Ultralist: Evolusi Kostum Wolverine dari Masa ke Masa

Weapon X, Weapon Omega, Patch, James Howlett, Old Man Logan, dan Death. Tapi kita lebih mengenalnya dengan nama Wolverine, X-Man dengan cakar yang melegenda dan sangat memperhatikan gaya berpakaiannya. Memulai debutnya di tahun 1974 hingga sekarang, Wolverine telah melalui banyak perombakan desain kostum dan tampilannya. Berikut adalah evolusi kostum Wolverine dari masa ke masa, mulai tahun 1974 hingga saat ini.

1974: Original Yellow

Wolverine pertama kali muncul di The Incredible Hulk mengenakan kostum yang didesain oleh John Romita, Sr. Topeng aslinya ini menghadirkan hidung berwarna hitam dan kumis. Len Wein yang turut membantu desain kostum ini menginginkan cakar Wolverine terpasang di sarung tangannya.

1975: Classic Yellow

Wolverine kemudian bergabung dengan X-Men di Giant Size X-Men #1. Konon katanya Gil Kane menggambar topeng Wolverine ini salah di cover-nya, dengan memberinya telinga meruncing ke atas mirip Batman dan mata yang tak terlihat (alias tanpa bola mata). Bahkan sang artis serial komiknya, Dave Cockrum, menyukainya dan akhirnya menggambar ulang semua halaman komiknya untuk menyamakan kostum tersebut.

1977: Fang

Edisi terakhir Cockrum adalah Uncanny X-Men #107. Dan karena itu beliau berpikir akan sangat menyenangkan bila artis berikutnya yang menggambar Wolverine akan kewalahan untuk menggambar kostumnya, karena itulah beliau mendesain kostum ini. Artis baru berikutnya, John Byrne, langsung meyakinkan editornya untuk mengembalikan kostum Wolverine ke Classic Yellow.

1980: Brown

Tapi Byrne sendiri bukanlah penggemar berat dari kostum Classic Yellow, dan memperkenalkan desain baru darinya di Uncanny X-Men #139. Untuk pertama kalinya, kostum ini memperlihatkan kedua lengan Wolverine seutuhnya (meski masih tetap menggunakan sarung tangan), sehingga rambut tangannya pun terlihat jelas.

1988: Black

Dalam setahun pertama di judul komik baru yang ditulis oleh John Buscema, Wolverine mengenakan kostum hitam gelap untuk menyelinap dan cat wajah hitam juga di bagian mata serta pipinya. Tapi kemudian di Uncanny X-Men, dia kembali mengenakan kostum Brown miliknya.

1991: Blue & Gold

Pada komik yang ditulis oleh artis ternama Jim Lee, Wolverine mendapatkan kostum Blue & Gold ini yang terinspirasi dari kostum orisinil di tahun 1960 yang berwarna hitam dan emas. Kemudian Wolverine kembali lagi ke kostum Brown-nya pada saat debut perilisan X-Men #1.

1992: Classic Yellow II

Setelah Chris Claremont tak lagi menulis komiknya, John Byrne kembali lagi sebagai penulis dan bekerja sama dengan artis Jim Lee. Suatu hari Lee dengan bangga menyebutkan bahwa dia akan mengembalikan kostum Wolverine yang “sesungguhnya”. Tapi ada jeda yang aneh ketika Byrne mengatakan bahwa kembalinya kostum Brown menjadi idenya. Hingga akhirnya terlahirlah kostum Classic Yellow II ini.

1994: Dalam komik X-Men #5, Magneto berhasil melepaskan adamantium dari tubuh Wolverine. Untungnya, adamantium hanya melapisi tulangnya saja, tidak menggantikannya secara keseluruhan. Hal tersebutlah yang menguak asal muasal dari Wolverine, yang ternyata sudah sejak dari lahir memiliki cakar tulang di tangannya, meskipun lebih rentan dibandingkan cakar adamantiumnya.

1996: Setelah lebih dari satu tahun Wolverine hanya “berjuang” menggunakan cakar tulang, fans mulai merasa gelisah mengenai masa depannya saat melawan musuh-musuhnya. Karena itu, dalam Wolverine #100 akhirnya Logan kembali mendapatkan adamantiumnya. Sayang, karena kegagalan dalam prosesnya, Wolverine berubah menjadi lebih menyeramkan dan tidak memiliki hidung.

1996: Wolverine yang tidak memiliki hidung mulai menggunakan bandana di kepalanya, yang membuatnya terlihat menggelikan di mata para fans-nya. Reaksi fans terhadap jalan ceritanya pun sangat negatif, sehingga banyak fans yang menganggap transformasi Wolverine ini tidak pernah terjadi.

2000: Meskipun membawa ciri khas Wolverine yang muncul di komik, Wolverine di film X-Men besutan Brian Singer dibuat sedikit berbeda. Salah satu perubahan terbesar selain dari penampilan adalah kini cakarnya keluar dari sela-sela kepalan tangannya, berbeda dari versi komik dimana cakarnya keluar dari bagian belakang tangan.

2000: Perubahan lainnya adalah dalam Wolverine versi film ini adalah dia dibuat lebih tinggi. Dalam komik, Wolverine dikisahkan memiliki tinggi badan sekitar 1.6 meter, maka Hugh Jackman yang memerankan Wolverine di versi filmnya memiliki tinggi badan 1.85 meter. Kombinasi kostumnya dibalik, dimana kali ini warna gelap lebih mendominasi dibandingkan warna kuningnya dan juga kini tanpa menggunakan topeng.

2000: Dalam film animasi berseri X-Men Evolution yang ber-setting beberapa tahun setelah event dalam filmnya berakhir, Wolverine mengenakan kostum yang terinspirasi dari kostum coklat yang dikenakannya pada tahun 1980, namun terlihat lebih kurus, menggunakan boot dengan tali, serta kombinasi warna kostum berubah menjadi oranye dan hitam.

2001: Meskipun Marvel sudah membuat tiga versi Wolverine (versi komik, film dan Evolution), namun rupanya mereka belum puas dan membuat versi keempat dari Wolverine, Ultimate. Versi Ultimate ini muncul dalam komik Ultimate X-Men yang bisa dibilang merupakan reboot X-Men dan ditargetkan untuk pembaca baru. Desain kostum hampir mirip dengan Evolution, namun kali ini tanpa menggunakan topeng.

2001: Grant Morrison dan Frank Quitely memberikan sentuhan baru pada kostum Wolverine untuk X-Men yang baru. Kali ini Logan mengenakan jaket kulit hitam yang merupakan kombinasi dari kostum Movie (2000) dan Civilian (2000), dengan ritsleting jaket yang terbuka.

2002: Di season ketiga dari X-Men Evolution, Wolverine memperkenalkan kostum barunya yang berwarna gelap. Mirip seperti filmnya, sang animator juga memberikan highlights warna kuning pada kostum dan menyingkirkan topengnya.

2003: Selang satu tahun, Ultimate Wolverine mengadaptasi kostum dari Evolution (2002) dengan sedikit perbedaan pada garis kuning dibahunya serta sabuk yang dikenakannya.

2004: Di Astonishing X-Men garapan Joss Whedon and John Cassaday, kostum Wolverine kembali ke awal. Cassaday terinspirasi dengan kostum pertama Wolverine dengan cambang yang kecil.

2008: Kali ini Wolverine mengenakan kostum stealth warna hitam untuk misi rahasianya di X-Force. Kostum ini diadaptasi dari kostum Brown (1980) dan Black (1988). Mungkinkah kostum ini akan diadaptasi untuk filmnya layar lebarnya nanti, yang saat ini naskahnya tengah dikerjakan oleh sutradara Kick-Ass 2Jeff Wadlow? Kita lihat saja nanti.

2009: Dari komik, kita beralih lagi ke film. X-Men Origins merupakan film solo Wolverine pertama. Meski dalam beberapa adegan dalam filmnya, Logan mengenakan jaket kulit berwarna hitam, namun dalam materi promosi X-Men Origins: Wolverine dan beberapa adegan di dalamnya, Logan tampil dengan mengenakan kaos putih tak berlengan.

2013: Kalau dalam X-Men Origins, Logan hanya mengenakan kaos tak berlengan, di materi promosi (poster dan banner) film solo kedua Wolverine ini, Logan justru tampil tanpa mengenakan kaos/baju untuk menutupi tubuhnya. Apakah ini sebuah pola? Lalu bagaimana dengan film Wolverine selanjutnya ya?

Setelah menyimak keseluruhan perubahan kostum Wolverine diatas, berikut data statistik mengenai kostum-kostum yang memiliki masa pakai terlama:

Sumber: Halloween Costumes