Menelusuri Beberapa Elemen Islam dalam Dunia Game

Dunia game memang jarang sekali mengangkat Islam, baik untuk karakter maupun setting kisah dan budayanya. Namun, tahukah kamu bahwa dalam beberapa game, banyak sekali elemen dalam agama Islam yang diangkat baik yang secara terang-terangan, maupun secara implisit, sebut saja dalam Uncharted 3: Drake Deceptions, dua game Assassin’s Creed (AC) hingga game yang tengah dikembangkan seperti Unearthed: Trail of Ibn Batutta sekalipun.

Penasaran dengan elemen Islam apa saja yang ada di dalam game? Yuk kita simak satu persatu!

Assassin’s Creed

Dev/pub: Ubisoft Montreal/Ubisoft
Platform: PS3/Xbox 360/PC
Rilis: 13 November 2007

Assassin’s Creed (AC) dikenal memiliki plot yang sedikit kontroversial dan multikultural, namun Ubisoft bisa menyajikannya dengan baik agar tidak menimbulkan perdebatan di beberapa kalangan. Salah satu serial AC yang banyak mengangkat elemen Islam adalah AC pertama yang dirilis pada 2007 lalu. Sebut saja salah satu contoh kongkritnya adalah sang protagonis utama, Altaïr Ibn La’Ahad yang beragama Islam. Memang sih tidak dijelaskan secara eksplisit di dalam game bahwa Altair menganut agama Islam, tetapi melihat organisasi Assassin yang dibelanya serta latar belakangnya yang lahir dari ayah seorang Muslim dan ibu seorang Kristiani, maka kemungkinan besar Altair adalah seorang Muslim juga seperti Ayahnya.

Simbol asli dari organisasi Ḥashshāshīn

Mengenai organisasi Assassin sendiri, dalam sejarah organisasi ini seringkali dikenal dengan Ḥashshāshīn yang pertama kali muncul dalam Perang Salib pertama tahun 1080. Salah satu grandmaster terbaiknya saat itu, Hassan-i Sabbah adalah seorang yang dikenal tangguh saat memperebutkan kekuasaan atas Holy Land (sekarang dikenal dengan Israel dan Palestina) yang saat itu dikuasai sepenuhnya oleh tentara Crusade.

Rashid ad-Din Sinan atau Al Mualim dalam Assassin’s Creed

Bukan hanya Altair satu-satunya karakter dalam AC yang menganut Islam. Mentor (dan yang akhirnya menjadi musuhnya) Rashid ad-Din Sinan atau yang juga kita kenal sebagai Al Mualim menurut sejarah juga merupakan salah satu grand master Ḥashshāshīn yang beragama Islam.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya!

1
2
3
4
5
6
7

SHARE
Previous article30 Tahun Luigi, Bagaimana Luigi Bisa Mendapatkan Game-nya Sendiri di New Super Luigi U
Next articleEvent Ngabuburit Bersama GM Idol Street!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.