Update Windows Phone 8 GDR 2 Untuk Nokia, Apa Saja yang Disertakan Dalam Paket “Amber?”

Selain kameranya, Nokia Lumia 1020 juga banyak dinanti oleh penggemar Windows Phone karena menjadi wakil kedia Lumia (setelah 925) yang mendapatkan langsung update terbaru Windows Phone 8, yaitu update PR2.0 dengan kodenama Amber. Update tersebut menjadi bagian dari paket update Windows Phone 8 GDR 2 yang sudah direncanakan oleh Microsoft meluncur akhir tahun nanti untuk semua Windows Phone 8. Memang tidak semua Lumia mendapatkannya, hanya Lumia 1020 dan juga Lumia 925 saja yang langsung keluar kotak dengan versi baru ini. Sedangkan untuk Lumia lain, harus menunggu sampai Nokia menyebarkannya melalui update OTA, yang diperkirakan datang 1 sampai 2 bulan ke depan.

Setidaknya pengguna Lumia 920, 820, 720, 620 dan 520 akan mendapatkan Amber ini begitu siap di-push secara OTA. Dan berkat Nokia yang menjadi partner terdekat Microsoft dalam memasarkan OS tersebut, jelas ada beberapa fitur eksklusif yang hanya akan dinikmati pengguna Lumia (yang pasti juga familiar di mata mereka pengguna Nokia N9 ber-OS MeeGo), dan berikut ini daftar changelog PR2.0 Amber tersebut.

  • Glance Screen: Setting untuk menunjukkan indikator Clock Charging (jam ketika kamu men-charge) / indikator low battery ketika dalam profil silent / vibra mode, night mode (merubah tampilan warna ketika malam hari). Secara default dalam kondisi OFF. Khusus untuk Glance ini, Nokia menyebutkan jika mereka tidak memberikannya untuk Lumia 520 karena keterbatasan hardware.
  • Aplikasi Smart camera mengambil momen foto terbaik: Menghapus obyek yang tidak diinginkan selama mengambil foto dengan smart camera, dan memilih foto dan momen terbaik. Serangkaian foto diambil dengan deteksi face, smile dan blink yang lebih baik. Khusus best ‘face untuk setiap orang otomatis akan dipilih dan digabungkan ke dalam satu best’ shot.
  • FM Radio: Yup, ini yang banyak ditunggu pengguna Lumia, meskipun hardware mendukung, namun aplikasinya raib! Kini radio FM dikembalikan, dan siap menemanimu men-tune in (dan menyimpan) gelombang radio favoritmu.
  • Flip: Cukup flip / posisikan layar Lumiamu di sisi bawah untuk menghentikan bunyi ringtone.
  • Data Sense: Memonitor dan mengatur penggunaan data internetmu. Selain itu juga memiliki fitur kompresi trafik web.
  • Menemukan Hotspot Terdekat: Seperti DataSense, ini juga bergantung pada operator selular. Berguna untuk operator dalam mendukung layanan web.
  • Fitur Lokasi melalui Nokia HERE (perlu dicatat, tidak semua fungsi Here bisa digunakan di Indonesia, khususnya untuk Transit)
    • Here Maps v3.4: Kini cakupan peta bertambah luas, dan lokasi favorit yang kamu simpan di HERE Maps bisa disinkronisasikan di semua Lumia yang menggunakan HERE terbaru. Selain itu, versi baru ini mendukung opsi personalisasi Live Tile yang lebih jauh, seperti kamu bisa meletakkan lokasi tujuan atau meletakkan posisi start dari suatu navigasi di Live Tile
    • Here Drive + v2.2: Mendukung sinkronisasi di semua Lumia dengan aplikasi HERE terbaru dan juga here.com. Opsi untuk mengkustomisasi petamu, sehingga kamu bisa memilih agar peta itu hanya menunjukkan points of interest yang relevan dengan pencarianmu. Lebih banyak akses mudah ke POI, dan juga opsi peringatan langsung melalui dashboard. Untuk personalisasi Live Tile, kamu bisa meletakkan atau mem-pin perintah untuk memulai petunjuk arah ke suatu tujuan (cukup satu sentuhan di Live Tile untuk menuju ke tujuan tersebut)
    • Here Transit v3.5: Untuk versi baru ini, aplikasi pendukung sarana transport ini memberi akses ke semua lokasi favorit melalui kata kunci hasil pencarianmu. Aplikasi ini juga memunculkan semua station langsung melalui peta, dan kini Transit Maps juga menampilkan lebih banyak opsi rute dan navigasi. Sedangkan ketika kamu pin ke Live Tile, fungsinya adalah meletakkan tujuan seperti Home, Work, atau School di sana (sehingga cukup dengan satu sentuhan untuk menunjukkan rute transit publik dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya dari posisimu saat ini).

Tampilan Amber Update Melalui Lumia 920

Update GDR 2 Untuk Smartphone Windows Phone 8 Lainnya

Kemudian berikut ini beberapa fitur baru yang dikabarkan menjadi bagian update Windows Phone 8 GDR 2 (General Distribution Release 2). Walaupun belum banyak yang mendapatkannya (secara resminya baru diluncurkan akhir tahun ini), namun dilaporkan HTC 8X dan Samsung Ativ S pada beberapa wilayah (terutama Amerika) sudah mendapatkan notifikasi untuk melakukan update ke GDR 2.

  • Xbox Music: Makin memudahkan kita dalam memilih dan membeli musik, hingga opsi untuk meletakkannya ke Live Tile. Selain itu, Xbox Music juga memberi lebih banyak informasi metadata ditampilkan.
  • FM Radio: Seperti penulis sebutkan di atas, FM radio menjadi aplikasi standar dalam update ini, bisa kamu dapatkan melalui menu Music + Video (namun opsi ini tidak akan muncul pada beberapa tipe Windows Phone 8 karena memang secara hardware tidak mendukung).
  • Data Sense: Memantau penggunaan data internetmu, dan menghitung berapa besar data yang dirikim melalui koneksi mobile. Sehingga kamu bisa membatasi penggunaan paket data yang sedang kamu gunakan saat ini, atau bisa juga melacak aplikasi apa saja yang menggunakan data cukup besar (layanan ini bergantung pada operator selular, dan tidak semua menawarkan integrasi Sense).
  • Skype: Skype kini mendukung VoIP (Voice over Internet Protocol).
  • Internet Explorer: Pengalaman web browsing akan lebih baik berkat penerapan kompatibilitas HTML 5 dengan Internet Explorer mobile.
  • Integrasi dengan IBN Notes Traveler dan Sina Weibo (khusus China)
  • Dukungan CalDAV dan CardDav, memungkinkan pengguna Windows Phone untuk terhubung dengan layanan seperti Google Calendar.

GDR 2 Menjadi Solusi Masalah Other Storage?

Selain itu, yang sepertinya tidak (atau belum) disebutkan di change log tersebut adalah masalah yang selama ini menghantui Windows Phone 8 (sejak update GDR 1 akhir tahun lalu), yaitu bug “Other Storage,” yang menyebabkan kita tidak bisa menghapus file temporary yang bisa saja mencakup jatah storage hingga 10 GB pada beberapa smartphone Windows Phone 8. Other Storage itu sendiri berisi banyak file yang tidak terhapus mudah secara manual, dan bahkan hanya “hard reset” saja menjadi jalan untuk mendapatkannya kembali. Dengan GDR 2 Update, Windows Phone kini otomatis akan menghapus isi Other Storage, namun khusus untuk file yang tidak berguna saja (misalnya, file temporary ketika kamu mendownload data game yang ukurannya ratusan MB).

Menurut Microsoft, kini mereka mengalokasikan khusus hanya 2 hingga 3 GB saja untuk game dan data aplikasi, grafis, dan media lain (seperti email) untuk mengakses storage tersebut. Jadi Other Storage tidak akan menjadi “nol alias kosong” dengan GDR 2 tersebut, hanya tidak sebesar yang biasanya, karena OS akan sukses membersihkan yang tidak kita perlukan. Hanya saja sayangnya, masih belum ada cara untuk mengetahui detail isi other storage itu apa saja. Sementara itu, kamu juga bisa mencoba aplikasi Shrink Storage yang bisa membantu dalam mendapatkan kembali jatah other storage.


SHARE
Previous articleLima Klip Terbaru dari Kick-Ass 2!
Next articleKembali ke Rapture Dalam Clash in the Clouds dan Burial at Sea, DLC Pertama BioShock Infinite
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.