LG Siapkan LG G2, Rival Terkuat Galaxy S4 yang Juga Akan Menjadi Kandidat Google Nexus 5

Sesuai jadwal, seharusnya siang ini jam 11 waktu New York, atau malam nanti waktu Indonesia, LG akan mengumumkan penerus smartphone utamanya Optimus G. Sementara ini dikenal dengan julukan LG G2, penampilannya beberapa kali sudah muncul secara tidak resmi, dan chipset Snapdragon 800 yang dipilih pun sudah cukup menjadi jaminan untuk membuatnya mampu bersaing dengan banyak flagship lain, termasuk Galaxy S4. Dan sebelum acara peluncurannya malam nanti berlangsung, press image resmi LG G2 pun mulai bermunculan, dan kita bisa melihat detail apa saja fitur unggulan yang ditawarkan LG di sini.

LG nantinya melengkapi G2 dengan aksesoris premium QuickWindow. Aksesoris ini mirip seperti S View Cover-nya Galaxy S4, yang berfungsi menunjukkan beberapa informasi pada layar tanpa harus membuka flip-nya. Namun LG memberi lebih banyak fungsi melalui US QuickWindows, karena kamu bisa mendapatkan informasi jam, laporan cuaca, alarm, pemutar musik, detail panggilan masuk dan juga pesan teks. QuickWindow ini akan tersedia ketika G2 mulai dijual nanti, dengan tujuh pilihan warna berbeda, mulai hitam, putih, merah muda, ungu, biru, hijau muda dan kuning.

Apa yang bisa kita dapatkan dari press image tersebut adalah beberapa keunikan LG G2. Di sisi depannya memang biasa, tidak ada satupun tombol fisik/softkey sebagaimana dua Optimus G sebelumnya, layar yang lebar, dengan ukuran 5.2-inchi, dan bezel di sisi kiri-kanan layar yang begitu tipis seperti Optimus G Pro. Namun pada sisi belakangnya itu yang lebih menarik. Karena di sana tersimpan tombol power, pengatur volume, sensor kameranya sekaligus flash LED. Penempatan tombol power dan volumenya memang tidak umum, dan sepertinya kita perlu menunggu event LG nanti malam untuk mengetahui bagaimana smartphone ini bisa nyaman dikendalikan.

Untuk spesifikasi yang sementara ini sudah kita ketahui, LG G2 memiliki layar 5.3-inchi dengan resolusi full HD 1080 x 1920-pixel, yang menghasilkan kerapatan tiap pixel pada 423 ppi, serta berpelindung Corning Gorilla Glass 3. Kemudian chipsetnya adalah Snapdragon 800 dari Qualcomm, yang sejauh ini dianggap sebagai yang terkuat untuk kelas mobile, dan sama seperti yang dipilih oleh Sony Mobile untuk Xperia Z Ultra. Untuk mendukung kinerja empat prosesor Krait 400 yang kecepatannya 2.3 GHz tersebut, ada GPU Adreno 330 dengan empat core yang kecepatannya 450 MHz, 2 GB RAM, internal storage 32 GB serta baterai 2,610 mAh.

Adreno 330 dengan 128 ALU, dan setiap ALU berjalan pada kecepatan 450 MHz, maka loggikanya GPU tersebut mampu mencapai kinerja komputasi dengan ukuran 129.6GFLOPS, membuatnya lebih cepat dari klaim Tegra 4 pada 96.8 GFLOPS, dan bahkan GPU Exynos 5 Octa pada Galaxy S4. Fitur perangkat keras lainnya yang sudah diketahui seperti kamera 13-megapixel yang memiliki Optical Image Stabilization, membuatnya pilihan menarik bagi penggemar fotografi mobile selain HTC One. Kemudian LG pun memberi penempatan speaker yang tidak biasa juga untuk G2 ini. Ada dua corong speaker stereo, yang diletakkan di sisi bawah.

Kemudian untuk software-nya, bakal menjalankan OS Android 4.2.2, dengan polesan antar muka Optimus UI seperti Android LG sebelumnya. Namun untuk versi baru UI tersebut, ada beberapa revisi dilakukan mengingat untuk LG G2 ini tidak ada satupun tombol fisik atau softkey di bawah layar. Kini LG memilih menggunakan tombol pada layar, seperti tipikal Android dari Google yang meminta sedikit jatah pixel layar untuk menempatkan tiga tombol utama Android (Back, Home, dan Recent Apps). Ketiga tombol itu pun ditempatkan di atas background transparan, sehingga kita masih bisa melihat apa gambar di balik tombol-tombol tersebut. Demikian juga untuk status bar di sisi atas layar pun dibuat transparan. Karena tiga tombol utama Android ditempatkan pada layar, maka sebenarnya LG G2 ini layarnya tidak sepenuhnya 5.2-inchi, atau bisa dikatakan hanya 5-inchi saja plus bagian layar yang digunakan untuk menempatkan tiga tombol utamanya.

Sepertinya LG memilih membuang tombol fisik di bawah layar, dan juga sama sekali tidak menempatkan softkey adalah agar mereka lebih mudah mem-port LG G2 ini menjadi Nexus 5, yang sementara ini juga dirumorkan akan kembali diserahkan pada LG produksinya. Seperti kita ketahui, semua smartphone dan tablet Nexus selalu memberikan tombol utama Android di sisi bawah layarnya.

Menurut rencana, LG akan mulai menjual G2 ini 3 bulan pasca pengumuman pertamanya malam nanti. Semoga saja ketika sampai di Indonesia juga tidak terlalu lama, karena Galaxy Note III yang juga menggunakan Snapdragon 800 juga direncanakan muncul September mendatang.

Video teaser yang dirilis LG untuk G2…

Video case QuickWindow, aksesoris pendukung G2, memberi interface khusus ketika menggunakannya dalam keadaan tertutup

Video “leak” yang menunjukkan bagaimana pengoperasian LG G2

http://youtu.be/xRtCJmcw-6A

Sumber: Evleaks, Engadget


SHARE
Previous articleMMOG.Asia Siap Hadirkan DivoSaga ke Indonesia!
Next articleKini Gameloft Akan Membuat Mobilmu Melayang Dalam Asphalt 8: Airbone
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.