Ultralist: Karakter Marvel Universe yang Beragama Islam

Selama bulan Reamadhan, umat Islam di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Namun bukan hanya umat Islam saja yang menjalankan ibadah puasa, ada juga beberapa karakter fiksi dari Marvel Universe yang tengah menjalankan ibadah serupa. Ya, di balik nama-nama besar seperti Iron Man, Captain America, Thor hingga Hulk, Marvel Universe ternyata juga memiliki beberapa karakter muslim alias beragama Islam.

Nah dalam artikel Ultralist kali ini, tim Duniaku akan membahas sepuluh karakter dari Marvel Universe yang beragama Islam. Siapa saja mereka dan dimana saja mereka muncul? Yuk kita simak bersama!

Sinbad
Karakter Marvel’s Sinbad merupakan adaptasi dari tokoh yang muncul dalam cerita “A Thousand and One Nights” yang ditulis sekitar tahun 988 sesudah masehi. Sinbad pertama kali dikenalkan Marvel di komiknya berjudul The Seventh Voyage of Sinbad yang dirilis pada Desember 1975.

Sinbad adalah seorang pelaut ulung dan kapten kapal yang sangat dihormati krunya karena sikap tidak egoisnya dan keberanian yang ia miliki. Selain itu ia juga merupakan ahli dalam menggunakan senjata pedang serta memiliki sedikit pengetahuan tentang ilmu sihir.

Sooraya Qadir
Sooraya Qadir, atau yang dikenal dengan nama Dust, adalah seorang perempuan Muslim remaja dari Sunni yang memiliki kekuatan mutan, mengubah dirinya menjadi substansi mirip pasir. Lahir di Afghanistan, Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari lingkaran setan perbudakan. Mereka menangkap Sooraya ketika dia terpisah dari ibunya. Dia kemudian dikirim ke markas X-Corps di India.

Tapi Sooraya menyembunyikan dirinya dari para X-Men yang berjaga disana, dengan mengubah dirinya menjadi pasir dan menyebar ke penjuru kompleks markas. Phonenix merasakan kehadiran Sooraya dan meyakinkannya secara telepati untuk menampilkan dirinya kembali kepada orang-orang. Sooraya pun akhirnya memunculkan dirinya dengan mengatakan satu kata, “debu”.

Kekuatan mutannya mengubah dirinya menjadi butiran pasir yang bisa meledak, dengan cara mengubah substansi dirinya menjadi partikel silikon bersamaan dengan menciptakan ledakan pada pusat tubuhnya, membuatmassapasir dirinya terlempar dengan kecepatan tinggi ke semua arah. Dan kemudian mengumpulkan kembali butiran-butiran pasir dirinya untuk membuat dirinya utuh kembali. Dengan kontrol telepati, dia dapat bergerak dengan kecepatan tinggi mirip dengan badai pasir. Efek badai pasir tersebut cukup kuat untuk menghancurkan besi maupun memotong daging hingga terpisah dari tulang.

Faith Shabazz
Faith Shabazz adalah seorang wanita muslim yang tumbuh diNew York City. Kemudian dia bertemu dengan Isaiah Bradley, jatuh cinta, dan menikah di tahun 1940. Tapi ketika Pearl Harbor diserangJepang,USAikut dalam pepeparangan tersebut dan Isaiah bergabung dalam pasukan militer kala itu. Padahal saat itu Faith tengah mengandung, dan akhirnya mereka dikaruniai seorang anak perempuan bernama Sarah Gail Bradley.

Di tengah latihan di Missisipi, Isaiah dan 300 tentara lainnya dipaksa dalam proses perekrutan untuk menjadi manusia coba dalam pembuatan Super Soldier Serum. Dan untuk menjaga rahasia tersebut, Faith menerima surat perihal kematian Isaiah.

Di tahun 1953, setahun sebelum pelepasan Isaiah dari penjara (akibat mencuri pakaian CaptainAmerica), Faith bersama Sarah pindah dari The Bronx menujuMount Vernon, Virgina. DiasanaFaith dikejutkan dengan kedatangan wanita muda yang mengaku melahirkan anak dari Isaiah. Wanita tersebut menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan (maaf) sperma Isaiah dari pihak militerUSAdan sel telur dari Faith, yang kemudian ditanamkan ke rahimnya, sehingga lahirlah Josiah. Faith pun memutuskan menjaga anak tersebut, tapi demi keselamatan dirinya, anak perempuan dan anak lelakinya, Faith akhirnya meninggalkan Josiah di sebuah kereta.

25 tahun berlalu, Faith akhirnya menjadi nenek. Saat Sarah Gail menikah lagi dan pindah keArizona, anak Sarah yang bernama Eli pun tinggal bersama Faith untuk menyelesaikan masa SMA-nya. Faith sendiri beberapa tahun sebelumnya bekerja sebagai seorang profesor perbandingan agama di beberapa universitas, meski saat ini sudah pensiun. Steve Rogers yang mengetahui kebenaran mengenai Isaiah dan tentara-tentara lainnya, dia pun mengunjungi Faith untuk mempelajari kebenaran ceritanya.

Faith sendiri sejatinya tidak memiliki kekuatan super apapun, hanya saja dirinya terkait dengan orang-orang berkekuatan super, seperti suaminya sendiri Isaiah, dan juga cucunya Eli.

Josiah al hajj Saddiq
Setelah tewasnya Dr. Erskine di tangan Nazi, pihak Amerika masih menginginkan untuk memproduksi lebih banyak lagi prajurit super seperti Steve Rogers / Captain America, sayangnya niat tersebut sangat sulit untuk diwujudkan karena dengan tewasnya Dr. Erskine, rahasia dari serum Super Soldier pun ikut hilang bersamanya. Pada akhirnya, Kolonel Walker Price dan Dr. Wilfred Nagel mengambil 300 tentara African-American dari Mississippi untuk menjalani eksperimen dengan banyak variasi serum. Namun hanya segelintir orang yang mampu bertahan dari proses mengerikan tersebut, dan hanya satu orang yang selamat dari misi rahasia yang dijalankan. Ia adalah Isaiah Bradley.

Misi terakhir Bradley adalah untuk menghancurkan tempat penelitian formula Super Soldier milik Jerman serta kamp kematian Nazi di Schwarzebitte, Jerman. Namun sebelum ia berangkat melaksanakan misinya, Isaiah mengambil kostum dan tameng milik Captain Amerika.

Meski serum Super Soldier berhasil, namun pemerintah US ingin menambah jumlah super soldier. Jadi, dibuatlah proyek kelahiran penerus Isaiah karena dampak dari serum Super Soldier, Isaiah menjadi mandul. Maka, dari sisa sampel sperma Isaiah dibuatlah bayi baru tapi yang sudah di rekayasa genetisnya dengan serum Super Soldier sejak awal, dan lahirlah bayi Josiah. Namun bayi tersebut dibawa kabur oleh ibunya agar tidak menderita sebagai prajurit super dibawah pemerintah US.

Setelah dewasa, keberadaan Josiah pun terlacak, dan ia sempat hidup sebagai mercenary. Pemerintah US akhirnya merekrutnya untuk menggantikan Isaiah sebagai “Justice” dan Josiah mewarisi shield-nya Isaiah.

Belakangan Josiah memeluk agama Islam dan bahkan sudah menjalankan ibadah haji. Saat ini orang mengenalnya sebagai Josiah X atau Josiah al-Hajj dan telah menjadi imam di Little Mogadishu, Brooklyn.

Abdul Al-Rahman
Dibakar amarah karena invasi tentara Amerika Serikat ke Irak, seorang remaja asal Azerbaijan, Abdul Al-Rahman menyerahkan dirinya untuk menjadi sukarelawan sebuah perawatan medis rahasia. Ternyata, perawatan medis ini digunakan untuk mendapatkan kekuatan superhuman yang bisa memungkinkannya menyerang balik Amerika. Perawatan ini pun berhasil, dan Al-Rahman akhirnya mendapati beberapa ototnya sudah mengembang dan fisiknya menjadi lebih atletis. Dia adalah orang kedua setelah Steve Rogers alias Captain Amerika yang memberikan respon terhadap serum Super Soldier yang disuntikkan ke tubuhnya. Sayang, Al-Rahman tewas ketika harus berhadapan dengan Captain America meskipun sempat berhasil memojokkannya beberapa kali.

Momen ketika Abdul Al-Rahman tewas di tangan Captain America

Sebagai seorang yang memiliki kekuatan super, Al-Rahman memiliki beberapa kekuatan spesial, seperti mendapatkan kekuatan maksimal yang bisa dimiliki oleh manusia, mampu berlari satu mil atau sekitar 1.6 kilometer dalam satu menit, tahan dari berbagai penyakit dan pengaruh alkohol, serta memiliki kemampuan martial arts yang baik khas para pejuang Irak, namun tentu saja lebih kuat. Al-Rahman muncul pertama kali di komik Ultimates 2 #9 yang dirilis Januari tahun 2006, dan mengakhiri petualangannya pada tahun yang sama di bulan Agustus, tepatnya di komik Ultimates 2 #12.

Lanjut ke halaman selanjutnya…

1
2

SHARE
Previous articleSDCC 2013: Poster The Crow Reboot dari James O’Barr
Next articleSDCC 2013: Sentinel dalam X-Men: Days of Past Future Menampakkan Diri
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.