Detail Baru BlackBerry A10, Lebih Besar dan Cepat Dibandingkan BlackBerry Z10

Setelah beberapa hari lalu muncul penampilan BlackBerry A10 aka Aristo, kini kami mendapatkan perkiraan spesifikasi smarrphone BlackBerry pertama yang diklaim dibuat untuk kebutuhan gaming dan multimedia.

Detail spesifikasi ini didapatkan dari sebuah bocoran slideshow yang menampilkan sekilas desainnya, dan juga daftar spesifikasi yang diusung BlackBerry (dulunya RIM) untuk smartphone pertama mereka yang berlayar 5-inchi. Sebelumnya kami mendapatkan informasi jika A10 ini akan mendapatkan layar 5-inchi Super AMOLED dengan resolusi HD alias 720 x 1280-pixel serta kerapatan pixel 295-ppi (yang lebih rendah dari Z10 dan Q10), jatah RAM 2 GB, dan prosesor dual-core. Sedangkan bocoran baru ini menunjukkan informasi lainnya.

Prosesor dual core-nya juga di-set di kecepatan yang cukup tinggi, mencapai 1.7 GHz, bukanya 1.5 GHz seperti pada Z10. Anehnya, pada slideshow disebutkan jika chipsetnya menggunakan Snapdragon S4 Pro MSM8960T, dengan empat inti prosesor. Padahal dalam daftar resminya, Qualcomm hanya memiliki MSM8960T dengan dua inti prosesor saja dengan kecepatan maksimal 1.7 Ghz, GPU Adreno 320 pada kecepatan 400 MHz, menjadikannya setara dengan Sony Xperia SP. Dipilihnya Snapdragon S4 tersebut sekaligus mematahkan rumor sebelumnya yang menyebutkan jika chipsetnya tidak menyatukan CPU dan GPU dalam satu chip, alias GPU-nya tidak integrated. Namun jika benar quad-core, seharusnya yang paling logis dipakai adalah Snapdragon APQ8064 yang juga digunakan pada produk seperti Asus PadFone 2, LG Optimus G, Nexus 4, Oppo Find 5, dan keluarga Sony Xperia Z.

Selain itu spesifikasinya sama seperti Z10, seperti kamera utama 8-megapixel dengan flash, 2-megapixel di depan, 16GB internal storage, slot microSD, micro USB dan port HDMI, NFC, DLNA, Wi-Fi a/b/g/n dan koneksi 4G. Selain itu Aristo dengan OS BB 10 ini (tepatnya versi 10.2) juga tidak akan mengulang dilema yang sama pengguna Z10 karena baterainya yang boros, dengan memasukkan baterai berkapasitas 2800mAh.

Sayang belum diketahui kapan BlackBerry A10 akan dirilis, dan berapa perkiraan harganya. Apa kalian tertarik dengan Z10 yang layarnya membesar, prosesor lebih cepat, dan baterai yang lebih besar ini? Untuk sementara bisa kamu lihat beberapa perbandingan ukuran casing A10 dengan Z10 di artikel ini. Ukurannya ternyata tidak membesar terlalu ekstrim.

Sumber: Tinhte


SHARE
Previous articleTouchTen Games Gandeng iBox, Gelar Kompetisi Ramen Chain dengan Banyak Hadiah!
Next articleGalaxy Folder, Smartphone Android Samsung Dengan Desain Clamshell
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.