Google Konfirmasikan Android 4.3, Kini Dengan Batasan Profil, OpenGL ES 3.0 dan Smart Dial

Agenda utama event Google kemarin adalah Android 4.3 Jelly Bean, upgrade minor Android 4.2. Meskipun bukan revisi besar, namun ada banyak fitur baru yang dimasukkan Google di sini, seperti batasan profil, dukungan Bluetooth Smart (atau Bluetooth Low-Energy), hingga efek grafis 3D terbaru melalui OpenGL ES 3.0. Android 4.3 ini seharusnya mulai di-push oleh Google untuk para Nexus hari ini (Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10, dan mungkin yang di Indonesia baru mendapatkannya belakangan), dan all-new Nexus 7 langsung built in, serta smatphone dengan label Google Play juga akan menyusul mendapatkan Android 4.3.

Restricted Profile untuk Tablet

Tablet yang portable dan rungan ideal digunakan bersama-sama oleh beberapa pengguna, misalnya dalam satu keluarga. Karena itu Google mengenalkan fitur beberapa user bersamaan bisa mengakses tablet yang sama. Setiap pengguna mendapatkan ruang terpisah, dan bebas mengkustomisasi penampilan tablet untuk profil mereka sendiri, mulai lockscreen hingga wallpaper, pengaturan aplikasi dan juga foldernya.

Namun dalam Android 4.3, Google sedikit memberi batasan untuk kebebasan multi user tersebut dengan restricted profile, yang mengijinkan kita mengatur apa saja yang bisa diakses user lain, aplikasi atau content, bisa kamu atur penggunaannya. Restricted profile ini bisa digunakan dalam beberapa situasi. Misalnya, sebagai pengganti fungsi parental control, sehingga anggota keluarga tertentu, anak-anak khususnya, bisa dihalangi mengakses content yang kurang cocok untuk usia mereka, misalnya, kamu bisa menghindarkan mereka mengakses browser misalnya. Penerapan lainnya, toko retail bisa menggunakan tablet sebagai Kiosk untuk menampilkan informasi produk, atau toko bisa memanfaatkannya untuk menerapkan sistem point of sale, sehingga hanya fungsi yang berkenaan dengan posisi tablet tersebut saat itu yang bisa diakses. Tidak perlu kuatir orang lain bisa iseng mencoba fungsi atau aplikasi lainnya. Fitur ini sama seperti mode Guest yang diterapkan Sony untuk tablet mereka.

Bluetooth Smart Support (atau Bluetooth Low-Energy)

Sensor kesehatan dan perangkat lain yang menggunakan teknologi Bluetooth Smart membuka lebih banyak fungsi aplikasi mobile yang lebih maju. Bluetooth Smart meminimalkan penggunaan tenaga baterai, sambil mengukur dan mengirimkan data, membuat kedua sensor Bluetooth yang terhubung, dan juga smartphone atau tablet yang berhubungan lebih efisien penggunaan baterainya. Tinggal menunggu banyak developer memaksimalkan Bluetooth Smart ini untuk aplikasi yang mendukung.

Akselerasi Gafis 3D dengan OpenGL ES 3.0

Dimulai dengan Nexus 7, Google memasukkan dukungan OpenGL ES 3.0, standar baru pemrosesan akselerasi grafis 3D. Beberapa efek grafis baru bisa diterapkan melalui OpenGL versi baru ini.

Dial pad Autocomplete

Jika sebelumnya smart dial yang berfungsi membantu kita mencari data kontak yang ingin dihubungi dengan hanya menekan beberapa tombol hanya eksis melalui beberapa tipe smartphone saja, maka kini Google memasukkannya sebagai satu fitur baru stock Android 4.3. Kamu tinggal sentuh beberapa angka atau huruf yang mewakili nama kontak dan nomor mereka untuk memberi akses cepat ke kontak tersebut melalui daftar yang disarankan auto complete. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka setting aplikasi phone dan aktifkan “Dial pad autocomplete”.

Perbaikan untuk Layout Hebrew, Arabic, dan Hindi

Google juga sedikit merubah tampilan layout dengan teks yang harus dibaca dari kanan-ke-kiri untuk banyak bagian antar muka, seperti dialer, home dan lock screen, setting, dan banyak lagi lainnya. Dukungan layout ini ditujukan untuk mereka yang menggunakan Android dalam bahasa Ibrani dan Arab. Selain itu , Google juga menambahkan dukungan bahasa Hindi, Afrikaans, Amharic, Swahili, dan Zulu.

Dan berikut daftar lengkap update yang diberikan Google melalui Android 4.3:

Audio

  • Virtual surround sound – enjoy movies from Google Play with surround sound on Nexus 7 (2013 edition) and other Nexus devices. Surround sound is powered by Fraunhofer Cingo™ mobile audio technology.

Dial pad

  • Autocomplete – just start touching numbers or letters and the dial pad will suggest phone numbers or names. To turn on this feature, open your phone app settings and enable “Dial pad autocomplete.”

Graphics

  • OpenGL ES 3.0 – Android now supports the latest version of the industry standard for high performance graphics.
  • Wireless Display for Nexus 7 (2013 edition) and Nexus 10 – project from your tablet to a TV.

Internationalization and localization

  • Additional language support – Android is now translated in Africaans, Amharic (አማርኛ), Hindi (हिंदी), Swahili (Kiswahili), and Zulu (IsiZulu).
  • Hebrew, Arabic, and other RTL (right-to-left) – now supported in the home screen, settings, and Phone, People, and Keep apps.

Keyboard & input

  • Easier text input – an improved algorithm for tap-typing recognition makes text input easier.
  • Lower latency input for gamepad buttons and joysticks.

Location

  • Location detection through Wi-Fi – use Wi-Fi to detect location without turning on Wi-Fi all the time.

Networking

  • Bluetooth Smart support (a.k.a. Bluetooth Low-Energy) – devices like Nexus 4 and Nexus 7 (2013 edition) are now Bluetooth Smart Ready.
  • Bluetooth AVRCP 1.3 support – display song names on a car stereo.

Settings

  • Disabled apps tab – check which apps are disabled in Settings > Apps.

System

  • Restricted profiles – put your tablet into a mode with limited access to apps and content.
  • Setup wizard simplification – getting started on Android is easier thanks to the ability to correct previous input, and because of streamlined user agreements.
  • Faster user switching – switching users from the lock screen is now faster.
  • Enhanced photo daydream – navigate through interesting albums.

DevBytes: Restricted Profiles in Android 4.3

DevBytes: Bluetooth Low Energy API in Android 4.3


SHARE
Previous articleGeneru Celtas, Monster Serangga Raksasa Baru di Monster Hunter 4
Next article[Kuliah Om Jas] Apa itu Rating Game?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.