Upgrade Mii Plaza 3DS dan Dapatkan Empat Game StreetPass Baru

Pemilik 3DS tengah bergembira. Pasalnya, Nintendo baru saja meng-upgrade Mii Plaza, sekaligus menyediakan empat game StreetPass baru. Empat game tersebut adalah Mii Force, Flower Town, Warrior’s Way, dan Monster Manor.

Untuk mengakses game-game StreetPass baru ini, pertama kamu harus meng-update software Mii Plaza. Update ini akan merubah tampilan Mii Plaza menjadi lebih lapang. Kamu tidak perlu mengakses eShop untuk membeli game-game tersebut. Cari saja kelinci warna putih yang menawarkan pilihan game. Tiap game dijual seharga $4,99. Kamu juga dapat membeli semuanya dengan bundel diskon sebesar $14,99.

Meski sangat lucu, diskusi dengan kelinci tentang game-game StreetPass bisa jadi membosankan. Untungnya, video trailer berikut memberikan cuplikan gameplay dan deskripsi yang lebih baik dari keterangan si kelinci.

Trailernya memang cukup menarik. Namun ada pertanyaan penting: Apakah game-game ini layak dibeli? Apakah worth untuk beli bundle? Lalu, game apa yang paling bagus dari keempatnya?

Saya melempar pertanyaan ini ke komunitas Nintendo 3DS StreetPass Indonesia, dan berikut adalah tanggapan mereka:

Penasaran, semalam saya pun membeli bundle dan menyempatkan diri untuk memainkan keempatnya. Kesan pertama saya… game-game ini impresif, variatif, proper, dan jauh beda (lebih baik) ketimbang dua game sebelumnya, yaitu Puzzle Swap dan Find Mii.

Jadi apakah worth dibeli? Jawaban singkat untuk pertanyaan tersebut adalah: YA! Khususnya kalau kamu punya teman-teman, atau lebih baik lagi, komunitas, untuk bermain bersama-sama.

Mii Force

Bagi saya, Mii Force adalah yang paling polished. Game ini menawarkan pengalaman gameplay yang, umm, selayaknya game normal. Mii Force adalah game shot-em-up, dengan peluru-peluru bertebaran di seluruh layar. Teman-teman Mii dibawa untuk berlaga, memaksimalkan persenjataan, dan juga sebagai tambahan nyawa. Makin banyak teman Mii yang terkumpul di StreetPass, makin besar kemungkinanmu untuk menyelesaikan suatu level. Ada limitasi di sini. Kamu hanya dapat menyelesaikan satu level per koleksi StreetPass. Ada beberapa mekanik bagus di sini, termasuk kemampuan untuk swap rekan lewat layar sentuh dan persenjataan yang bisa diputar sekitar pesawat menggunakan tombol L dan R.

Sayangnya, dan anehnya, kita tidak bisa kembali ke level-level yang sudah kita kalahkan, tanpa harus menggunakan kawan-kawan Mii dan StreetPass. Duh, kenapa sih Nintendo? I just wanna have fun and play all the stages!

Monster Manor

Game favorit saya adalah Monster Manor. Ini adalah RPG versi lite dipadukan dengan dungeon-crawler dan puzzle. Teman-teman Mii dapat memberikan potongan puzzle yang kemudian dapat diletakkan di lantai untuk membuat jalan baru dan lorong-lorong untuk mengeksplorasi Manor. Uniknya, teman dengan warna baju sama akan memberikan balok berwarna sama, yang memberikan benefit khusus dan memaksimalkan potensi ruangan. Ruangan ini akan menghadirkan peti harta yang berisi berbagai loot.

Loot meliputi booster, item yang dapat digunakan sekali, juga senjata baru. Kamu juga terkadang dapat membawa salah satu teman Mii untuk menjelajah bersama, membuat monster lebih mudah dikalahkan. Seperti Mii Force, ada berbagai mekanik menarik yang tentunya membuat gameplay Monster Manor lebih dalam.

Warrior’s Way

Kalau kamu suka dengan pertarungan kolosal, maka Warrior’s Way adalah pilihan utama. Bergenre strategy battle, dengan konsep kasual. Para Mii yang kamu kumpulkan akan menambahkan kekuatanmu bersama dengan armada tentara sejumlah total StreetPass mereka. Ini artinya, jika teman-teman kamu punya teman yang banyak, maka kekuatan pasukanmu akan tumbuh besar dan kamu bisa dengan mudah meng-klaim dan menjadi penguasa suatu wilayah. Ada dua puluh wilayah yang diperebutkan.

Mekanik gamenya sederhana, menggunakan sistem batu, gunting, kertas. Awas, pasukanmu bisa digerogoti dan diambil lawan. Sebaliknya, jika kamu memenangkan pertempuran, pasukan musuh pun bisa bergabung ke denganmu.

Salah satu aspek yang saya suka adalah kamu bisa menemukan material, yang digunakan untuk membentengi istana. Tentunya ada biaya pembangunan. Semakin kuat istanamu, semakin besar kemungkinan kamu untuk bertahan, ketika panglima perang musuh datang ke kota.

Flower Town

Last but not least, ada Flower Town. Game ini betul-betul memberikan nuansa yang refreshing. Flower Town bergenre simulasi, di mana kamu berperan sebagai ahli tanaman. Tugasmu adalah menumbuhkan bunga, mengawinkan silang, membentuk bunga baru, dan mengoleksi semuanya. Teman-teman Mii akan membantu menyirami bungamu, bahkan mungkin membantu dalam pemanenan benih. Kamu dapat menata bunga untuk dipamerkan di kebun. Kamu juga bisa menjualnya di pasar, untuk tambahan uang. Uang digunakan untuk membeli pot baru, biji, dll. Gameplay-nya sederhana, santai, dan tidak ada yang ditembaki atau diteror hantu. Refreshing… tapi juga bisa berarti boring untuk sebagian gamer yang berharap adrenalin tinggi.

Hans Christian Rattlexnake dari 3DS StreetPass Indonesia dengan kostum Link

Keluhan saya terhadap game-game StreetPass ini adalah keterbatasan yang ditetapkan Nintendo. Tanpa banyak teman, game-game ini akan sulit sekali dimainkan. Tentu saja, kamu bisa menggunakan Play Coin (maksimal kamu bisa dapatkan 10 koin dengan berjalan, atau menggoyang-goyangkan 3DS-mu). Namun sayang sekali, pembelanjaan koin ini seolah-olah tidak dihargai Nintendo. Jika kita meng-hire karakter untuk satu game, karakter tersebut tidak dapat kita bawa ke game lain, seperti halnya teman Mii di StreetPass. Kalau saja Nintendo mau hal ini, tentu saja game ini menjadi rekomendasi bagi semua penggemar Mii Plaza, tak perduli di mana pun kamu tinggal.

Oh ya, kalau kamu seorang kolektor. Upgrade Mii Plaza ini juga menghadirkan banyak topi baru, bahkan juga kostum! Aksesoris ini bisa didapatkan dengan memainkan game-game baru atau diperoleh dari tiket khusus yang diperoleh dari prestasi tertentu dalam game.

Akhir kata, bundle ini worth dibeli. Cari komunitas 3DS di wilayahmu dan mari kita StreetPass-an!

PS: Bagi yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya (seperti saya), kamu bisa bertemu dengan komunitas 3DS SuGaCom yang aktif menyelenggarakan gathering StreetPass.

 


SHARE
Previous articleDetail Baru GTA V, Kali ini Aksesoris untuk Anjing Pun Bisa Dikustomisasi!
Next articleShin Megami Tensei IV Telah Dirilis di Amerika Utara, Dapatkan DLC Pertamanya!
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.