Microsoft Office Mobile Kini Juga Bisa Dinikmati Pengguna iPhone dan Smartphone Android

Pertengahan Juni lalu Microsoft merilis aplikasi Office Mobile yang selama ini eksklusif Windows Phone untuk mereka pelanggan layanan Office 365, dengan platform mobile pertama yang mendapatkannya adalah iPhone. Dan kemarin Microsoft juga membuka kesempatan pengguna Android untuk merasakan seperti apa mengoperasikan Office Mobile di platform smartphone non-Microsoft.

Mendengar kata Office Mobile pasti langsung terbesit kompatibilitas yang baik dengan versi desktop-nya, serta kemudahan view dan edit file office dari gadget mereka seperti yang diterima oleh pengguna Windows Phone 8. Namun rupanya tidak, karena aplikasi tersebut hanya memberi pelanggan Office 365 opsi view dan edit file dokumen Word, Excel serta PowerPoint yang disimpan melalui cloud storage SkyDrive, langsung melalui iPhone.

Dengan Office Mobile kamu bisa mengakses dokumen yang disimpan di SkyDrive, SkyDrive Pro atau SharePoint. Baik itu untuk melihat atau juga mengeditnya dari dalam aplikasi. Semua perubahan yang terjadi pada dokumen tersebut akan langsung tersimpan online. Namun seandainya ada saat kamu kehilangan koneksi, maka perubahan tersebut akan disimpan dulu di storage smartphone-mu, baru kemudian di-upload begitu mendapatkan akses internet. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita langsung membuka dokumen Office yang diterima melalui email.

Karena dioptimalkan untuk layar smartphone, tidak heran jika antar mukanya tidak jauh beda dengan versi Windows Phone-nya yang berkesan Metro. Aplikasi ini pun dibuat dengan fokus penggunaan pada layar kecil dengan tampilan model reflows, sehingga tetap nyaman digunakan selama melihat atau mengeditnya, namun tidak merusak semua format yang kamu tetapkan ketika mengeditnya di Office desktop. Apalagi mendukung banyak fitur office, seperti chart, animation, SmartArt Graphic, shape dan juga comment.

Office Mobile for Office 365 ini bisa di-download gratis melalui pasar digital tiap platform, dan sayangnya hanya mendukung smartphone saja. Kamu pengguna tablet iOS dan Android perlu menunggu sampai Microsoft menyadiakan kompatibilitas untuk layar yang lebih besar. Selain itu, akun langganan layanan Office 365 kamu perlukan untuk menggunakan aplikasi ini.

Untuk versi iOS-nya, aplikasi ini mendukung minimal iPhone 4. Sedangkan untuk versi Android, sementara ini hanya tersedia untuk pengguna PlayStore di US saja, dan minimal smartphone OS Android 4.0+ atau Ice Cream Sandwich, bukan tablet. Padahal mereka yang sering menggunakan aplikasi edit dokumen, lebih nyaman membukanya melalui tablet. Batasan lainnya, diperlukan langganan layanan Office 365, dengan biaya termurah Rp. 999.000 (walaupun ada gratisan 30 hari untuk trial). Tidak seperti versi Windows Phone 8 yang langsung bisa digunakan gratis. Batasan lainnya khusus untuk Android, tidak seperti versi iOS yang bisa langsung melalui iPhone, di Android untuk membeli biaya langganannya kamu perlu masuk ke Office.com.

Sumber: Microsoft


SHARE
Previous articleBeragam Kelas Baru untuk Para Star Children di Conception II
Next articleTrailer Plus Empat Klip Terbaru dari Elysium
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.