30 Tahun Luigi, Bagaimana Luigi Bisa Mendapatkan Game-nya Sendiri di New Super Luigi U

Siapa yang tidak kenal dengan Luigi? Adik dari tukang ledeng Mario dengan pakaian serba hijaunya ini rupanya berulang tahun yang ke-30 pada tanggal 14 Juli kemarin! Sama seperti sang kakak, Luigi pun semakin lama semakin terkenal, bahkan sampai mendapatkan game-nya sendiri. Yang terbaru adalah New Super Luigi U, dan Nintendo selaku pihak pengembang membeberkan bagaimana ide game tersebut muncul dan dibuat.

Luigi, sang adik dengan baju hijau dan tubuh bongsornya yang lebih tinggi dari sang kakak, Mario

Sebelumnya tidak ada salahnya kita sedikit menengok ke belakang mengenai Luigi, yang pada tanggal 14 Juli 2013 kemarin berulang tahun ke-30. Dia diciptakan oleh Shigeru Miyamoto, menjadi adik dari tukang ledeng terkenal Mario dengan badan yang lebih tinggi, dan keduanya pun melejit sebagai maskot kembar Nintendo. Dia memulai debutnya dalam game Mario Bros. yang dirilis di Arcade, Atari, dan NES pada tanggal 14 Juli 1983 lalu. Dia tampil sebagai karakter kedua yang bisa dimainkan setelah Mario (sebagai karakter utamanya).

Mario Bros.
Mario dan Luigi, di mana Luigi kala itu “hanya” menjadi variasi warna dari Mario

Sejatinya, Luigi dikembangkan sebagai variasi warna dari Mario dengan warna utama hijau (bukan merah seperti kakaknya). Dan semenjak itu, Luigi pun semakin dikembangkan dengan mendapatkan gaya dan kepribadiannya sendiri, yang mengubahnya menjadi berbadan lebih tinggi dari Mario. Dan kemudian dia pun sering tampil dalam berbagai game sebagai partner setia Mario.

Kesuksesan Luigi pun membuat Nintendo merilis beberapa game di mana Luigi menjadi tokoh utamanya, seperti serial Luigi’s Mansion. Bahkan Nintendo juga menyebutkan bahwa tahun 2013 ini sebagai “The Year of Luigi” untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Game-game yang dirilis Nintendo di tahun 2013 ini juga banyak yang mengangkat Luigi sebagai fokus utamanya, antara lain Luigi’s Mansion: Dark Moon, Mario & Luigi: Dream Team, dan tentu saja New Super Luigi U.

Luigi di Super Mario Bros.

Bagaimana bisa Luigi akhirnya mendapatkan kesempatan menjadi tokoh utama di New Super Luigi U? Awalnya, tim pengembang Nintendo memikirkan DLC apa yang cocok untuk New Super Mario Bros. U, di mana ide awalnya adalah mengembangkan “permainan kedua” dengan menambahkan banyak rute stage Boost Rush. Tapi akhirnya ide ini malah diadopsi untuk New Super Mario Bros. 2.

“Seingat saya, kita telah memutuskan untuk mendistribusikan rute-rute tambahan untuk kedua judul tersebut (New Super Mario Bros. U dan New Super Mario Bros. 2), tapi tiap grup telah memikirkan apa yang seharusnya mereka suka untuk tiap game tersebut, dan ide-ide ini pun muncul lebih cepat dibandingkan ide untuk New Super Mario Bros. 2,” ungkap Takahasi Tezuka dari Nintendo dalam sebuah wawancara di program Iwata Asks.

Bagaimanapun, ketika tim “U” memiliki ide lebih cepat untuk DLC-nya, New Super Mario Bros. 2 sudah berada di tahap akhir pengembangan dan akan segera dirilis. Secara tidak sengaja, tim yang mengembangkan New Super Mario Bros. 2 pun memiliki ide rute Coin Rush juga sebagai DLC. Karena game tersebut akan dirilis terlebih dahulu, tim “U” pun diminta untuk mengembangkan hal yang berbeda. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk membuat rute-rute yang jauh lebih kompleks.

“Kita sebenarnya berasumsi bahwa DLC tersebut diperuntukkan bagi pemain yang telah memainkan New Super Mario Bros. U, dan kemudian memutuskan untuk membuatnya sehingga pemain terus ingin memainkan game tersebut,” ungkap Tezuka. “Sehingga saya pun memutuskan untuk membuatnya sedikit lebih susah.”

Karena rute-rute baru tersebut lebih susah, diputuskan bahwa panjang dari tiap rute tersebut juga diperpendek, sehingga tiap stage yang ada tetap terasa menyenangkan. Bagian ini terinspirasi dari Super Mario Bros. 3, di mana Masataka Takemoto selaku sutradara New Super mario Bros. U memainkannya untuk mendapatkan ide-ide baru.

Setelah pengembangan DLC tersebut dimulai, anggota tim dari tim pengembangan New Super Mario Bros. 2 juga dibawa serta untuk membantu, tapi pada saat itu game-nya tetap difokuskan dengan Mario sebagai tokoh utama. Tapi keadaan berubah setelah Tezuka mendengar mengenai rencana Nintendo tentang “Year of Luigi” dan kemudian beliau langsung banting setir untuk memasukkan Luigi ke dalam keseluruhan game tersebut, dan menjadikannya sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-30 Luigi. Menurut beliau, kemampuan Luigi juga membantu menyeimbangkan permainan.

“Beberapa hal menjadi bagus mengenai perubahan tokoh utama menjadi Luigi. Ketika ketia membuat game untuk Mario, rasanya susah, dan saya sendiri berpikir kalau beberapa bagian terasa terlalu susah. Tapi saat kita menggantinya menjadi Luigi, kita juga sadar bahwa ada beberapa aksi juga yang perlu diubah. Saat kita melakukannya, kesulitan-kesulitan tadi tidak terlalu terasa lagi.” jelas Tezuka.

Selain game tersebut didesain dengan Luigi sebagai tokoh utamanya, juga ditambahkan adanya batasan waktu dalam menjelajah tiap stage-nya. Tiap stage atau tiap rute harus bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 100 detik! Untuk menyeimbangkan permainan, waktu tiap detik di sini akan dibuat sedikit lebih lama dibanding waktu di New Super Mario Bros. U.

Dan akhirnya, game tersebut dirilis sebagai ekspansi dalam bentuk DLC. Tapi tim penjualan Nintendo di beberapa belahan dunia menginginkan versi retail standalone-nya juga, dengan tujuan para pemain yang belu memiliki New Super Mario Bros. U tapi langsung ingin memainkan game ini. Dan akhirnya versi retail standalone pun disiapkan oleh Nintendo.

Versi DLC-nya sendiri sudah dirilis untuk Wii U pada tanggal 20 Juni 2013 kemarin, dan versi retail standalone-nya dirilis tanggal 13 Juli 2013 kemarin di Jepang, menyusul kemudian tanggal 26 Juli 2013 untuk Eropa dan tanggal 25 Agustus 2013 untuk Amerika Utara.

Tidak terasa ya sudah 30 tahun Luigi menemani Mario malang melintang dalam berbagai judul game yang telah dirilis dan pastinya pernah kita mainkan salah satunya. Selamat ulang tahun yang ke-30, Luigi! Semoga tetap eksis sepanjang masa dan makin terkenal seperti kakakmu, Mario!

Versi retail standalone New Super Luigi U

[ Sumber : Siliconera, Mario Wikia ]