Preview Fitur Multiplayer Assassin’s Creed IV: Black Flag, Kini Kamu Bisa Membuat Mode Sendiri!

Sesuai yang sudah dijanjikan Ubisoft saat perhelatan E3 2013 lalu, akhirnya awal minggu ini mereka membuka tabir fitur multiplayer dari Assassin’s Creed (AC) IV: Black Flag. Ubisoft rupanya tidak ingin main-main dalam mengembangkan fitur yang untuk keempat kalinya hadir dalam game ini (pertama kali fitur multiplayer hadir dalam AC II: Brotherhood). Hal ini ditunjukkan dengan pengerahan empat studio mereka sekaligus untuk mengembangkan fitur ini, yang jika dijumlah melibatkan lebih dari 100 orang staff. Empat studio yang dimaksud adalah Ubisoft Annecy, Bucharest, Shanghai dan Kiev.

Dua hal yang ditawarkan Ubisoft dalam fitur multiplayer AC IV: Black Flag kali ini adalah versi upgrade dari mode Wolfpack yang hadir dalam AC III lalu dan tambahan satu mode yang benar-benar baru, Gamelab. Salah satu upgrade yang disematkan Ubisoft dalam mode Wolfpack adalah adanya mode Discovery. Director dari fitur multiplayer AC IV: Black Flag, Damien Kieken mengungkapkan bahwa Discovery adalah sebuah mode layaknya mode training. Hal ini didasari keinginan Ubisoft Annecy yang ingin menghadirkan sebuah mode tutorial untuk Wolfpack, mengingat dalam AC III lalu mereka melihat banyak sekali gamer yang tertarik memainkan Wolfpack namun mengalami sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan gameplay-nya dikarenakan minimnya tutorial yang disediakan.

Mode Discovery danWolfpack bisa menampung maksimal empat pemain sekaligus yang bermain secara co-op. Intinya adalah untuk bekerja sama sebagai tim guna menyelesaikan misi-misi yang semakin lama semakin sulit dalam waktu tertentu plus mendapatkan bonus setelah menyelesaikannya. Saat kamu berada dalam mode Discovery, tujuanmu adalah untuk mendapatkan Unleashed, yaitu sebuah kondisi dimana kamu harus mendapatkan sequence setinggi mungkin dengan melakukan berbagai cara seperti membunuh sebanyak mungkin musuh, mempertahankan peti harta karun, mengalahkan musuh yang sudah mendapat pengaruh dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai mode Wolfpack dalam AC IV: Black Flag, kamu bisa menyimak videonya berikut ini.

Mode kedua yang mendapatkan fokus dalam game ini adalah Gamelab, mode yang baru diperkenalkan dalam AC IV: Black Flag ini. Ide dari mode Gamelab ini adalah pemain bisa membuat mode multiplayer sesuai dengan keinginan mereka. Ubisoft mengungkapkan, bahwa nantinya ada lebih dari 200 elemen yang bisa dikustomisasi untuk menciptakan mode baru yang bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu. “Kami sangat ingin memberikan kekuatan lebih kepada komunitas kami tahun ini. Ini adalah fitur multiplayer keempat yang pernah hadir dalam franchise AC dan kami benar-benar bertanya kepada diri kami sendiri, ‘apa yang bisa kita lakukan tahun ini untuk memuaskan komunitas, untuk membuat mereka senang?’ Salah satu jawabannya adalah memberi mereka konten, dan membiarkan mereka membuat apa yang mereka inginkan,” papar Kieken seperti dikutip dari Vg247.

[nggallery id=710]

Pemain akan memulai mode ini dengan sebuah template berdasarkan mode yang sudah ada sebelum mengubahnya sesuai keinginan mereka. Kieken memberikan contoh mode Pistolier, dimana dalam mode ini pemain hanya boleh saling membunuh dengan menggunakan pistol dan semua usaha membunuh secara melee dinonaktifkan. Hal ini tentu saja sedikit “mengubah” gameplay AC menjadi layaknya game-game TPS. Yang menarik, kamu bisa share mode yang kamu buat dalam Gamelab, meng-upload-nya ke komunitas dan jika mode buatanmu bagus serta mendapatkan rating yang tinggi, mode tersebut akan mendapatkan kesempatan dipromosikan oleh Ubisoft di dalam game.

Dengan Gamelab, kamu bisa mengkustomisasi dan membuat sendiri mode multiplayer sesuai dengan keinginanmu!

Dua inovasi yang diberikan Ubisoft ini terlihat sangat menjanjikan. Sayangnya, Ubisoft masih kukuh dengan pendirian awal mereka, dimana mereka sekali lagi mengkonfirmasikan bahwa tidak akan menyertakan naval battle dalam fitur multiplayer game ini. Sekalipun kamu bisa mengkustomisasi mode multiplayer melalui Gamelab, kamu tetap tidak bisa membuat mode yang menandingkan antar kapal bajak laut di lautan seperti yang kamu temui dalam campaign single player-nya. AC IV: Black Flag sendiri menurut rencana akan dirilis pada 29 Oktober 2013 untuk PS3, Xbox 360, dan Wii U, dilanjutkan dengan versi PC, Xbox One dan PS4 beberapa minggu kemudian.

[Sumber: VG247]


SHARE
Previous articleMari Kita Menjelajahi Akademi di Eiyuu Densetsu: Sen no Kiseki
Next articleBeragam Figure dan Action Figure Game-game Atlus di WonFes 2013
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.