10 Karakter Marvel Universe yang Beragama Islam

Ternyata bukan hanya kita saja yang menjalankan kegiatan seperti ibadah puasa, ada juga beberapa karakter fiksi dari Marvel Universe yang tengah menjalankan ibadah serupa lho. Yuk simak siapa saja mereka!

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama Islam

Selama bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Namun bukan hanya umat Islam saja yang menjalankan ibadah puasa, ada juga beberapa karakter fiksi dari Marvel Universe yang tengah menjalankan ibadah serupa. Ya, dibalik nama-nama besar seperti Iron Man, Captain America, Thor hingga Hulk, Marvel Universe ternyata juga memiliki beberapa karakter muslim alias beragama Islam. Nah dalam artikel Ultralist kali ini, tim Duniaku akan membahas sepuluh karakter dari Marvel Universe yang beragama Islam. Siapa saja mereka dan dimana saja mereka muncul? Yuk kita simak bersama! 

1. Sinbad

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamSinbad (Marvel/ Sinbad)

Karakter Marvel's Sinbad merupakan adaptasi dari tokoh yang muncul dalam cerita "A Thousand and One Nights" yang ditulis sekitar tahun 988 sesudah masehi. Sinbad pertama kali dikenalkan Marvel di komiknya berjudul The Seventh Voyage of Sinbad yang dirilis pada Desember 1975. Sinbad adalah seorang pelaut ulung dan kapten kapal yang sangat dihormati krunya karena sikap tidak egoisnya dan keberanian yang ia miliki. Selain itu ia juga merupakan ahli dalam menggunakan senjata pedang serta memiliki sedikit pengetahuan tentang ilmu sihir. 

2. Sooraya Qadir

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamPotret karakter animasi beragama Islam Sooraya Qadir (dok. Marvel/ Sooraya Qadir)

Sooraya Qadir, atau yang dikenal dengan nama Dust, adalah seorang perempuan Muslim remaja dari Sunni yang memiliki kekuatan mutan, mengubah dirinya menjadi substansi mirip pasir. Lahir di Afghanistan, Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari lingkaran setan perbudakan. Mereka menangkap Sooraya ketika dia terpisah dari ibunya. Dia kemudian dikirim ke markas X-Corps di India. Tapi Sooraya menyembunyikan dirinya dari para X-Men yang berjaga di sana, dengan mengubah dirinya menjadi pasir dan menyebar ke penjuru kompleks markas. 

Phoenix merasakan kehadiran Sooraya dan meyakinkannya secara telepati untuk menampilkan dirinya kembali kepada orang-orang. Sooraya pun akhirnya memunculkan dirinya dengan mengatakan satu kata, “debu”. Kekuatan mutannya mengubah dirinya menjadi butiran pasir yang bisa meledak, dengan cara mengubah substansi dirinya menjadi partikel silikon bersamaan dengan menciptakan ledakan pada pusat tubuhnya, membuat massa pasir dirinya terlempar dengan kecepatan tinggi ke semua arah. Dan kemudian mengumpulkan kembali butiran-butiran pasir dirinya untuk membuat dirinya utuh kembali. Dengan kontrol telepati, dia dapat bergerak dengan kecepatan tinggi mirip dengan badai pasir. Efek badai pasir tersebut cukup kuat untuk menghancurkan besi maupun memotong daging hingga terpisah dari tulang. 

3. Faith Shabazz

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamFaith Sabazz (Marvel/ Faith Sabazz)

Faith Shabazz adalah seorang wanita muslim yang tumbuh di New York City. Kemudian dia bertemu dengan Isaiah Bradley, jatuh cinta, dan menikah di tahun 1940. Tapi ketika Pearl Harbor diserang Jepang, USA ikut dalam peperangan tersebut dan Isaiah bergabung dalam pasukan militer kala itu. Padahal saat itu Faith tengah mengandung, dan akhirnya mereka dikaruniai seorang anak perempuan bernama Sarah Gail Bradley. Di tengah latihan di Missisipi, Isaiah dan 300 tentara lainnya dipaksa dalam proses perekrutan untuk menjadi manusia coba dalam pembuatan Super Soldier Serum. Dan untuk menjaga rahasia tersebut, Faith menerima surat perihal kematian Isaiah. 

Di tahun 1953, setahun sebelum pelepasan Isaiah dari penjara (akibat mencuri pakaian Captain America), Faith bersama Sarah pindah dari The Bronx menuju Mount Vernon, Virginia. Disana Faith dikejutkan dengan kedatangan wanita muda yang mengaku melahirkan anak dari Isaiah. Wanita tersebut menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan sperma Isaiah dari pihak militer USA dan sel telur dari Faith, yang kemudian ditanamkan ke rahimnya, sehingga lahirlah Josiah. Faith pun memutuskan menjaga anak tersebut, tapi demi keselamatan dirinya, anak perempuan dan anak lelakinya, Faith akhirnya meninggalkan Josiah di sebuah kereta. 

25 tahun berlalu, Faith akhirnya menjadi nenek. Saat Sarah Gail menikah lagi dan pindah ke Arizona, anak Sarah yang bernama Eli pun tinggal bersama Faith untuk menyelesaikan masa SMA-nya. Faith sendiri beberapa tahun sebelumnya bekerja sebagai seorang profesor perbandingan agama di beberapa universitas, meski saat ini sudah pensiun. Steve Rogers yang mengetahui kebenaran mengenai Isaiah dan tentara-tentara lainnya, dia pun mengunjungi Faith untuk mempelajari kebenaran ceritanya. Faith sendiri sejatinya tidak memiliki kekuatan super apapun, hanya saja dirinya terkait dengan orang-orang berkekuatan super, seperti suaminya sendiri Isaiah, dan juga cucunya Eli.

4. Josiah al hajj Saddiq

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamJosiah al hajj Saddiq di Marvel. (Dok. Marvel Comics)

Setelah tewasnya Dr. Erskine di tangan Nazi, pihak Amerika masih menginginkan untuk memproduksi lebih banyak lagi prajurit super seperti Steve Rogers / Captain America, sayangnya niat tersebut sangat sulit untuk diwujudkan karena dengan tewasnya Dr. Erskine, rahasia dari serum Super Soldier pun ikut hilang bersamanya. Pada akhirnya, Kolonel Walker Price dan Dr. Wilfred Nagel mengambil 300 tentara African-American dari Mississippi untuk menjalani eksperimen dengan banyak variasi serum. Namun hanya segelintir orang yang mampu bertahan dari proses mengerikan tersebut, dan hanya satu orang yang selamat dari misi rahasia yang dijalankan. Ia adalah Isaiah Bradley. 

Misi terakhir Bradley adalah untuk menghancurkan tempat penelitian formula Super Soldier milik Jerman serta kamp kematian Nazi di Schwarze Bitte, Jerman. Namun sebelum ia berangkat melaksanakan misinya, Isaiah mengambil kostum dan tameng milik Captain America. Meski serum Super Soldier berhasil, namun pemerintah US ingin menambah jumlah super soldier. Jadi, dibuatlah proyek kelahiran penerus Isaiah karena dampak dari serum Super Soldier, Isaiah menjadi mandul. Maka, dari sisa sampel sperma Isaiah dibuatlah bayi baru tapi yang sudah di rekayasa genetiknya dengan serum Super Soldier sejak awal, dan lahirlah bayi Josiah. Namun bayi tersebut dibawa kabur oleh ibunya agar tidak menderita sebagai prajurit super di bawah pemerintah US. 

Setelah dewasa, keberadaan Josiah pun terlacak, dan ia sempat hidup sebagai mercenary. Pemerintah US akhirnya merekrutnya untuk menggantikan Isaiah sebagai "Justice" dan Josiah mewarisi shield-nya Isaiah. Belakangan Josiah memeluk agama Islam dan bahkan sudah menjalankan ibadah haji. Saat ini orang mengenalnya sebagai Josiah X atau Josiah al-Hajj dan telah menjadi imam di Little Mogadishu, Brooklyn.

5. Abdul Al-Rahman

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamAbdul Al-Rahman (Marvel/ Abdul Al-Rahman)

Dibakar amarah karena invasi tentara Amerika Serikat ke Irak, seorang remaja asal Azerbaijan, Abdul Al-Rahman menyerahkan dirinya untuk menjadi sukarelawan sebuah perawatan medis rahasia. Ternyata, perawatan medis ini digunakan untuk mendapatkan kekuatan superhuman yang bisa memungkinkannya menyerang balik Amerika. Perawatan ini pun berhasil, dan Al-Rahman akhirnya mendapati beberapa ototnya sudah mengembang dan fisiknya menjadi lebih atletis. Dia adalah orang kedua setelah Steve Rogers alias Captain Amerika yang memberikan respon terhadap serum Super Soldier yang disuntikkan ke tubuhnya. 

Sayang, Al-Rahman tewas ketika harus berhadapan dengan Captain America meskipun sempat berhasil memojokkannya beberapa kali. Sebagai seorang yang memiliki kekuatan super, Al-Rahman memiliki beberapa kekuatan spesial, seperti mendapatkan kekuatan maksimal yang bisa dimiliki oleh manusia, mampu berlari satu mil atau sekitar 1.6 kilometer dalam satu menit, tahan dari berbagai penyakit dan pengaruh alkohol, serta memiliki kemampuan martial arts yang baik khas para pejuang Irak, namun tentu saja lebih kuat. Al-Rahman muncul pertama kali di komik Ultimates 2 #9 yang dirilis Januari tahun 2006, dan mengakhiri petualangannya pada tahun yang sama di bulan Agustus, tepatnya di komik Ultimates 2 #12. 

6. Faiza Hussain

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamFaiza Hussain (Marvel/ Faiza Hussain)

Faiza Hussain adalah seorang dokter yang bekerja di ruang gawat darurat rumah sakit London saat terjadi invasi dari Skrull. Tugasnya tentu saja adalah membantu orang-orang yang terluka di tengah konflik tersebut. Awalnya, daerah tersebut diserang oleh mesin perang Skrull, namun Dane Whitman sang Black Knight masuk ke tempat tersebut, membunuh pilot Skrull dan menghancurkannya. 

Setelah Dane selesai membersihkan area tersebut, dia lantas mengajak Faiza untuk mengecek kondisi orang-orang yang selamat. Kekuatan Faiza dikenal dengan Living Cross Section, dimana Faiza memiliki kekuatan untuk membongkar sesuatu termasuk makhluk hidup hingga ke bagian terkecilnya, memanipulasi hingga ke atom-atomnya, lantas menggabungkan bagian tersebut kembali menjadi tubuh yang utuh. Tentu saja kemampuan ini sangat berharga mengingat tugasnya sebagai seorang Dokter di tengah peperangan.

7. Kamala Khan

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamKamala Khan di Marvel Rising. (Dok. Marvel/Marvel Rising)

Ada sejumlah karakter Marvel yang beragam Islam. Namun saat ini, karakter muslim Marvel yang paling menonjol ya Kamala Khan. 

Gak tanggung-tanggung, Kamala adalah karakter muslim pertama yang menjadi bintang utama untuk bukunya. (Kamala, tentu saja, adalah bintang utama buku Ms. Marvel). Sementara karakter seperti Dust, yang sudah muncul sebelum Kamala, statusnya awamnya adalah karakter pendukung. 

Kamala di komik adalah gadis Pakistan-Amerika yang tinggal di New Jersey. Kemampuannya adalah manipulasi bentuk tubuh, yang memungkinkan dia beraksi dengan unik dan kreatif. 

8. Abdul Qamar

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamAbdul Qamar (Marvel/ Abdul Qamar)

Sang pangeran dari suku Badui, Abdul Qamar, adalah salah satu dari anggota keluarga nomaden yang hidup dengan berdagang dari kota kekota. Suatu saat dia mencari tempat berlindung di makan bawah tanah, dan disana Qamar menemukan sebuah pedang melengkung sihir dan karpet terbang yang ternyata adalah milik leluhurnya di abad ke-13, yang juga seorang nomaden. 

Qamar pun memutuskan untuk meneruskan tradisi sang leluhur dengan bertarung melawan kejahatan sebagai Arabian Knight. Dengan kekuatan barunya, Qamar pun menjadi salah satu anggota spesial untuk organisasi mata-mata internasional, SHIELD. Tugas pertamanya disana adalah menginfiltrasi agen manusia super yang bekerja untuk Iraq saat terjadi perang infiltrasi Irak dan Kuwait. Disana Dia dihadang sekelompok penjahat bernama Desert Sword. 

Qamar juga nantinya menghentikan seorang tentara yang dikenal dengan nama Sandstorm. Setelah semua kejadian itu, Qamar pun kembali ke Arab Saudi dan tetap bekerja sebagai seorang Arabian Knight. Hanya saja dia akhirnya meninggal saat suatu entitas bernama Humus Sapien bangkit dan menyedot kehidupan dari orang-orang secara acak, salah satunya adalah jiwa Qamar. 

9. Dagan Shah

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamDagan Shah (Marvel/ Dagan Shah)

Sedikit latar belakang dari Dagan Shah, ia adalah seorang pemimpin pemberontak, ia kemudian ditangkap oleh tentara Qatar, tapi dengan cepat ia dapat melarikan diri dengan melepas granat dari mulutnya. Suatu ketika ia menemukan teknologi Rigellian yang telah lama hilang, dan dengan kekuatannya ia mengubah tiga ilmuwan menjadi hambanya. 

Setelah itu, ia pun mulai membuat dan menjual senjata pemusnah untuk kelompok-kelompok teroris lokal. Keuntungan dari bisnis senjatanya, ia gunakan untuk mendanai proyek pemisahan Libya dan Mesir yang dinamai Shahrzad. Karakter Dagan Shah pertama kali diperkenalkan di komik Hulk Vol 2 #42, Hulk of Arabia Part One yang dirilis pada Desember 2011. 

10. Veil (Desert Sword)

10 Karakter Marvel Universe yang Beragama IslamVeil (Marvel/ Veil)

The Veil adalah salah satu anggota dari tentara bayaran Irak yang dikenal dengan nama Desert Sword. Desert Sword direkrut untuk menghentikan Freedom Force dari usaha untuk menyelamatkan seorang peneliti Jerman yang saat itu tengah ditahan di Kuwait. The Veil sendiri adalah seorang Mutan, yang memiliki kemampuan untuk membangkitkan gas kimia. Veil bisa mengeluarkan bahan kimia dari kulitnya yang kemudian dikombinasikan dengan udara dan menghasilkan sebuah asap hijau yang sangat tebal. 

Dia dapat mengontrol asap ini untuk menghasilkan beberapa efek, seperti mengaburkan pandangan musuh, membuat musuh merasa tidak nyaman dan tersedak, serta membantu Veil untuk melayang. Pertama kali Veil muncul dalam komik New Mutants Annual #7 pada tahun 1991, dan mengakhiri kiprahnya di dunia komik tahun yang sama lewat X-Factor Annual #6.

Itulah 10 karakter Marvel Universe yang beragama Islam. Diantara 10 karakter di atas, ada karakter favoritmu?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU