Microsoft Siap Luncurkan Program Self Publishing untuk Xbox 360 di Bulan Agustus?

Sebelumnya, kita mendapatkan kabar bahwa Microsoft siap meluncurkan program self publishing bagi para developer indie yang ingin mendistribusikan game-nya di Xbox One. Self publishing sendiri artinya adalah developer bisa langsung menjual game-nya di market digital tanpa harus menggunakan jasa publisher. Nah, setelah mengkonfirmasikan self publishing untuk Xbox One, kali ini kabar baru berhembus dari markas Microsoft, bahwasanya mereka juga siap mengimplementasikan program serupa bagi developer yang ingin merilis game di Xbox 360!

Hal ini tercium dari newsletter yang dirilis oleh developer The Pinball Arcade, FarSight Studios. Dalam newsletter tersebut, FarSight Studios menyebutkan bahwa mereka mendapatkan konfirmasi dari Microsoft saat akan melakukan publishing The Pinball Arcade di Xbox Live Arcade (XBLA) tanpa menggunakan publisher. “Microsoft telah mengumumkan bahwa developer indie seperti kami sekarang bisa mempublikasikan sendiri game mereka di XBLA tanpa harus menemukan publisher yang cocok,” tulis FarSight Studios dalam newsletter tersebut. “Artinya, kami bisa membawa kembali The Pinball Arcade ke Xbox 360 melalui usaha kami sendiri, dan juga membuka pintu versi Xbox One untuk game ini di masa yang akan datang!” lanjut tulisan tersebut.

The Pinball Arcade

Usut punya usut, ternyata sebelumnya The Pinball Arcade sedikit mengalami masalah saat dipublikasikan di XBLA. Dulunya, game ini sempat ditarik peredarannya dari XBLA karena Microsoft sudah mencabut hak publishing Crave Entertainment. Crave Entertainment sendiri adalah publisher yang digandeng oleh FarSight Studios untuk mempublikasikan The Pinball Arcade di XBLA.  Dengan adanya self publishing ini, tentunya FarSight sudah tidak membutuhkan jasa dari Crave lagi untuk menjual The Pinball Arcade di XBLA.

Lebih lanjut, FarSight Studios mengungkapkan bahwa program self publishing ini nantinya bisa dinikmati mulai awal Agustus mendatang. Ketika dikonfirmasikan kebenaran berita ini, juru bicara Microsoft menolak untuk memberikan klarifikasi. “Kami belum mengumumkan secara resmi perubahan mengenai tata cara publishing di Xbox 360. Kami berencana untuk menginformasikan detail lebih banyak mengenai program self publishing di Xbox One pada event Gamescom di bulan Agustus mendatang,” tulis Microsoft dalam pernyataan resminya. Ya, seperti yang sudah dikonfirmasikan sebelumnya, Microsoft memang menjadikan ajang Gamescom yang akan dihelat di Cologne, Jerman pada tanggal 21 hingga 25 Agustus mendatang sebagai tempat untuk mengkonfirmasikan detail mengenai dukungan mereka terhadap para developer indie di Xbox One.

Apakah pernyataan dari FarSight Studios ini ada benarnya? Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari Microsoft!

[Sumber: Polygon]