Duniaku Checkpoint: Liputan Premiere The Conjuring Bersama Movies Explorer dan JAKK Inc.

Jum’at kemarin, bertempat di Studio XXI Plaza Indonesia, Duniaku kembali menggelar event nobar premiere film di bioskop. Film yang kali ini dipilih adalah The Conjuring dan kita kembali bekerja sama dengan komunitas Movies Explorer serta satu komunitas lagi yaitu JAKK Inc. sebuah komunitas pecinta horror dan setan. Untuk premiere kali ini jumlah undangan tidak sebanyak premiere-premiere sebelumnya, terlihat dari pemilihan studio yang lebih kecil dari sebelumnya.

Film dimulai tepat pukul 19:00 dan para tamu undangan langsung memenuhi studio 3 di XXI Plaza Indonesia. Film dimulai dengan alur yang cukup membuat para penonton terhenyak. Menit-menit awal The Conjuring sudah memberikan shock therapy dengan kehadiran roh jahat melalui medium sebuah boneka. Kehadiran boneka yang bernama Annabelle ini cukup memberikan ekspresi yang cukup kuat bagi para penonton, padahal, boneka ini bukan ‘tokoh’ utamanya loh. Secara singkat, The Conjuring menceritakan penyelidikan duo paranormal investigator, Ed dan Lorraine Warren dalam menyelidiki suatu kasus yang melibatkan satu keluarga yang baru saja pindah ke rumah baru di daerah pertanian. Teror yang mereka alami sangat mengerikan hingga memaksa mereka untuk tidur bersama-sama di ruang keluarga dan bukan di kamar tidur mereka lagi. Kekuatan jahat yang menyelimuti rumah tersebut ternyata sangat lah kuat sehingga Ed dan Lorraine Warren pun mengalami kesulitan dalam menanganinya. Hal ini juga lah yang menjadikan kasus di Harrisville menjadi salah satu kasus terberat Ed dan Lorraine. Memang, The Conjuring sejatinya diambil dari kisah nyata penyelidikan Ed dan Lorraine.

The Conjuring sukses membuat takut seisi studio dan hampir semua bangku di pojok barisan terlihat kosong karena tidak ada yang mengisi. Adegan horror yang dibesut James Wan memang luar biasa, sama sekali tdak seperti film horror lainnya. Berkali-kali para penonton berteriak dan menjerit kaget di dalam studio. Sesudah film selesai pun para penonton tampak enggan berjalan sendirian ketika keluar dari studio. Beberapa penonton pun memberikan komentar mereka:

Aruga Perbawa (JAKK Inc.):

The Conjuring asik untuk ditonton, secara keseluruhan sound adalah bagian yang paling oke. Untuk cerita sepertinya metode yang digunakan masih sama, 1 keluarga dengan rumah baru yang ternyata berhantu. Tapi karena memang diambil dari kisah nyata jadi tidak terlalu masalah. Bagian mengagetkannya pun dibuat dengan sangat cerdas, psikologi penonton benar-benar dipermainkan di film ini.

Lasti Abidin (Warner Brothers Indonesia):

Untuk saya, The Conjuring adalah salah satu film horror terbaik dalam beberapa tahun ini. Alur dan kecepatan cerita yang dibawakan pas, tidak terlalu cepat sehingga membuat penonton bertanya-tanya maupun tidak terlalu lambat sehingga membuat penonton bosan. Berbagai macam kejadian di dalam film ini  pun menurut saya cukup disturbing, saya yakin akan banyak orang yang sudah menonton film ini akan merasa kesal setiap mendengar suara tepukan tangan orang lain. Saya rasa juga efek ngeri yang didapatkan dari menonton film ini adalah karena berdasarkan kisah nyata, sehingga semua yang ada di dalam film menjadi terasa sangat nyata karena memang terjadi pada orang sungguhan.

Galih Aristo (Movies Explorer Club):

The Conjuring adalah film horror yang sangat oke. mood penonton dibiarkan menggantung dan tidak diberikan kesempatan untuk bernafas lega karena hal-hal yang mengagetkan dapat kapan saja terjadi. Ini juga yang menjadi kekuatan The Conjuring, penonton tidak pernah tau kapan setan atau sesuatu akan muncul dan menyerang. Tidak seperti film horror pada umumnya, di saat penonton mengira akan ada sesuatu yang menakutkan muncul ternyata malah tidak terjadi apa-apa. Film ini sangat direkomendasikan bagi kalian pecinta genre horror!

Elmo dan Rendy Imandita (Pemenang kuis Twitter):

Luar biasa! The Conjuring benar-benar worth it untuk ditonton. Adegan-adegan mengagetkannya benar-benar bikin kaget, tidak bisa ditebak! Terutama bagian hand clapping, itu adalah salah satu bagian yang cukup mengesalkan karena benar-benar mengagetkan dan muncul secara tiba-tiba. Secara keseluruhan, The Conjuring adalah film yang harus ditonton tahun ini. Feel yang didapat sama ketika kita menyaksikan film-film horror klasik, tidak sulit untuk membandingkannya dengan The Exorcist. Film ini akan membuat semua yang penontonnya merasa gelisah ketika akan tidur di malam hari.

Penasaran ingin segera menonton The Conjuring?  Tenang saja, film ini akan segera rilis tanggal 26 Juli besok, pastikan kamu tidak ketinggalan ya!


SHARE
Previous articleSDCC 2013: Phineas and Ferb Bertemu Star Wars dalam Episode Crossover Spesial!
Next articleSDCC 2013: Versi Film Warcraft Resmi Dikonfirmasikan, Mulai Syuting Tahun 2014!
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.