Melihat Lebih Dekat Kostum Lightning dan Fitur Kustomisasinya di Lightning Returns: Final Fantasy XIII

Pada tanggal 27 Juli 2013 kemarin, Square Enix mengundang 180 anggota Play Community dalam pertemuan premium untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII (LR: FF XIII) yang berkolaborasi dengan Sony Computer Entertainment Japan. Tim pengembang LR: FF XIII, termasuk sang produser Yoshinori Kitase dan sutradara Motomu Toriyama, hadir dalam acara tersebut untuk memberikan beragam detail informasi terbarunya.

Kostum Yuna

Dalam acara ini, Square Enix memperlihatkan kostum Yuna untuk Lightning (dari FF X) dalam permainan, yang disebut dengan Summoner of Spira selama pertarungan berlangsung. Lengan bajunya terlihat lembut dan bergerak dengan indah seiring pergerakan Lightning, serta pose kemenangannya mirip dengan Yuna yang menunduk dengan sopan dan lemah lembut.

Dua Kostum Lightning Sebelumnya

Lightning bisa mengenakan kostum 1st Class Soldier milik Cloud dari FF VII dan kostum ras Mi’qote dari FF XIV: A Realm Reborn. Ternyata Lightning juga akan mendapatkan dua kostum sebelumnya kembali di sini. Ya, kamu dapat memakaikan kostumnya di FF XIII dan FF XIII-2. Hanya saja kamu membutuhkan save data dari dua game sebelumnya tersebut untuk bisa mengaksesnya.

Kustomisasi Warna Kostum

Selain warna aslinya, kamu bisa mengkustomisasi kostum-kostum Lightning dengan beragam set warna yang ada. Semisal untuk kostum Ambivalence (kostum pertama Lightning di game ini), kamu bisa mengkustomisasi bagian utama, garis-garis, dan kantongnya. Atau untuk kostum Nocturne, bagian seperti aksesoris, dalaman, jubah, dan sepatu boot-nya bisa kamu kustomisasi. Tiap bagian kostum juga bisa kamu utak-atik warnanya. Kamu bisa memilih dari palet warna yang telah tersedia, atau dari palet warna yang lebih bervariasi.

Empat Kontinen

Total ada empat kontinen yang bisa kamu jelajahi di LR: FF XIII ini. Pertama adalah Luxerion, sebuah kota dengan atmosfer religius yang kental dan Lightning mendapatkan tugas untuk melakukan investigasi pembunuhan di sini. Ada dua tipe permainan yang ditawarkan, yakni Detective dan Tracking. Bagian Detective memberikan gaya permainan mengendap-endap alias sembunyi-sembunyi, sedangkan bagian Tracking memberikan gaya permainan yang lebih aktif.

Kedua adalah Dead Dunes, padang pasir yang luas dan tidak banyak bangunan di dalamnya. Tapi tidak hanya pasir yang kamu temui di sini, karena jauh di dalam pasir terkubur reruntuhan relik-relik kuno. Ketiga adalah Yusnaan, kota berkilau dan tempat kamu bertemu dengan Snow. Banyak tempat-tempat menarik di sini, tapi kamu juga harus memperhatikan waktu yang tersisa jika ingin menjelajahi semuanya.

Kontinen keempat, The Wildlands, yang hingga sekarang belum diberi tahu detailnya. Kabarnya kontinen ini memiliki lansekap alam yang luas dan memberikan kebebasan lebih untuk menjelajahinya. Bahkan kamu bisa mengendarai Chocobo untuk berkeliling di sini.

Toko-toko

Tidak seperti dua game sebelumnya, di sini ada banyak toko yang muncul. Seiring berjalannya waktu dalam permainan, jenis produk yang tersedia dalam toko akan berubah. Ada lebih dari 100 jenis toko di sini. Lightning hanya bisa membawa enam item saat permulaan permainan, tapi akan terus bertambah seiring berjalannya permainan.

Kembalinya Vanille

Vanille, sama halnya seperti Fang, Snow, dan Hope, dikonfirmasikan akan kembali muncul di sini. Dia rupanya dilindungi oleh kelompok religius di Luxerion bernama Salvation Council. Tapi masih belum ada detail lebih lanjut mengenai dirinya.

Musuh dan Tingkat Kesulitan

Ada beberapa musuh yang bahkan para pemain tester ahli pun menyebutnya sebagai musuh yang “impossible” alias tidak mungkin dikalahkan. Kali ini Square Enix angkat bicara mengenai area-area baru untuk dijelajahi setelah menyelesaikan game-nya dalam New Game Plus. Tingkat kesulitan musuh di area-area baru tersebut masih sedang diseimbangkan. Dengan kustomisasi equipment dan senjata, kekuatan Lightning akan bervariasi dalam pertarungan. Di antara pemain tester Square Enix, ada beberapa pemain yang telah mengalahkan boss terakhirnya hanya dalam waktu 50 detik.

Ukuran (Maaf) Dada Lightning

Sebuah pertanyaan tak terduga ditujukan pada tim pengembang saat berada di event E3 2013, yakni “Apakah ukuran (maaf) dada Lightning berubah dari cup C menjadi cup D semenjak dua game pertamanya?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Square Enix mengkonfirmasikan bahwa faktanya mereka memang mengubah ukuran (maaf) dada Lightning. Karena ada beberapa kostum yang menampilkan sedikit belahan (sekali lagi maaf) dada Lightning, sehingga pilihan ini diambil untuk bisa menampilkan kostumnya dengan lebih bagus. Dan juga dengan adanya lebih dari 80 tipe kostum yang ada, hal ini sedikit menjadi motivasi bagi Square Enix.

Pertanyaan Lainnya

Pertanyaan1 (P1): Saya pikir salah satu nilai atraktif Lightning adalah ketiaknya. Apakah akan ada kostum yang menampilkan bagian tersebut sebagai pose kemenangannya?
Jawaban1 (J1): Sesuatu yang menampilkan ketiaknya…? Sebenarnya ada beberapa set kostum yang seperti itu. Kami yakin kamu akan menyukainya.

P2: Pada layar toko aksesoris, saya tidak melihat adanya anting-anting atau item-item kecil lain yang sepertinya bisa dipakai oleh Lightning…
J2: Kita sekarang masih dalam tahap pengembangan akhir, jadi kita akan melihat hal tersebut nantinya.

P3: Apakah akan ada arena di sini seperti halnya di FF XIII-2?
J3: Ya. Akan ada arena di mana kamu bisa melawan monster-monster kuat di dalamnya.

P4: Saya tahu kalian mengatakan bahwa ada sistem waktu di game ini, tapi apakah akan ada item seperti Excalibur II dari FF IX di mana kita hanya bisa mendapatkannya dalam satu waktu tertentu di dalam permainan?
J4: Tidak akan ada item spesifik seperti itu, tapi kamu akan menggunakan sistem waktu untuk menjelajahi semua hal dalam permainan. Semisal akan ada quest yang harus kamu selesaikan dalam batasan waktu tertentu, atau item yang hanya bisa dibeli di paruh pertama permainan. Atau beberapa karakter di toko yang hanya bisa ditemui sekali. Dunia juga akan berubah secara konstan nantinya.

P5: Apakah kita bisa mengkustomisasi warna senjata dan perisai?
J5: kustomisasi warna senjata dan perisai tidak akan menjadi fitur di sini, tapi akan ada banyak jenis senjata yang bisa kamu kumpulkan, sekitar 70 sampai 80 jenis berbeda. Meski memang jumlah perisai yang bisa dikumpulkan lebih sedikit, tapi akan ada banyak kombinasi yang bisa dilakukan (antara pedang dan perisai).

P6: Apakah akan ada mini-game di sini?
J6: Tidak akan ada mini-game berbasis permainan kartu yang simpel di sini, tapi akan ada mini-game untuk menyelesaikan quest-quest di kontinen tertentu.

P7: Kenapa Hope di sini tetap berpenampilan muda?
J7: Terima kasih pada kekuatan para dewa sehingga Hope kembali dalam wujud anak laki-laki muda.

P8: FF XIII-2 menghadirkan banyak ending, bagaimana dengan game ini?
J8: (LR: FF XIII) ini menjadi penutup dari Lightning Saga, sehingga hanya ada satu ending saja. Di luar ini, jika kamu gagal menyelematkan dunia maka permainan pun berakhir. Adanya fitur New Game Plus akan memungkinkanmu untuk menjelajah area-area baru setelah menyelesaikan game-nya.

P9: Di FF XIII ada unsur humor di mana ketika kita menggoyangkan kontroler maka mata Lightning ikut berputar. Apakah akan ada hal seperti itu di game ini?
J9: Saya sayangnya tidak berpikir demikian. Tapi jika kamu menggerakkan Lightning menuju tembok dan membuatnya menjauh dari tembok tepat di saat terakhir, dia akan mementalkan dirinya dari tembok. Tergantung dari kostum yang dia pakai, pose mementalkan diri tersebut akan berbeda, jadi kami harap kamu akan menikmatinya.

P10: Apakah akan ada rencana DLC untuk dikombinasikan dengan kostum-kostumnya?
J10: Hal ini masih belum dipastikan. Tapi saya berpikir kamu akan bisa menikmati keseluruhan game ini dari disc yang kamu beli di toko.

P11: Saya sangat suka dengan Moogle dan Chocobo. Ada berapa jenis di sini?
J11: Ada beberapa jenis Chocobo yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya! Tapi sebelumnya kita meminta kalian untuk bersabar mengenai hal ini, karena kami akan memberitahu detailnya lebih lanjut secepatnya.

Square Enix akan merilis LR: FF XIII untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 di Jepang pada tanggal 21 November 2013. Kemudian disusul di Amerika Utara pada tanggal 11 Februari 2014, dan versi Eropa pada tanggal 14 Februari 2014.

[ Sumber : Dengeki, Game Watch, Gematsu, Gamer.ne.jp ]