Samsung Dikabarkan Siapkan Galaxy Note II Dengan Prosesor Snapdragon Sekelas Galaxy S4

Sudah sebulanan ini harga phablet Samsung Galaxy Note II di pasaran Indonesia perlahan turun. Selain karena beberapa smartphone baru berukuran “raksasa” dari Samsung dirilis (duo Galaxy Mega), juga derasnya arus informasi yang menyebutkan jika Galaxy Note III yang berlayar 5.9-inchi sedang disiapkan dengan rencana peluncuran September mendatang. Namun tampaknya Samsung masih belum mau mempesiunkan Galaxy Note II. Seandainya phablet tersebut dipertahankan sampai akhir tahun nanti, seharusnya Samsung berhasil merapatkan barisan. Mereka memiliki semua segmen, mulai 4.9-inchi dengan Galaxy S4, 5.3-inchi dalam Galaxy Note, 5.5-inchi pada Note II, 5.8-inchi dengan Galaxy Mega 5.8, dan 6.3-inchi yang ditawarkan melalui Galaxy Mega 6.3.

Benar, sepertinya Samsung belum mau mempesiunkan Galaxy Note II. Sebuah hasil uji bechmark baru menunjukkan jika Samsung berniat merilis varian lain Galaxy Note II dengan chipset yang berbeda, yaitu Snapdragon 600, bukanya Exynos 4412 seperti pada Note II yang asli. Varian baru ini terlihat dari data uji benchmark AnTuTu dengan kode  N7108D. Untuk Note II yang sudah beredar di pasar internasional, kodenya adalah  N7100. Namun seperti kebiasaan Samsung menambahkan satu angka 8 pada akhir kode angka produk mereka, bisa jadi varian Snapdragon 600 ini hanya akan dirilis di China saja.

Samsung memilih Snapdragon 600 dengan empat prosesor yang clock speed-nya 1.9 GHz (seperti pada Galaxy S4 versi i9505) dan menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean. Dengan chipset tersebut, dan resolusi layar yang belum full HD, hasil uji benchmark-nya mencapai 26,901 point, jauh dibandingkan hasil benchmark AnTuTu yang mampu dicapai Note II dengan chiopset Exynos yang berada di angka 15 ribuan. Sayangnya, seandainya jadi muncul, sepertinya hanya untuk pasaran China saja. Kecuali Samsung memang menjadikan varian baru Note II ini sebagai produk baru untuk mengisi pasar menengah, yang ingin mendapatkan Note dengan spesifikasi tidak jauh berbeda dari Note III, namun dengan harga lebih murah. Pemikiran kedua tersebut membuka peluang kita mendapatkan Note II Snapdragon tersebut di pasar internasional.


SHARE
Previous articleNamco Bandai Siapkan Bundel Eksklusif Saint Seiya: Brave Soldiers
Next articleNokia Luncurkan Lumia 625, Windows Phone 8 Dengan Akses 4G Untuk Kelas Menengah
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.