Samsung Mulai Menjual Galaxy Tab 3 di Indonesia, Pertama Melalui Tab 3 8-inchi

Dari pengamatan penulis, lineup tablet Samsung yang paling banyak populasinya adalah Galaxy Tab 7, menyusul kemudian Galaxy Tab 10.1, baru kemudian yang 7.7-inchi dan 8.9-inchi. Beberapa versi upgrade minor dirilis Samsung setahun belakangan mealui seri Galaxy Tab 2, untuk mempertahankan pamor Galaxy Tab dengan ukuran layar 7-inchi. Hingga akhirnya Galaxy Tab 3 berlayar 7-inchi dikonfirmasikan akhir April lalu, menyusul dua saudaranya yang lain dengan ukuran 8 dan 10-inchi. Setelah dijual pertama di Amerika pada 7 Juli lalu, kini di Indonesia akan segera menyusul mendapatkannya. Sayangnya, bukan varian termurah (dan terpopuler) yang dijual pertama di pasar Indonesia, karena Samsung membuka pre-order untuk yang varian 8-inchi…

Pre-order Tab 3 8-inchi ini ditawarkan melalui retailer online Blibli, dengan iming-iming diskon sebesar Rp. 300.000 (menjadi Rp. 4,199,000 dari Rp 4,499,000), plus juga tawaran fasilitas cicilan 0% dengan kartu kredit BCA. Kamu bisa memesannya mulai tanggal 11 hingga 21 Juli mendatang, dengan pengiriman pertamanya dimulai 23 Juli 2013. Syarat pre-order ini lainnya, ditujukan khusus untuk member Blibli, dan hanya berlaku selama persediaan  masih ada. Untuk cicilah BCA-nya juga hanya untuk pemegang kartu kredit BCA Visa/MasterCard melalui metode pembayaran BCA Installment atau kartu kredit BCA Card melalui BCA KlikPay Installment. Selain potongan harga, kamu yang memenuhi syarat pre-order tersebut juga berhak atas Bonus Kartu Perdana Simpati dengan Benefit Free Data Plan 2GB/bulan selama 3 bulan.

Galaxy Tab 3 8.0-inchi ini menjadi bagian pelengkap keluarga Galaxy Tab 3, sekaligus meneruskan tradisi Samsung yang selalu menyuguhkan lineup tablet dengan semua ukuran layar. Tujuannya jelas, mereka ingin semua target pasar terisi agar konsumen mendapat pilihan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan ukuran layar tertentu. Menurut Samsung Galaxy Tab 3 8-inchi menjadi pilihan optimal bagi mereka yang mencari tablet untuk membaca e-book, memainkan game, dan menonton video dimana saja. Seperti Galaxy Note 8.0, di sini kamu juga dapatkan software khusus yang disebut mode Reading, dengan fungsi mengoptimalkan tampilan dan kecerahan layar agar sesuai dengan kebutuhan mata, serta ukuran font yang pas seperti layaknya kita membaca tulisan di atas kertas. Tablet ini juga dilengkapi dengan tambahan pemrosesan suara Samsung Sound Alive untuk output audio, serta Dolby Surround ketika kamu menonton video. Kedua fitur tersebut tidak ditemukan di rival sekeluarganya, Galaxy Note 8.0 — yang mengunggulkan metode input melalui stylush S-Pen.

Tab 3 8.0 ini diperkuat oleh prosesor dual-core dengan kecepatan 1.5GHz, dipadukan dengan 1.5GB RAM, serta internal storage standar dengan pilihan 16 atau 32 GB yang bisa diperbesar melalui slot microSD (Blibli menjual yang 16 GB). Kamu juga dapatkan kamera 5-megapixel sebagai sensor utama, yang sama sepeti Note 8.0 tidak dilengkapi flash LED. Kamera depannya sendiri 1.3-megapixel. Untuk sarana konektivitas disediakan Wi-Fi, 3G, atau versi 4G LTE. Tentu saja GPS dengan A-GPS dan GLONASS (untuk mereka yang berada di Rusia) juga kamu dapatkan sebagai fungsi standar. Tablet dengan sistem operasi standar Android 4.2 Jelly Bean ini akan beroperasi menggunakan baterai 4450-mAh, hanya terpaut sedikit dibandingkan Galaxy Note 8.0 yang baterainya 4600-mAh.

Meskipun menggunakan layar yang sama dengan Galaxy Note 8.0, namun Samsung membuat Tab 3 8.0-inchi ini desainnya lebih menyerupai Galaxy S4. Sehingga kamu dapatkan sudut-sudut yang lebih mengotak, dan ukuran bezel di sisi layar yang tidak selebar Note 8.0. Itu beberapa kelebihan Tab 3 8.0-inchi dibandingkan Note 8.0, walaupun tentu saja kamu yang membutuhkan interaksi layar menggunakan S-Pen (dan juga prosesor dan jatah RAM yang lebih lega) tetap lebih baik menjatuhkan pilihan pada Note 8.0. Oh ya, keduanya juga mengajukan material layar yang sama, yaitu LCD TFT biasa dengan resolusi WXGA 800 x 1280-pixel serta kerapatan pizel 189-ppi.

Dan mengenai harga, seperti yang kami beritakan sebelumnya, harganya di luar sana mulai $299 saja, atau sekitar Rp 3 jutaam untuk varian yang hanya mengandalkan koneksi WiFi. Dan melihat tren harga Samsung sebelumnya di Indonesia, seharusnya versi 3G terpaut Rp. 700 ribu hingga sejutaan untuk setiap model. Jika Blibli menjualnya dengan harga Rp. 4,199,000 (dari harga normal Rp 4,499,000), masih masuk akal dan tidak terpaut terlalu jauh dibandingkan harga di luar sana.

Sumber: Blibli


SHARE
Previous articlePasar Ngabuburit: Event Ramadhan Untuk Para Pemain Perfect World!
Next articleImpresi Soft Launch Plants vs. Zombies 2: It’s About Time, dan Panduan Untuk Men-downloadnya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.