Nokia Luncurkan Lumia 625, Windows Phone 8 Dengan Akses 4G Untuk Kelas Menengah

Baru saja Nokia meluncurkan Lumia 1020 sebagai penerus generasi PureView pertengahan Juli kemarin, kali ini mereka mengajukan Lumia lainnya yang lebih terjangkau melalui Lumia 625. Dari kode angkanya tersebut bisa ditebak kelasnya, dan bisa diduga fiturnya mungkin pas-pasan. Namun ternyata tidak.

Windows Phone 8 terbaru Nokia ini memang ditujukan untuk kelas entry level, namun apa yang ditawarkan tidak biasa. Misalnya, bidang layarnya jauh melebihi kakaknya, Lumia 620, yang pertama kali dikenalkan akhir tahun lalu. Jika Lumia 620 hanya mengajukan ukuran 3.8-inchi, maka untuk Lumia 625 ini kamu tidak perlu canggung mengetik di layarnya, karena bidangnya cukup luas, mencapai 4.7-inchi dengan material LCD IPS, resolusi 480 x 800-pixel serta kerapatan pixel 201-ppi. Di sini juga ada lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 2, serta dibuat sangat sensitif, sehingga kamu bisa mengoperasikannya menggunakan kuku jari atau sembari menggunakan sarung tangan. Layarnya itupun juga dibuat agak melengkung  2.25 derajat, walaupun dalam beberapa press shot ofisialnya tidak diperlihatkan secara detail seberapa melengkung layar tersebut.

Untuk perangkat kerasnya, Nokia juga tidak pelit dengan Lumia 625 ini. Ada Chipset Snapdragon S4 dengan dua inti prosesor Krait yang kecepatannya 1.2 GHz, yang sayangnya RAM masih 512 MB, dipadikan 8 GB internal storage, serta masih bisa diperbesar melalui slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 64 GB. Lumia baru ini dimensinya juga lumayan kecil, hanya 133.25 x 72.25 x 9.15-mm dengan berat 159-gram, tidak terpaut jauh dengan Lumia 1020.

Di belakangnya kamu temukan kamera 5-megapixel dengan LED flash yang mampu merekam video 1080p pada 30 bingkai per detik. Kamera itu pun juga dilengkapi beberapa fitur terbaru flagship Lumia, seperti Cinemagraph, Panorama, dan juga lens Smart Camera. Kamera depannya sendiri hanya beresolusi VGA. Selain itu, ada satu mic HD yang bertugas mendukung aktivitas perekaman video. Urusan konektivitasnya, kamu bisa menemukan dual-band Wi-Fi 802.11 b/g/n, GPS dengan dukungan GLONASS dan juga Bluetooth 4.0. Untuk jaringan datanya, kamu bisa memanfaatkan koneksi quad-band GSM/GPRS/EDGE, HSPA dan yang membuatnya lebih menarik, ada dukungan 4G LTE.

Untuk menjalankan semua prosesnya, Lumia 625 pun diperkuat baterai yang sama seperti Lumia 1020, yaitu baterai 2,000mAh. Diklaim Nokia mampu membuatnya bertahan hingga 23 hari untuk standby, dengan waktu bicara hingga 15.2 jam, memutar video sampai 6.8 jam, dan untuk mendengarkan musik bisa bertahan hingga 90 jam. Nokia juga memasukkan beberapa aplikasi standar Windows Phone 8 mereka, seperti Here Drive Beta, Here Maps, Here Transit (yang memberi navigasi offline dengan panduan suara gratisan) dan Nokia Music. Mulai dijual September mendatang di China, Eropa, Asia Pacifik, India, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin dengan harga sekitar €220 (atau Rp 2.9 jutaan), dengan pilihan warna oranye, hijau, kuning, putih dan hitam. Selain itu juga cover belakangnya itu bebas dilepas untuk memudahkanmu berganti warna, fitur yang sama juga diberikan untuk Lumia 620.

Nokia memang menempatkannya sebagai bagian entry level, namun seperti Windows Phone 8 lainnya, kelas menengah bawah ini harganya pun cukup tinggi untuk kelasnya tersebut. Dan secara fitur dan desain, tidak lebih dari Lumia 620 yang layarnya diperbesar.

Tech Specs

  • Display: 4.7 inch WVGA @ 201ppi with Sunlight Readability Enhancement, High Brightness Mode, Color Enhancement and Super Sensitive Touch
  • Battery: 2000 mAh; talk time – up to 15.2 hours (3G)
  • Processor: 1.2GHz, Dual Core Snapdragon S4
  • Size/Weight:133.25 x 72.25 x 9.15 mm, 159g
  • Connectivity:USB2.0, BT 4.0+ LE, WLAN IEEE 802.11b/g/n, A-GPS and Glonass, 3.5 mm audio connector
  • Camera: 5-megapixel autofocus, LED flash, 1080p@30fps; VGA front facing camera
  • Memory: 512MB RAM; 8GB storage with support for up to 64GB SD card

Nokia Lumia 625 — enjoy the view with a big 4.7″ screen and 4G internet

[cb type=”company”]Nokia[/cb]

Sumber: Nokia, (2)


SHARE
Previous articleSamsung Dikabarkan Siapkan Galaxy Note II Dengan Prosesor Snapdragon Sekelas Galaxy S4
Next articleHari Anak Nasional: Deretan Game Edukasi Mobile Pilihan untuk Anak
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.