PES 2014 Tidak Akan Dirilis untuk Next Gen. Ini Alasan dari Konami

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, saat mengkonfirmasikan secara resmi Pro Evolution Soccer (PES) 2014 sekitar bulan Maret lalu, Konami hanya menyebutkan bahwa game ini akan dirilis untuk Xbox 360, PS3, PC, dan PSP. Konami pada saat itu mengungkapkan bahwa mereka masih belum memiliki rencana untuk merilis game ini di konsol next gen seperti PS4 dan Xbox One, meskipun sudah menggunakan engine baru, FOX Engine dari Kojima Productions. Dan akhirnya, Konami benar-benar mempertahankan keputusan mereka, dan mengkonfirmasikan bahwa PES 2014 benar-benar tidak akan dirilis untuk PS4 dan Xbox One. Apa alasannya?

Hal ini disampaikan langsung oleh Marketing Eksekutif Konami, Manorito Hosoda. Hosoda mengungkapkan bahwa PES 2014 tidak dirilis untuk next gen karena adanya ketakutan dari Konami bahwa kedua konsol tersebut masih kesulitan untuk menyerap pengguna di awal-awal perilisannya. “Kami tidak yakin dengan seberapa cepat kedua konsol tersebut bisa menjaring gamer. Fanbase kami masih berkutat di current gen, dan sebelum berpindah ke konsol next gen, kami ingin membuat sebuah game yang benar-benar bagus menggunakan engine baru ini, ” ungkap Hosoda seperti dikutip dari wawancaranya dengan CVG. Konami merasa bahwa konsol current gen saat ini sudah memiliki lebih dari 100 juta pemain aktif, dan itu memudahkan tim pengembang untuk lebih fokus sebelum berpindah ke format yang baru.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu representatif Konami untuk PES, Jon Murphy. “Kami merasa terkutuk jika melakukannya dan terkutuk juga jika tidak melakukannya. Saya pikir kami kini berada di posisi yang berbeda dengan FIFA, karena kami telah mendapatkan kritik di masa lalu mengenai produksi game untuk next gen (saat itu next gen masih PS3 dan Xbox 360) namun kami tidak siap. Mungkin, kami juga berada di posisi yang berbeda dengan perusahaan lain dalam hal ini,” ungkap Jon.

Jon pun semakin menegaskan langkah Konami ini adalah langkah yang tepat. “Kami tidak bisa memproduksi sebuah versi game yang kami tidak yakin bisa sukses di next gen. Saya pikir kami ingin untuk selalu percaya diri ketika kami membawa sesuatu yang baru dan tidak berada di posisi dimana orang-orang akan mengkritik kami saat kami memproduksi versi porting kualitas kelas dua,” lanjut Jon.

Keputusan Konami ini seakan menegaskan bahwa mereka tidak ingin gegabah dalam membuat game untuk next gen. Rupanya mereka masih ingin melihat bagaimana kiprah konsol next gen ini saat dirilis pada kuartal akhir tahun nanti, sebelum yakin untuk mengembangkan  PES 2015 di konsol tersebut. PES 2014 sendiri menurut rencana akan dirilis pada bulan September mendatang untuk PS3, Xbox 360, PC dan PSP.

[Sumber: CVG]