Galaxy Folder, Smartphone Android Samsung Dengan Desain Clamshell

Di era ketika layar smartphone lebar menjadi favorit pengguna gadget, produsen mau tidak mau selalu menyuguhkan desain yang identik. Sisi depan layar, sedikit tombol, di belakang kita dapati speaker, dan atau kamera, serta selalu berambisi mendapatkan profil yang tipis. Dan hanya sedikit produsen yang bermain-main dengan pakem desain smartphone yang sumbernya dari Apple iPhone tersebut, dengan alasan klasik, kuatir tidak laku, meskipun di luar sana banyak penggemar desain ponsel yang dulu juga sempat menjadi favorit, seperti clamshell.

Dewasa ini berharap mendapatkan Android berdesain clamshell agaknya susah ya, kecuali kita pergi ke Jepang dengan beberapa Android Sharp dari operator Softbank. Namun mereka yang rindu mengenang masa lalu, dan masih menunggu Android dengan desain flip, bisa berharap pada Samsung, yang kabarnya sedang menyiapkan Android baru dengan desain clamshell, desain fisik yang saat ini banyak dikabarkan sudah punah.

Sementara ini akan disebut sebagai Samsung Galaxy Folder, sebagaimana Galaxy lainnya menjalankan Android (tepatnya Jelly Bean 4.4.4), namum membedakannya dengan tipikal Android, ada deretan tombol fisik dan juga model clamshell. Smartphone bernuansa klasik ini dirumorkan mengajukan layar dengan resolusi 480 x 800 pixel, dan prosesornya menggunakan keluarga chipset Qualcomm Snapdragon S4 dengan dua inti. Selain itu, Galaxy Folder yang memiliki kode nama SHV-E400S dan SHV-E400K ini juga sudah mendukung koneksi data 4G LTE, dan rencananya sudah bisa dipesan para pengguna tiga operator besar di Korea, SK Telecom, KT dan LG Uplus.

Walaupun memiliki opsi koneksi data 4G LTE yang biasanya diusung banyak smartphone “mahal,” namun menurut Samsung smartphone baru mereka ini dibuat sebagai Android ‘low-end’ dan ditujukan untuk mereka yang tidak nyaman menggunakan touchscreen tanpa tombol fisik alias keypad.

Btw, bukan kali ini saja Samsung bereksperimen dengan desain clamshell. Sebelumnya mereka pernah memproduksi Samsung SCH-W2013, smartphone Android berbentuk clamshell yang dibuat eksklusif untuk China saja, dan memilih Jackie Chan sebagai brand ambassador-nya. SCH-W2013 mengajukan spesifikasi yang juga mencengangkan. Kamu dapatkan dua (ya, dua!) layar berukuran 3.7-inchi Super AMOLED dengan resolusi 800 x 480-pixel, prosesor quad-core 1.4GHz, 2GB RAM, 16GB internal, dukungan microSD, kamera 8-megapixel, kamera sekunder 1.9-megapixel, opsi dual-SIM, baterai 1850mAh dan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Untuk Galaxy Folder memang tidak disebutkan ada berapa layarnya. Namun jika benar berbasis SCH-W2013 dan memiliki dua layar, jelas akan menjadi pilihan yang menarik, apalagi jika dirilis varian internasionalnya. Detail desain SCH-W2013 sendiri bisa kamu lihat melalui galeri di bawah.

[nggallery id=186]


SHARE
Previous articleDetail Baru BlackBerry A10, Lebih Besar dan Cepat Dibandingkan BlackBerry Z10
Next articleHuawei MediaPad 7 Youth, Tablet 7-inchi Beresolusi Full HD Dengan Fungsi Telepon
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.