Pembelian Konten Digital Nintendo Akan Bisa Diakses Melalui PC dan Smartphone

Nintendo, yang keuntungan finansialnya mulai meningkat tajam karena penjualan beberapa game terbarunya, kini mulai melihat ke depan dengan rencana pengembangan bisnis digital miliknya. Kabar dari NicoNico News memperlihatkan apa rencana Nintendo tersebut.

Yakni pembelian konten digital Nintendo yang akan bisa diakses melalui PC dan smartphone. Alasan mengapa game-game smartphone menjadi hit dan sukses besar di pasaran (ambil contoh saja Puzzle & Dragons), adalah karena fitur jejaring sosialnya yang memungkinkan teman, kerabat, bahkan orang tak dikenal pun untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi. Fungsi itu juga akan tersedia melalui layanan network Miiverse di Wii U. Miiverse adalah salah satu rencana Nintendo.

Saat menyalakan Wii U, kamu akan melihat “Wara Wara Plaza”, di mana sekelompok Mii akan berkumpul bersama untuk berbagi informasi, dan memperlihatkan game-game terbaru yang telah mereka mainkan. Ini adalah contoh cara Nintendo untuk mengikuti struktur yang sama dengan fitur-fitur jejaring sosial seperti di game-game smartphone.

Sebagai tambahan selain Miiverse, Nintendo kini sedang bekerja untuk mengembangkan bisnis digital mereka, seperti yang pernah dikatakan oleh sang presiden Satoru Iwata.

“(Hal ini) adalah krusial untuk mengembangkan kesempatan yang menguntungkan,”  ungkap Iwata, dan menyatakan bahwa Nintendo berencana untuk memperkuat penjualan software-software Nintendo via digital. Memang ide tersebut terdengar simpel di mana produk yang sama dari versi retail dijual dalam format download, dan dengan akses tersebut maka akan terbuka kesempatan bagi produk-produk digital yang bisa ditemui di Nintendo eShop. Bahkan faktanya, ada data yang menyebutkan kalau orang-orang yang mengunduh sebuah judul game di Nintendo eShop akan mengunduh judul-judul lainnya.

Game simulasi kehidupan milik Nintendo yang populer, Animal Crossing: New Leaf, turut menyumbang sekitar seperempat dari total penjualan download Nintendo (di mana versi Jepangnya telah dirilis sekitar enam bulan yang lalu). Hal ini menunjukkan sebuah fakta bahwa proses pembelian game semakin lama pun berubah, di mana pembelian konten digital mulai disukai.

Nintendo juga membagikan informasi menarik lainnya. Untuk saat ini, tingkat konektivitas internet Wii U berada pada 80%. Sedangkan untuk 3DS, di Jepang tingkat konektivitasnya mencapai 80% dan di US tingkat konektivitasnya mencapai 83%.

Pada akhir tahun ini, Nintendo akan menambahkan sistem baru yang memungkinkan pemain untuk mengatur akun Nintendo Network mereka melalui smartphone dan PC, dan juga sebagai tempat untuk melakukan pembelian. Ini merupakan salah satu bagian dari Nintendo untuk ke depannya meningkatkan penjualan game download mereka, sekaligus untuk menunjukkan judul-judul lain di Nintendo eShop yang bisa dibeli.

[ Sumber : NicoNico Video, Siliconera ]


SHARE
Previous articleCasual Connect USA 2013: Diskusi Industri Game Mobile Bersama John Riccitiello, Mantan CEO dari EA
Next articleSamsung Ketahuan Berbuat Curang Melalui Uji Benchmark GPU Galaxy S4!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.