Pemain Puzzle & Dragons Kini Mencapai 17 juta, Dengan Penjualan US $3.76 Juta Per Hari!

Pada pertengahan Mei lalu dilaporkan jika game mobile Puzzle & Dragons berhasil meraih pendapatan hingga US $113 juta. Bagaimana kedaannya sekarang? GungHo selaku publisher melaporkan melalui data keuangan mereka (bisa kamu lihat ringkasannya di bawah) jika penjualan mulai Januari hingga Juni mencapai US $763 juta, atau naik 946% dari tahun ke tahun.

Sedangkan untuk pendapatan bersih keseluruhan mereka selama periode tersebut mencapai US $287 juta, atau naik 2,609% dari tahun 2012 lalu. Dan antara April sampai Juni itu saja, GungHo berhasil membukukan penjualan US $4.9 juta per hari, untuk total pendapatan bersih US $161 juta.

Sumber utama pendapatan besar GungHo tidak lain adalah dari Puzzle & Dragons. Game RPG mobile tersebut penjualan per harinya saja (melalui item virtual seperti magic stone) mencapai US $3.76 juta, dengan jumlah pemain yang terdata saat ini mencapai 17 juta di Jepang saja (per 22 Juli lalu). GungHo juga mengiperasikan game lain, dengan perkiraan Juni ini mereka mendapatkan penjualan US $138 juta, dan rata-rata pemasukan per hari US $4.5 juta, atau turun dari rata-rata April – Juni US $4.9 juta.

Memang ada tanda-tanda Puzzle & Dragons mulai berkurang momentumnya (kini hanya mampu menarik 1 juta pengguna baru untuk setiap 21 hari, dibandingkan 16 hari selama Maret – April). Karena itulah GungHo juga sudah berencana untuk merilis ke beberapa negara tertentu di Eropa akhir tahun ini. Selain itu, mereka juga baru saja meluncurkan game baru di US dengan judul Freak Tower. Game tersebut menggabungkan simulasi mendirikan dan mengatur bangunan dengan gameplay tower-defense, serta tersedia untuk platform mobile Apple iOS dan Google Android. Sedangkan port untuk Puzzle & Dragons Z, port handheld game mobile terebut akan segera dirilis untuk 3DS di Jepang akhir tahun ini.

Freak Tower Trailer

GungHo bisa menjadi contoh sukses publisher game Jepang, yang akhir-akhir ini mengaku kesulitan terus bersaing di industri konsol. Dan sepertinya selain GungHo, bakal masih ada banyak barisan publisher Jepang lainnya yang lebih suka memasarkan gamenya di platform mobile. Apalagi setelah laporan terbaru pada Mei lalu, memperkirakan publisher tersebut nilai kapitali pasarnya lebih tinggi dibandingkan dengan Nintendo.

Oh ya, jika kamu pemain Puzzle & Dragons versi Android dan masih mencari versi terbarunya untuk melanjutkan permainan, atau pemain baru yang ingin mencoba memainkan game yang sangat adiktif tersebut, bisa langsung men-download versi 3.5.0 terbarunya melalui link berikut ini.

January  June 2013

  • sales: US$763 million (+945.5% y-o-y)
  • operating profit: US$460 million (+4331.2% y-o-y)
  • net income: US$287 million (+2609.2% y-o-y)

April – June 2013

  • sales: US$446 million (+41.5% q-o-q)
  • operating profit: US$271 million (+42.6% q-o-q)
  • net income: US$161 million (+28.7% q-o-q)

SHARE
Previous articleCasual Connect USA 2013: GameHouse Tawarkan Game Kasino dengan Hadiah Uang Nyata
Next articleBeragam Kelas Baru untuk Para Star Children di Conception II
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.