Casual Connect USA 2013: Facebook Mulai Rambah Bisnis Publishing Game Mobile!

Satu lagi pilihan bagi para developer game mobile yang ingin memasarkan game-nya dengan bantuan publisher. Setelah beberapa perusahaan besar seperti Kongregate dan Rovio mulai merambah bisnis publishing, kali ini giliran jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook melalui Mobile Game Partnership-nya, Dan Morris pun mengkonfirmasikan hal yang serupa. Ya, dalam materi yang dibawakannya pada Casual Connect USA 2013 bertajuk “Get Discovered & Grow: Reaching the Right Mobile Gamers with Facebook” semalam, Facebook mengungkapkan rencananya yang ingin membantu developer skala kecil dan menengah untuk mempublikasikan game-nya secara global.

Dalam presentasinya, Dan mengungkapkan bahwa Facebook saat ini memiliki 800 juta pengguna mobile, dimana 260 juta diantaranya bermain game. Itulah yang mendasari Facebook untuk mendukung developer yang tidak memiliki resource cukup untuk memasarkan game-nya di pasaran. Sebagai permulaan, Facebook sudah menggandeng sepuluh judul game untuk dipublikasikan, antara lain:

  • Dawn of the Dragons dari 5th Planet
  • Dr. Newton: The Great Brain Adventure dari Brainbow
  • Age of Booty: Tactics dari Certain Affinity
  • Live Hold’Em dari Dragonplay
  •  Kingdoms & Lords dari Gameloft
  • Train City dari Gamevil
  • Shipwrecked dari KiwiGames
  • Monster Legacy dari Outplay Entertainment
  • Samurai Siege dari Space Ape
  • WINDrunner dari WeMade Entertainment

Melalui program publishing ini, Facebook akan mempromosikan game-game kepada pengguna melalui aplikasi mobile-nya. Lebih lanjut, Facebook juga mengungkapkan bahwa program ini didesain untuk menawarkan game baru yang mungkin menarik minat pengguna Facebook yang selama ini setia memainkan game di Facebook. Facebook mengungkapkan, selain memberikan pembagian hasil kepada developer, Facebook juga ingin bekerja sama dalam jangka panjang untuk membantu developer tersebut mendapatkan pemain yang berkualitas dan berpotensi memainkan game tersebut dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, mereka juga akan memberikan beberapa tool yang bisa menganalisis perjalanan mereka selama menggarap platform game Facebook dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Dalam pernyataan resmi yang ditulis di halaman developer-nya, Facebook mengundang para developer indie yang tertarik untuk bergabung dalam program ini. Yang perlu kamu lakukan adalah mengirimkan aplikasi kepada Facebook dan mengikuti langkah-langkahnya yang tertulis di halaman ini.

Duniaku Network adalah media partner resmi dari Casual Connect USA 2013.