Google Diduga Memberikan Chipset Snapdragon 600 Untuk Nexus 7

Minggu lalu Google mengadakan event tunggal, dan salah satu bintangnya adalah Nexus 7 versi baru, yang saat itu dilaporkan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro, atau sama seperti pada Nexus 4. Pasca tablet murah Google itu dirilis, dan banyak pihak berhasil “membongkar” perangkat kerasnya, ternyata diketahui jika yang digunakan di dalam Nexus 7 justru Snapdragon 600 yang diturunkan kecepatannya!

Yup, sepertinya tablet baru Google ini makin menarik saja. Selain murah, ternyata konfigurasi hardware-nya menipu. Bukan lebih buruk, justru lebih baik. Menurut Anandtech, yang sudah mendapatkan unitnya dan melakukan inspeksi lebih dekat pada perangkat keras di dalam Nexus 7 tersebut, chipset yang digunakan berbeda dari Snapdragon S4 Pro biasanya. Justru lebih mirip Snapdragon 600, namun dengan kecepatan prosesor yang lebih lambat.

Secara resmi memang Google menyebut tablet mereka ini ditenagai Snapdragon S4 Pro, dan Qualcomm pun juga sama, menyebut chipset di dalamnya seperti yang mereka sediakan untuk Nexus 4. Hanya saja S4 Pro yang digunakan di sini memiliki kode APQ8064–1AA, dan jenis prosesornya Krait 300 yang biasa digunakan untuk Snapdragon 600, bukanya Krait 200 seperti pada Nexus 4. Selain itu jenis memory-nya pun berbeda. Untuk Nexus 7 2013 ini, ada 2GB DDR3L-1600MHz SDRAM, bukanya LPDDR2 RAM seperti pada Nexus 4.

Karena beberapa perbedaan tersebut, sumber kami menyimpulkan jika chipset dengan kode APQ8064–1AA yang ada dalam Nexus 7 tersebut adalah Snapdragon 600, yang kecepatannya diturunkan menjadi 1.5GHz. Seharusnya Snapdragon 600 yang biasa kita temukan melalui LG Optimus G Pro, HTC One dan Samsung Galaxy S4 tersebut kecepatan prosesor standarnya di atas 1.7GHz. Karena itulah, mungkin Qualcomm memutuskan menyebut chipset dalam Nexus 7 ini bukan APQ8064 seperti Snapdragon S4 biasanya, melainkan Snapdragon S4 Pro dengan kode APQ8064–1AA.

Seandainya benar Nexus 7 generasi 2 ini menggunakan Snapdragon 600, otomatis menjadikannya sebagai gadget paling worth it tahun ini, dengan harga varian terendahnya hanya US $230 untuk 16 GB, dan 32GB-nya menjadi $270. Melihat patokan harga Nexus 7 generasi pertama yang masuk Indonesia, untuk varian terendahnya menjadi 3 jutaan. Bandingkan saja dengan gadget yang menggunakan chipset Snapdragon 600 lainnya di pasaran. Yang beredar resmi di Indonesia, LG Optimus G Pro dan HTC One saja masih ditawarkan dengan harga Rp. 6 jutaan! Sekarang tinggal berharap, Nexus 7 baru tersebut segera masuk Indonesia, dan versi 3G-nya pun juga tidak melambung terlalu jauh dari harga di luar sana yang berkisar $350 saja.

Sumber: Anandtech


SHARE
Previous articleReview: Riptide GP 2 Android dan iOS Kini Hadir Dengan Lebih Banyak Gerakan Stunt
Next articleReview: K-Touch Lotus II, Sarana Mobile Gaming Terbaik Dengan Harga Terjangkau
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.