Xiaomi Hongmi, Android “Beras Merah” Berprosesor Quad-Core Harganya Hanya 1.5 Jutaan!

Dengan keberhasilan Oppo menembus pasar Indonesia, seharusnya bisa mengikuti produsen smartphone lain yang memulai debutnya dari China untuk go internasional. Xiaomi misalnya, yang memiliki beberapa produk Android dengan desain menarik, launcher MIUI yang sangat populer di mata para pengoprek smartphone, serta harga yang terjangkau. Akhir pekan lalu mereka mengkonfirmasikan tipe smartphone Android baru yang disebut Red Rice.

Interface MIUI menjadi salah satu favorit di kalangan gadgeter yang gemar mengoprek smartphone Android.

Nama resminya di China sana adalah Hongmi, yang artinya tidak lain adalah “beras merah.” Entah apa maksud Xiaomi memberi nama Hongmi tersebut dengan beras merah, selain dari interface MIUI terbaru (basisnya Android 4.2.2) yang menggunakan warna dominan merah. Namun yang jelas Hongmi ini memiliki spesifikasi yang lumayan. Mulai layar 4.7-inchi dengan resolusi 720 x x1280-pixel atau 720p dengan material IPS, kerapatan pixelnya mencapai 312ppi, serta dilindungi oleh Gorilla Glass 2. Untuk chipsetnya, Hongmi memilih silicon yang akhir-akhir ini membanjiri Android lokal Indonesia, yaitu dari MediaTek melalui seri MT6589T.

Chipset tersebut mengajukan empat core prosesor dari keluarga Cortex-A7 dari proses 28nm yang kecepatannya 1.5GHz. Dengan teknologi 28nm, bisa diharapkan keiritan baterai menjadi salah satu keunggulannya. Selain itu, GPU-nya diserahkan pada PowerVR SGX544 yang memiliki satu core dengan kecepatan standar 357 MHz. Untuk memory-nya, disediakan 1GB, yang menemani internal storage dengan jatah 4GB, plus bisa diperbesar melalui slot microSD maksimal hingga 32 GB. Untuk mengoperasikannya, Xiaomi menyerahkan sumber tenaga pada baterai berkapasitas 2.000 mAh.

Perangkat keras lainnya yang diajukan seperti kamera 8-megapixel dengan sensor BSI buatan Samsung, yang unggul berkat ukuran pixel besar, yaitu 1.4ųm (sekelas kamera Galaxy S4, hanya megapixel-nya saja yang beda), untuk mendukung pemotretan di kondisi minim cahaya. Selain itu juga disediakan lensa 28mm dengan bukaan lebar yang dilengkapi lima elemen. Berkat chipsetnya juga, Hongmi ini mampu merekam video full HD 1080p. Kamera sekundernya sendiri 1.3-megapixel. Hasil foto kamera utamanya bisa kamu lihat melalui galeri di bawah ini.

[nggallery id=712]

Seperti tipikal smartphone Android dari negara Tirai Bambu lainnya, di balik casing belakang Hongmi kamu temui dua slot kartu SIM yang mendukung koneksi data GSM/3G dan TD-SCDMA (hanya bisa digunakan di China saja). Bicara casing belakang, rupanya menganut konsep snap-on, dan bebas digonta-ganti dengan pilihan panel dari warna lain seperti biru, hijau dan kuning. Smartphone dengan dimensi 137 x 69 x 9.9 mm dan berat 158 gram ini juga sudah mendukung fitur USB on-the-go melalui port micro USB-nya.

Dan seperti tipikal smartphone China lainnya, Xiaomi Hongmi ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Melalui website-nya kami mendapatkan info harganya, dimana Android beras merah ini bisa kamu dapatkan dengan harga hanya CNY799, atau setara dengan Rp 1.4 jutaan saja. Sementara ini sudah dibuka pre-ordernya, pilihan warnanya Black, Chinese Red dan Metallic Gray, dengan masa pengiriman mulai 12 Agustus mendatang. Sayangnya, karena ada TD-SCDMA di sana, otomatis sepertinya untuk komunikasi data melalui operator selular kamu hanya bisa menggunakan salah satu SIM saja. Semoga saja ya seperti Oppo, juga dirilis ke luar China, apalagi Indonesia.

[nggallery id=714]


SHARE
Previous articleStar Wars: Battlefront Siap Meluncur Tahun 2015!
Next articleCapcom Umumkan Breath of Fire 6
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.