Samsung Serius Tawarkan Galaxy Golden, Versi Clamshell dari Galaxy S4 mini

Pertengahan Juli lalu kami mendengar rumor jika Samsung sedang menyiapkan Android dengan konsep desain baru berbentuk clamshell, yang sementara itu disebut sebagai Galaxy Folder. Namun sepertinya bukan sekadar rumor, karena selain memang sebelumnya sudah ada Samsung SCH-W2013 yang berbentuk flip, penampakan real Galaxy Folder kami temui akhir pekan kemarin.

Pasca mewabahnya smartphone dengan layar sentuh sebagai media pengendali utama antar muka, banyak ponsel yang bentuknya tradisional perlahan menghilang dari pasaran. Terutama model clamshell, atau folder, dan jamak kita sebut sebagai ponsel flip, yang memang identik pasar yang cukup kecil, yaitu wanita, dan pengoperasiannya pun dianggap lebih rumit. Saat ini pun mencari ponsel berdesain flip pasti sangat susah, dan jika ada pun sebatas feature phone, atau menawarkan fungsi utama dua slot kartu SIM.

Samsung sendiri menjadi salah satu produsen ponsel dunia yang identik dengan model clamshell. Pasca mereka fokus ke Android, model clamshell akhirnya ditinggalkan, dan desain clamshell dari mereka yang tersisa hanya Samsung GT C3520 La Fleur. Namun Samsung sepertinya ingin mengembalikan kenangan retro tersebut, dan memadukannya dengan sistem operasi Android. Galaxy Folder yang sebelumnya sekadar rumor, rupanya benar akan menjadi nyata setelah akhir pekan kemarin muncul foto spy-shoot terbarunya, dan kini akan disebut sebagai Galaxy Golden.

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, Galaxy Golden akan memiliki dua layar utama, sama seperti Samsung SCH-W2013Layar tersebut berada di sisi luar, bisa kamu operasikan langsung dengan jari ketika folder/flip-nya tertutup. Sedangkan layar kedua berada di dalam, dan bisa kamu operasikan menggunakan keypad. Kemudian untuk spesifikasinya, jika SCH-W2013 mengacu pada Galaxy S3 perangkat kerasnya, untuk Galaxy Golden ini setara dengan Galaxy S4 mini. Chipsetnya Snapdragon 400, dengan dua prosesor Krait 300 dari keluarga Cortex-A7 CPU dan pemrosesan 28nm yang irit baterai, serta kecepatannya 1.7GHz, didukung dengan 2GB RAM (ada juga yang menyebutkan 1.5 GB), serta GPU Adreno 305. Ukuran layarnya sendiri 3.67-inchi dengan material AMOLED. Belum diketahui apakah ini untuk layar di luar atau di dalam. Namun melihat materialnya, sepertinya AMOLED cocok ditempatkan di bagian casing luar.

Galaxy Golden nantinya juga akan kompatibel 4G LTE, dan memiliki modul konektivitas seperti NFC, Bluetooth dan menjalankan Android 4.2.2. Kameranya ada dua, di bagian luar foldernya, dan di atas layar bagian dalam. Tombolnya sendiri modelnya sama seperti tombol T9 yang kita kenal dari ponsel klasik. Diprediksi mulai dijual pertengahan Agustus nanti, dan sementara ini hanya untuk dua operator Korea Selatan, KT dan SK Telecom, dengan menggunakan kode SHV-E400S dan SHV-E400K. Belum ada kejelasan kapan akan muncul di luar Korea, dan berapa harganya nanti.

 Sumber: GSMInsider 


SHARE
Previous articleDua Protagonis, Dua Intro, Dua Warna, Semua Serba Dua di Tales of Xillia!
Next articleCasual Connect USA 2013: Lima Tips Bagi Developer Indie Agar Bisa Bersaing dengan Developer Raksasa
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.