SDCC 2013: Phineas and Ferb Bertemu Star Wars dalam Episode Crossover Spesial!

Disney menunjukkan taringnya setelah mengakuisisi LucasFilm dan Star Wars. Mereka mulai “mencampur aduk” franchise Star Wars dengan franchise milik mereka lainnya dalam sebuah crossover, salah satunya dengan film animasi Phineas and Ferb. Ya, dalam San Diego Comic Con (SDCC) 2013 kali ini, Disney mengkonfirmasikan bahwa Phineas and Ferb akan bertemu dengan para karakter Star Wars dalam sebuah episode spesial!

Hal ini disampaikan langsung oleh sang kreator dan Produser dari film animasi tersebut, Dan Povenmire dan Jeff Marsh. Dalam episode spesial berdurasi satu jam dan akan ditayangkan tahun depan di Disney Channel ini, mereka akan menempatkan Phineas and Ferb dalam satu waktu dan tempat yang sama dengan dunia Star Wars. “May The Ferb be With You. Kami sudah bermimpi selama satu dekade untuk mendapatkan kesempatan bekerja dengan karakter-karakter dan kisah hebat dari Star Wars ini!” ungkap Dan dengan antusias.

Episode ini nantinya mengisahkan Phineas and Ferb yang hidup bahagia di Tatooine, planet yang sama dengan yang ditinggali oleh Luke Skywalker. Mereka berdua senang berpetualang dan hidup dengan damai di bawah dua matahari yang selalu menerangi Tatooine. Namun, kehidupan mereka mulai berubah saat terlibat dalam aksi tentara Rebel Alliance yang memiliki tujuan untuk meledakkan Death Star. Untuk itu, mereka pun harus berkelana untuk mencari seorang pilot yang bisa membawa mereka bergabung dengan Rebel Alliance. Situasi menjadi lebih rumit setelah saudara perempuan mereka, Candace ikut mengejar mereka ke seluruh galaksi guna mendapatkan rencana penghancuran Death Star dari tangan mereka.

Di sisi lain di Death Star, Dr. Darth Enshmirtz sudah membuat sebuah Sith-inator berkekuatan Force yang dia rencanakan untuk menjadi senjata melawan Rebel Alliance. Agent P yang bekerja secara diam-diam untuk Rebellion ditugaskan untuk menghentikannya, namun sayang harus terjebak dalam carbonite. Akhirnya, keadaan menjadi terbalik dan semakin rumit setelah Ferb secara tidak sengaja terkena sinar Sith-inator dan berubah menjadi seorang Sith yang jahat. Bagaimana kelanjutan episode spesial ini?

Tentu saja, crossover antara Star Wars dengan franchise lain bukan yang pertama dalam Phineas and Ferb ini, karena sebelumnya Angry Birds sudah melakukan crossover serupa dengan Angry Birds Star Wars yang tahun ini akan menelurkan sekuelnya. Prediksi penggemar Star Wars mengenai akuisisi dari Disney ini pun perlahan-lahan semakin mendekati kenyataan, dimana Disney rupanya sangat berupaya agar Star Wars lebih dikenal oleh semua lapisan umur, termasuk oleh anak-anak. Angry Birds dan Phineas and Ferb adalah bukti kongkritnya.

Di Indonesia sendiri, beberapa episode Phineas and Ferb juga pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta setiap Minggu pagi pukul 07.00. Setelah crossover dengan Phineas and Ferb, apa lagi ya yang akan dilakukan oleh Disney untuk Star Wars? Untuk Episode VII sendiri, Disney sudah mengkonfirmasikan bahwa film tersebut akan dirilis pada 2015 mendatang dengan disutradarai oleh J.J Abrams.

[Sumber: Movieweb]