Tutorial Bermain Combo, Card Game Seru dari Stormidea Games

 Anda adalah seorang Elementalis, seseorang dengan kemampuan khusus untuk mengendalikan elemen sesuai kehendak. Tapi Anda bukan satu-satunya yang memiliki kekuatan ini. Sekarang adalah saatnya untuk menunjukkan kekuatan dan membuktikan bahwa Andalah Elementalis terkuat yang sejati.

Selain Vandaria Arkana, pada Popcon Asia 2013 lalu juga ada card game seru bernama Combo dari Stormidea Games (PT Stormidea Kreasindo). Dirancang oleh Henry Darmawan dan Bunton Sidik, Combo didesain dan dicetak di Indonesia. Penasaran dengan cara memainkannya? Yuk simak panduan permainannya di sini.

Combo adalah singkatan dari Consortium for Battle Magic Ordination. Yah, Combo dalam arti “kombinasi” juga dominan dalam card game ini dan akan kita lihat nanti. Sesuai kutipan di atas (disalin dari buku aturan arena Combo), card game ini menjadikan pemainnya seorang Elementalis. Bermodalkan lima Elemen Dasar (Air, Api, Angin, Tanah, dan Aether), pemain harus mengalahkan pemain-pemain lain demi menjadi Elementalis terkuat.

Book of Element

Perangkat permainan Combo bernama Book of Element. Apa saja yang ada di dalam “buku” ini? Memang ada buku di dalamnya, yaitu Arena Rule, tapi ada juga banyak item lain yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Book of Element dan isinya (tidak termasuk playmat)

Satu Book of Element bisa dimainkan oleh 2 sampai 6 orang, baik secara individu maupun tim.  Combo dirancang untuk pemain berusia 12 tahun ke atas.

Poin Energi

Setiap pemain memulai permainan dengan 5 Poin Energi. Apabila Poin Energi seorang pemain berkurang hingga di bawah 0, dia memasuki Ghost State (menjadi Ghost). Kemenangan diperoleh dengan membuat semua lawan memasuki Ghost State.

Geser kartu Energi saat Poin Energi bertambah atau berkurang

Giliran

Semua kartu elemen dikocok menjadi satu Deck, lalu dibagikan hingga setiap pemain mendapatkan 5 kartu secara acak. Untuk menentukan pemain yang mendapatkan giliran pertama, setiap pemain melempar dadu hingga hanya satu orang memperoleh nilai dadu tertinggi. Giliran permainan pun berurut searah jarum jam dari pemain dengan nilai dadu tertinggi itu.

Setiap pemain mendapatkan 5 kartu elemen, 5 Poin Energi, dan 1 Spell Diagram

Poin Aksi

Pada putaran pertama, setiap pemain mendapatkan 2 Poin Aksi saja. Pada putaran berikutnya, setiap pemain harus melempar dadu dulu untuk menentukan jumlah Poin Aksi yang berhak digunakannya pada giliran itu. Jumlah Poin Aksi sesuai dengan angka dadu, kecuali dadu 1 yang memberikan pemain 7 Poin Aksi.

Apabila Poin Aksi habis dan pemain memiliki lebih dari 5 kartu di tangannya, pemain harus membuang kelebihan kartu itu dan kehilangan 1 Poin Energi untuk setiap kartu yang dibuang. Ini disebut Overload Damage.

Tokens yang digunakan sebagai penanda jumlah Poin Aksi, dan dadu yang digunakan untuk menentukan jumlah Poin Aksi.

Aksi

Ada 4 macam aksi yang masing-masing bernilai 1 Poin Aksi, yaitu

–  mengambil kartu dari Deck,
–  memainkan Spell,
–  membuat Incantation baru, dan
– menambahkan kartu kepada Incantation yang sudah ada.
Spell dan Incantation

Spell adalah kombinasi dari satu kartu atau lebih dengan satu efek. Incantation adalah Spell yang disimpan (ditutup dalam satu tumpukan). Satu pemain hanya boleh mempunyai paling banyak 3 tumpuk Incantation. Apabila ada tumpukan yang terdiri lebih dari 3 kartu, pemain harus membayarnya dengan Poin Energi sesuai jumlah kelebihan kartu.

Incantation dapat dimainkan dalam beberapa kesempatan:

– setelah siapa pun mengocok dadu,
– setelah siapa pun menjalankan aksi, dan
– setelah pengaruh Spell berlaku.

Gunakan 1 Poin Aksi untuk membuat Incantation.

Elemen Dasar

Spell apa saja yang bisa kita buat berdasarkan kartu atau kombinasi kartu kita? Empat Elemen Dasar mempunyai ciri khas masing-masing, sementara kartu elemen Aether dapat menjadi kartu elemen apa pun.

– Elemen Api mengurangi Poin Energi lawan.
– Elemen Angin menambahkan kartu elemen ke tangan pemain lain dengan kartu dari Deck (untuk membantu rekan atau membuat lawan kelebihan kartu sehingga harus mengurangi Poin Energi).
– Elemen Air menambah Poin Energi (maksimal 7).
– Elemen Tanah mengurangi kartu lawan.

Setiap elemen mempunyai 4 level efek Spell yang ditentukan jumlah simbol elemen pada kartu.

– Level 1: satu simbol
– Level 2: dua atau tiga simbol
– Level 3: empat hingga tujuh simbol
– Level 4: delapan atau lebih simbol
– Efek khusus: satu set kartu level 1, level 2, dan level 3 dengan elemen yang sama

Jangan khawatir repot menghafalkannya. Tersedia Spell Diagram untuk setiap pemain.

Spell Diagram

Setiap kartu elemen mempunyai satu, dua, atau empat simbol. Jumlah simbol ini bisa digabung seperti contoh-contoh berikut.

Dua kartu satu simbol diangap bernilai dua simbol.
Dua kartu satu simbol ditambah satu kartu dua simbol diangap bernilai empat simbol.
Satu Set Elemen Api bisa membuat satu lawan mengalami Instant Death (langsung masuk Ghost State).

Elemen Gabungan

Keempat Elemen Dasar ini bisa dikombinasikan satu sama lain, kecuali dengan elemen yang berlawanan. Jadi, Api tidak bisa dikombinasikan dengan Air, sementara Angin tidak bisa dikombinasikan dengan Tanah. Kombinasi ini menghasilkan empat Elemen Gabungan, yaitu Kayu (Tanah+Air), Matahari (Tanah+Api), Petir (Api+Angin), dan Bulan (Angin+Air). Setiap elemen sekunder mempunyai tiga level efek Spell yang bisa dilihat di halaman beakang Spell Diagram.

Spell Diagram
Elemen Kayu level 1 (Steal: memaksa pemain lawan memberikan dua kartu secara acak dari tangan mereka), level 2 (Hand Rotate: memaksa semua orang mengoper semua kartu di tangan mereka kepada pemain di sebelah kiri), level 3 (Swap: memaksa perapal mantra dan lawan bertukar semua kartu di tangan mereka).

Counter

Pada saat pemain melakukan Spell, pemain lain dapat melakukan Counter sebelum efek Spell itu berlaku. Counter dapat mengurangi atau menihilkan efek Spell. Counter harus dilakukan dengan elemen yang berlawanan dengan elemen pada Spell. Elemen Gabungan hanya bisa dilawan dengan Elemen Gabungan.

– Api melawan Air
– Tanah melawan Angin
– Bulan melawan Matahari
– Petir melawan Kayu

Efek Spell dari kartu elemen Tanah level 2 bisa dinihilkan dengan kartu elemen Angin level 2.
Kita bisa membatalkan efek Instant Death dengan kartu elemen Air bersimbol 1; karena dikurangi 1 simbol Air, serangan ini menjadi 6 simbol Api yang sama dengan level 3 (mengurangi 3 Poin Energi).

Ghost State

Pemain memasuki Ghost State apabila Poin Energi miliknya kurang dari 0 atau terkena Spell Instant Death. Pemainan dalam Ghost State dapat hidup kembali dengan Set Elemen Air atau Set Elemen Angin. Selama berada dalam Ghost State, pemain ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti

– berapa pun hasil lemparan dadunya, hanya dapat memiliki 3 Poin Aksi.
– hanya dapat memiliki 2 set Incantation.
– pada akhir giliran, hanya boleh memiliki 3 kartu di tangan.

Pemain yang sudah berada dalam Ghost State masih berkesempatan menang, walaupun kesempatan itu kecil.

Kondisi Kemenangan

Sudah disebutkan di atas, kemenangan diperoleh bila semua lawan memasuki Ghost State. Dalam permainan antartim, kemenangan diperoleh bila semua anggota tim lawan menjadi Ghost.

Testimoni

Karina Riesling Zhang, Le Château de Phantasme

Agak ribet, tapi kalau udah biasa jadi seru. Asyik tapi nyebelin juga karena pemain yang udah mati (menjadi Ghost) bisa idup lagi, padahal kirain kita udah mau menang.

Esqi Aktiadi, Aruline Studio

Seru. Amazing Combination. Card game yang kemungkinan menangnya tak terbatas.

Febrianto Nur Anwari, Duniaku Network

Melihat tumpukan kartu dan setnya, Combo terlihat minimalis, simple, namun desainnya menarik. Tetapi saat memainkannya, kesan minimalis dan simpel tersebut langsung hilang, karena ada banyak variasi permainan yang bisa dibuat. Sesuai namanya, Combo, setiap kombinasi kartu bisa berdampak dalam permainan. Tutorial dan kartu ilustrasi masing-masing kombinasi kartu membuat permainan ini juga mudah dipahami.

Veroze, alumnus Universitas Udayana

Seru. Gampang dipelajari, khususnya buat orang awam yang belum pernah main card battle apa pun. Rulesnya bisa diciptakan sendiri sehingga pemain awam ga perlu susah2 mendalami gameplaynya. Fitur permainan yang ga kalah asik adalah pemain yang kalah masih bisa tetap ikutan main dan punya kesempatan revive. Jadi pemain yang udah kalah ga perlu meninggalkan permainan dan masih ada kesempatan menang sampai last man standing. Keunggulan lainnya sih kita mendadak bisa terlihat dan terkesan intelek saat main Combo. Hahaha.

Henry Darmawan dan Buntono Sidik mempresentasikan Combo di Popcon Asia 2013.

Keistimewaan Combo

Combo mempunyai berbagai keistimewaan. Selain desain elemennya yang elegan dan minimalis sekaligus, desain kartunya yang polos (tanpa teks) membuat kartu-kartu Combo bisa dipakai bermain dengan aturan baru. Seperti yang sudah disebutkan dalam salah satu testimoni, pemain Combo yang “mati” (berada dalam Ghost State) masih bisa bermain, jadi tidak bosan menunggu battle berakhir.

Untuk mengikuti perkembangan Combo, kita bisa memantau www.facebook.com/comboarena atau linimasa Twitter @comboarena. Situs www.comboarena.com akan menjadi wadah pertarungan para Elementalis via dunia maya bila sudah selesai dikonstruksi nanti.

Combo dapat diperoleh seharga Rp150.000,00 dengan memesan lewat email sales@comboarena.com mulai 13 Agustus 2013 nanti.


SHARE
Previous articleSiapkan Senjatamu! Dragon’s Crown Terjual Lebih dari 300k Unit!
Next articleEye Candy: Deretan Concept Art dari Dragon’s Crown
Meskipun menyandang nama musik, Melody Violine lebih senang menulis daripada bermain musik. Itulah mengapa ia memutuskan untuk kuliah di Program Studi Indonesia FIB UI hingga lulus pada tahun 2009. Selain menjadi kontributor Duniaku, ia menerjemahkan novel-novel dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, termasuk di antaranya adalah adaptasi novel Assassin's Creed (Oliver Bowden).