Sony Kembali Menebar Janji Upgrade ke Versi Baru Android Jelly Bean

Google mengumumkan update Android 4.1 Jelly Bean pertengahan tahun lalu, tepatnya akhir Juni 2012. Dan kemudian menyusul tiga bulan kemudian, Sony mencoba menenangkan kagalauan pengguna Xperia, dengan melepas janji bahwa mereka akan segera memberikan update OS untuk beberapa tipe Xperia terbarunya. Yah, walaupun ada yang sangat terlambat, seperti Xperia Ion.  Namun sehari pasca Google mengumumkan update Android 4.3, Sony Mobile lebih sigap, dan mereka menebarkan janji update Android 4.3 untuk beberapa tipe kelas atasnya.

Yang dipastikan mendapatkan update Android 4.3 antara lain Xperia Z, Xperia ZL, Xperia ZR, Xperia SP dan Xperia Z Ultra. Sedangkan untuk kelas tablet, hanya Xperia Tablet Z saja yang sepertinya dianggap layak mendapatkan Android terbaru tersebut. Sementara ini Sony sendiri juga masih progress mem-push update Android 4.2 Jelly Bean untuk Xperia Z dan Xperia ZL, sedangkan mulai awal Agustus nanti, Xperia ZR dan Xperia Tablet Z juga akan mendapatkan Android 4.2.

Beberapa smartphone Xperia yang masih tertahan di Android 4.1 tidak diungkapkan dengan pasti. Sony hanya menyebutkan jika mungkin saja mereka akan membuat smartphone lama dengan Android 4.1 melompati 4.2, dan langsung mendapatkan Android 4.3. Sony pun juga menjelaskan prosedur upgrade tersebut melalui post di blog mereka di sini, yang terlihat memang jalannya cukup panjang, sehingga wajar untuk smartphone atau tablet Sony sendiri, khususnya tahun kemarin, updatenya bisa dikatakan juga lambat… yah, setidaknya dibandingkan Samsung. Namun semoga saja kali ini Sony memenuhi harapan banyak penggemar Xperia, terutama mereka pengguna flagship dari tahun 2011, yang masih saja tertahan di OS yang lama.

AOSP 4.3 running on Xperia Tablet Z

Wujud janji ini memang masih perlu diuji. Namun Sony tampaknya serius, bahkan mereka sudah melepas ROM AOSP (open source project) ofisial untuk Xperia Tablet Z. Karena memang ROM ini muncul sehari pasca konfirmasi Android 4.3 dari Google, sehingga tidak semua fungsi OS baru tersebut bisa dijalankan. Yang pasti, Tablet Z langsung bisa memanfaatkan fitur multi-profile. Kamu pengguna Xperia Tablet Z bisa mencoba ROM beta yang pure stock Android tersebut dari link ini. Petunjuk dan cara flash-nya pun dijelaskan di sana.

Sumber: Sony, Developer Sony


SHARE
Previous articleBlackBerry A10 “Aristo” Kembali Mencuri Perhatian, Terlihat Lebih Tinggi dan Lebar dari Z10
Next articlePhoenix Wright: Ace Attorney Dual Destinies Dapatkan DLC dan Bonus Kostum Pertama
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.