Indonesia Game Show 2013, Pameran Game Terbesar di Indonesia Siap Digelar!

Setelah sukses dengan penyelenggaraannya tahun lalu, pameran ­game terbesar di Indonesia yang bertajuk Indonesia Game Show (IGS) kembali digelar tahun ini. IGS 2013 siap diselenggarakan oleh Majalah GameStation dan Rapture Gaming Singapura pada tanggal 6-8 September 2013 di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta. Sama seperti perhetalan tahun sebelumnya, IGS 2013 akan menghadirkan berbagai acara menarik seperti kompetisi game berbagai platform, talk show, lomba fotografi dan lain-lainnya yang tentunya membuat acara ini sayang untuk dilewatkan.

Acara utama dalam IGS 2013 adalah kompetisi e-sport yang sudah diakui di dunia Internasional. Tiga kompetisi utama berskala internasional siap digelar dalam IGS 2013 yaitu World Cyber Game (WCG) 2013 Road to China, Electronic Sport Cyber Game (ESWC) 2013 Road to Paris dan Asian Cyber Games (ACG) 2013 Road to Singapura. Untuk game yang dipertandingkan adalah CrossFire (untuk WCG 2013), DotA (untuk ESWC 2013), Counter Strike Global Offensive (untuk ACG 2013), Tekken Tag Tournament 2, Point BlankPES 2013 dan Mobile Games Championship. Selain tiga turnamen utama tersebut pengunjung bisa mengikuti kompetisi lain yang diadakan oleh para game publisher yang meramaikan acara ini seperti LOL dan HON dari Garena Indonesia dan launching game online baru dari Qeon Interactive.

Para pemenang kompetisi e-sport akan dikirim keluar negeri untuk bertanding melawan juara-juara kompetisi dari berbagai negara di Grand Final, meliputi Kunshan China (bagi pemenang WCG 2013); Paris (ESWC 2013); Singapura (ACG 2013), dan ditambah dengan hadiah total ratusan juta rupiah. Untuk WCG sendiri, tahun ini adalah kedua belas kalinya diadakan di Indonesia, dimana pada tahun 2011 Indonesia menjadi tuan rumah untuk WCG Asian Championship yang dihadiri 14 negara. Sedangkan ESWC, sudah diadakan ke delapan kalinya di Indonesia. Terakhir, ada ACG yang merupakan salah satu kompetisi Asia tertua diadakan untuk yang kedua kalinya di Indonesia.

Selain kompetisi game, acara ini juga ditujukan untuk mendorong dan mendukung perkembangan game development di Indonesia. Oleh karena itu para penyelenggara juga telah menyiapkan talk show untuk komunitas pecinta game agar lebih dekat dan mengetahui lebih jauh tentang perkembangan di dunia game saat ini. Salah satunya adalah Talk show yang menghadirkan Shuji Utsumi, dari Q Entertainment Jepang yang dikenal merupakan salah satu kreator game-game populer seperti Crash Bandicot, Sakura Wars, dan Kingdom Hearts. Shuji Utsumi menurut rencana akan membawakan talk show dengan tema “How to make high quality and high resale value games?” yang akan membeberkan tips dan trik bagaimana membuat sebuah game yang berkualitas tinggi dan laris di pasaran. Selain itu, akan hadir pula Mr. Sean Kim yang merupakan Bizdev Advisor PT. Qeon Interactive yang memiliki pengalaman di perusahaan game Windysoft Korea.

Selama tiga hari diselenggarakannya IGS 2013 akan diadakan juga GameStation Game Developer Award yang dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Profesional dan Amatir dengan hadiah puluhan juta rupiah. Award ini diberikan dengan tujuan agar para game developer lokal mempunyai wadah untuk mengapresiasi dan menyalurkan karya mereka serta dinilai oleh juri-juri yang berpengalaman di bidang game industri. Beberapa perusahaan yang sudah siap untuk berpartisipasi dalam Indonesia Game Show 2013 adalah GARENA Indonesia, Qeon Interactive, Lyto, Megaxus, Kreon, Asiasoft, Gameweb, Logitech, BenQ, Mugen, Astrindo-Cooler Master, Nvidia, Kingston, TP-Link, Vandaria, Artoncode dan beberapa perusahaan lain.

Dalam pernyataan resminya, CEO PT. Megindo Tunggal Sejahtera Mr. Wendy Vega mengungkapkan harapannya agar IGS 2013 ini bisa memajukan industri game di tanah air. “Semoga dengan event Indonesia Game Show ini, bisa menjadi jembatan penting antara game developer dengan para pebisnis dan pencari bakat untuk memajukan industri game di Indonesia. Game bukan hanya alat untuk hiburan semata, industri gaming di sebuah negara bisa menjadi sebuah kekuatan penting yang mendukung kemajuan ekonomi kreatif sebuah negara,” tulisnya.

Sudah siap menyambut IGS 2013? Ayo ramaikan Jakarta Convention Center Senayan dengan kehadiran dan partisipasimu!