Impresi Soft Launch Plants vs. Zombies 2: It’s About Time, dan Panduan Untuk Men-downloadnya

PopCap Games mengkonfirmasikan sekuel game defense merekaPlants vs. Zombies 2: It’s About Time awal Juni 2013 lalu. Saat itu sudah diumumkan akan dirilis pada 18 Juli. Sayangnya, akhir Juni lalu mereka membuat update, bahwa tanggal rilisnya diundur sampai akhir Musim Panas. Namun di luar dugaan, 9 Juli kemarin melalui post di blog-nya, PopCap Games sudah merilis game tersebut, namun baru sebatas untuk dua negara saja, yaitu Australia dan Selandia Baru.

Bukan kali ini saja Electronic Arts selaku publishernya merilis game mobile mereka pertama kali di negara tertentu, khususnya Australia dan Selandia Baru. Karena sebelumnya, Real Racing 3 juga dirilis lebih awal di kedua negara tersebut. Dengan jadwal resmi 28 Februari, ternyata game racing yang fokus pada gameplay simulasi tersebut muncul lebih awal, atau disebut sebagai soft launch di Australia, Selandia Baru dan juga Kanada sejak 13 Februari, atau 15 hari sebelum perilisan resminya. Demikian bisa disimpulkan, jika Plants vs. Zombies 2: It’s About Time ini juga akan dirilis untuk pasar yang lain dalam kurun waktu 2 minggu setelah pertama kali available secara soft launch.

Melalui post di  blognya, produser Allen Murray mengatakan jika alasan mereka merilis lebih awal di kedua negara itu adalah untuk menguji banyak fitur baru yang mereka terapkan, dan mempelajari feedback yang mereka terima dari semua inovasi yang ditawarkan dalam sekuel tersebut. Semacam fase open beta dalam game online. Bahkan PopCap juga menggunakan momen soft launch tersebut untuk menguji server pendukung game tersebut saat trafik pemain di seluruh dunia menjadi terlalu padat. Bukan karena kamu bisa bermain online, melainkan itu server pendukung untuk aktivitas monetizing yang dijalankan PopCap melalui in-app-purchase.

Ya, game ini kini ditawarkan gratis, tidak seperti prekuelnya yang berbayar. Karena itu wajar jika Electronic Arts selaku publisher mengadakan soft launch terlebih dulu untuk mengetahui bagaimana respon pemain terhadap sistem microtransaction mereka itu. Seperti yang pernah kami ulas dalam artikel masa depan mobile game, ke depan konsep penjualan game yang diprediksi lebih populer dari penjualan retail adalah game freemium alias free-to-play, yang dilengkapi IAP. Electronic Arts sepertinya menggunakan game-game mobile yang mereka pasarkan sebagai “kelinci percobaan,” sejauh apa IAP bisa menguntungkan, dibandingkan penjualan langsung.

Sedangkan untuk game ini, ketika kami melihat dari halaman iTunes-nya, pilihan IAP yang ditawarkan bervariasi dengan harga mulai Rp. 20 ribuan! Bayangkan saja jika jutaan pemain Plants vs. Zombies 2 yang ingin mempercepat permainan mereka, memilih jalan pintas dengan membeli IAP upgrade untuk memperkuat karakter, seharusnya jumlah limit kartu kredit yang mereka terima bisa berkali lipat lebih banyak dibandingkan dengan menjual putus gamenya saja. Pilihan IAP lainnya seperti tanaman baru yang lebih kuat dan efektif menyerang zombie, hingga bundel coin (jika kamu tidak sabar mendapatkan coin selama permainan). Coin sendiri juga bisa kamu gunakan untuk membeli upgrade.

Namun PopCap membuat game ini cukup seimbang, seringga sebenarnya kamu bisa terus memainkannya tanpa perlu berbelanja IAP sedikitpun. Namun sepertinya permainan akan berujung repetitip, dan mungkin kamu akan menjadi bosan karena ritme yang sama. Level dimulai, pasang sunflower sebagai tanaman pertama (untuk memproduksi energi yang digunakan untuk menanam tanaman penyerang), belanjakan satu upgrade untuk membuat sunflower memuntahkan lebih banyak energi, sehingga lebih banyak juga tanaman penyerang bisa kamu deploy.

Awalnya mungkin mudah, energi yang muncul cukup untuk men-summon tamanan penyerang. Namun setelah beberapa level dilalui, kamu akan merasa membutuhkan energi tadi lebih cepat muncul untuk memasang pertahanan yang kuat. Apalagi juga ada musuh yang doyan dengan energi tersebut. Penulis mencoba “pelit” dan bersikeras tidak mau membeli upgrade-nya, namun tetap saja perlu grinding beberapa level yang sebelumnya berhasil kamu lalui untuk mengumpulkan lebih banyak uang virtual dan membeli upgrade untuk mempercepat permainan. Bicara pilihan levelnya, seperti preview kami sebelumnya, di sekuelnya ini kamu akan berhadapan dengan Crazy Dave serta eksperimen mesin waktunya, yang akan membawa menjelajah ke setting seperti mesir, bajak laut, dan juga zaman koboi, dan dengan masing-masing zaman itu memiliki 20 level tersendiri.

Penulis menyukai bagaimana PopCap memvisualisasikan game ini. Masih penuh dengan selera humor, grafis yang cerah, musik yang khas, dan mekanisme tower defense yang kami sukai dari prekuelnya, masih ditawarkan dengan baik di sini. Namun karena memang dibangun sebagai game yang harus mendatangkan uang lebih melalui IAP, khususnya bagi mereka yang kurang nyaman dengan aktivitas grinding (pastinya memakan waktu), pasti akan merasa kehilangan pengalaman memainkan game prekuelnya. Sepertinya akan susah membuat kombinasi tanaman seiring makin lama permainan (dengan makin banyak tanaman yang terbuka), adanya mini game, atau bisa melalui Zen Garden untuk mendapatkan tambahan coin.

Dan meskipun baru dirilis di Australia dan Selandia Baru, namun kita sudah bisa kok memainkannya. Kamu bisa menggunakan panduan kami di bawah untuk men-downloadnya. Sebelum memainkannya, perlu kamu ketahui jika versi soft launch ini belum mendukung iPad dengan layar retina, atau juga tidak mendukung sinkronisasi game antar iOS (kamu yang memainkannya di iPhone dan iPad, tidak bergantian dengan 1 campaign yang sama). Selain itu, game ini juga memerlukan smartphone/tablet iOS yang memiliki kamera depan, dan hanya mau berjalan di iOS maksimal versi iOS 6 (kamu yang keburu menginstall iOS 7 beta, tidak bisa memainkannya). Berikut panduan untuk men-downloadnya bagi mereka yang tidak tinggal di Australia atau Selandia Baru:Here’s How To Download Plants Vs Zombies 2 In The U.S. Right Now

  1. Buka iTunes dan masuk iTunes Store
  2. Sign out dulu akunmu saat ini
  3. Scroll ke ujung bawah iTunes, dan klik logo negaramu di ujung kanan bawah. Di layar selanjutnya, pilih “Australia” sebagai negara.
  4. Buka link ini melalui iTunes untuk akses ke halaman Plants vs. Zombies 2
  5. Klik download aplikasi free ini, maka kamu akan diminta sign in dengan Apple ID
  6. Pilih membuat akun baru, bukanya sign in dengan Apple ID lama
  7. Penuhi semua informasi, email dan security lalu klik continue
  8. Untuk metode payment pilih  “None.” Opsi None ini hanya muncul ketika kamu mencoba mendownload aplikasi yang gratis.
  9. Isi sisa kolom yang diperlukan
  10. Proses verifikasi email untuk validasi akun.
  11. Dan begitu akunmu sudah terverifikasi, kamu bisa masuk Settings>>iTunes & App Store>>Apple ID>> Sign Out, lalu log in dengan Apple ID Australia yang baru
  12. Kini kamu bisa men-download Plants vs. Zombies 2 atau semua aplikasi lain yang hanya dikhususkan untuk wilayah Australia saja.
  13. Setelah selesai download, kamu bisa sign out akun tersebut, dan kembali ke akun Apple-mu yang sebelumnya