Hari Anak Nasional: Deretan Game Edukasi Mobile Pilihan untuk Anak

Bahkan Google pun merayakan Hari Anak Nasional dengan Doodle-nya

Hari ini, tanggal 23 Juli 2013 selalu kita peringati sebagai Hari Anak Nasional. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati untuk menghormati hak-hak anak di  seluruh dunia. Hari Anak sendiri dirayakan dalam tanggal yang berbeda-beda untuk setiap negara, dimana untuk Hari Anak Internasional sendiri selalu diperingati pada tanggal 1 Juni 2013.

Salah satu hak anak di Indonesia adalah untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Selain mengenyam pendidikan di sekolah formal, banyak cara lain untuk membantu proses belajar anak, salah satunya adalah dengan menggunakan media game untuk pendidikan atau yang lebih sering kita kenal dengan game edukasi. Seluk beluk mengenai game edukasi sendiri dan seberapa penting peranannya untuk pembelajaran anak sudah pernah dijabarkan oleh Om Jas dalam salah satu materi Kuliahnya beberapa waktu lalu. Nah, menyambut Hari Anak Nasional, dalam artikel kali ini, kami memilih beberapa game dan aplikasi edukasi mobile terbaik untuk anak, baik yang dikembangkan oleh developer luar negeri, maupun yang dikembangkan oleh developer Indonesia sendiri.

Stack The Country

Link Download versi Apple iOS

Mengajari anak geografi dan mengenal berbagai nama negara dulunya mungkin adalah salah satu tugas buku Atlas atau globe. Namun kali ini, terdapat sebuah game menarik bernama Stack The Country yang dikembangkan oleh Dan Russell-Pinson. Dalam game yang mungkin pas untuk anak yang baru masuk sekolah dasar ini, terdapat banyak pertanyaan dan trivia menarik seputar negara-negara di dunia, seperti dimanakah letak sebuah landmark tertentu, atau menebak ibukota suatu negara.

Hangman

Link Download: 

Mengajari anak perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris dengan kamus mungkin membosankan. Mengapa tidak coba untuk mengajak mereka memainkan Hangman? Hangman adalah sebuah game klasik tebak menebak kata dan di pasaran sudah banyak game yang mengambil tema ini. Dua yang terbaik adalah buatan Spice untuk Android, dan buatan Finger Arts untuk iOS. Buatan Finger Arts ini menarik karena bisa mengambil kata-kata dari RSS sebuah web, sehingga semakin lama dimainkan, maka perbendaharaan katanya akan lebih banyak.

Lanjut ke halaman selanjutnya..