankan ibadah Puasa.

All in Ramadhan
Download via Microsoft Windows Phone Marketplace

All in Ramadhan adalah aplikasi serba ada yang akan membantu pengguna Windows Phone dalam menjalani ibadah Ramadhan. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur, seperti evaluasi ibadah bulan Ramadhan, sehingga Citizen bisa memonitor kualitas ibadah selama bulan Ramadhan. Juga disediakan kompas kiblat, yang berfungsi menunjukkan arah kiblat. Jadwal imsakiyah pun diberikan lengkap, dan kita bisa melihat semua jadwal sholat dan imsak selama bulan Ramadhan sesuai dengan lokasi keberadaan kita saat ini. Selain itu, aplikasi ini juga membantu memberikan informasi mengenai masjid terdekat sesuai dengan lokasi Citizen saat ini, kumpulan artikel-atikel Ramadhan dan juga kumpulan doa-d0a pada bulan Ramadhan. Aplikasi ini juga hanya tersedia untuk Windows Phone, serta ditawarkan secara cuma-cuma.

Al Quran
Download via Microsoft Windows Phone Marketplace

Ini adalah aplikasi Al Quran untuk Windows Phone dengan cara baru yang interaktif dalam membaca dan memahami Quran. Al Quran menggunakan font Uthmanic yang dapat diperbesar/kecil sesuai keinginan, dan dengan tanda baca yang lengkap, berisi semua ayat Quran dalam bahasa Arab. Dilengkapi fitur indeks Surat dan Juz, bookmark (penanda), “goto”, Quran juga dilengkapi terjemahan dalam 15 bahasa, termasuk Indonesia. Aplikasi berukuran 15 MB ini bisa kamu download gratis melalui pasar digital Windows Phone. Selain itu, juga ada aplikasi Al Quran lainnya di Windows Phone, dengan fitur yang kami sukai adalah sinkronisasi bookmark antara semua gadget Windows Phone. Bisa kamu download melalui link berikut.

Makan di Mana
Download via Apple App Store, via Google Play Store, via Microsoft Windows Phone Marketplace, atau via BlackBerry App World

Well, selama Ramadhan kita juga mendengar rencana kegiatan yang sering diutarakan entah di tengah komunitas, sekolah atau di sebuah kantor, yaitu buka bersama. Biasanya ide buka bersama juga berujung pada celetukan, makan di mana. Nah, bagi yang bingung untuk menentukan atau mencari tempat berbuka puasa, bisa memanfatkan fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Melalui fungsi Scan Area berbasis augmented reality, Citizen bisa menemukan rekomendasi tempat makan berdasarkan lokasi terdekat sesuai penanda GPS gadget yang kamu gunakan. Selain itu ada juga fitur ‘Cari’ untuk mencari berdasarkan area atau kategori, atau berdasarkan menu dan promo yang sedang berlangsung. Oh ya, aplikasi ini juga sangat cocok bagi mereka yang pulang kampung selama mudik. Selain kegiatan silahturahmi dengan keluarga, pasti juga ada lah jam-jam khusus untuk menikmati kuliner di tempat asal keluarga. Aplikasi gratisan ini bisa dinikmati semua pengguna smartphone. Aplikasi senada lainnya yang bisa kamu pilih adalah Buka Dimana untuk Google Android. Hanya saja sayangnya, meskipun kami menyukai tampilannya, namun Buka Dimana tidak memberikan update lagi sejak pertama kali dirilis awal Agustus lalu.

Aplikasi Mudik Lebaran 2013
Download via Google Play Store: Toyota Teman Mudik, Tips Mudik Penuh Berkah, Rute Jawa, dan Telkomsel Ibadah

Meskipun baru memasuki awal Ramadhan, namun sudah ada beberapa saudara kita yang mungkin telah mudik lebih awal ke kampung halaman. Jika Citizen adalah salah satu diantaranya, ada beberapa aplikasi gratisan yang dapat menemani sepanjang perjalanan jauh ketika mudik, yaitu Toyota Teman MudikTips Mudik Penuh BerkahRute Jawa, dan Telkomsel Ibadah (juga tersedia untuk BlackBerry di App World). Kami memilih mereka karena memang yang sudah terupdate hingga tahun 2013. Dalam aplikasi tersebut Citizen dapat mendapatkan beberapa fungsi yang menunjang kegiatan selama Ramadhan, seperti jadwal imsakiyah, panduan doa-doa selama perjalana, sampai tempat-tempat penting selama perjalanan mudik seperti SPBU/Pom Bensin, Masjid, Rumah Makan/Restoran, Rumah Sakit, Kantor Polisi dan Hotel/Penginapan. Semua aplikasi yang kami pilihkan ini disediakan di Android dan bisa Citizen download melalui Play Store.

Sumber: Google Play Store, Apple App Store, Microsoft WindowsPhone, BlackBerry App World


SHARE
Previous articleEye Candy: Deretan Concept Art Indah dari Pacific Rim
Next articleDetail Pertama Cerita How To Train Your Dragon 2, Kembali Pertarungan Manusia Melawan Naga
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.