Gretel and Hansel, Dalami Dua Bersaudara Dalam Flash Game

Beberapa waktu ini, ada game yang cukup menarik untuk kalangan casual gamer di internet. Game ini memiliki gaya gambar yang cukup unik, pewarnaannya memberikan sedikit rasa ngeri bagi kamu yang melihat. Game yang berformat Flash Game yang bisa kamu mainkan di internet ini berjudul Gretel and Hansel. Yap, tidak salah, biasanya kamu pasti mengenal judul ini dengan nama Hansel and Gretel. Ya, memang game ini mengambil tema dari kisah anak-anak tersebut. Game puzzle ini akan mengajakmu masuk ke dalam dunia game yang akan membuatmu berpusing-pusing ria dalam memecahkan puzzle-puzzle yang ada di sepanjang perjalanan Gretel yang keluar rumah karena ia mengetahui akan dikorbankan oleh orang tuanya.

Website: www.gretelandhansel.com/game.html

Hansel
Kembaran dari Gretel ini tidak akan tampil sebagai anak cowok yang sigap dan menjadi pelindung bagi Gretel di dalam game ini. Meski begitu, ia justru akan menjadi bulan-bulanan Gretel dan tampil sebagai cowok yang lambat berpikir dan menerima apa saja yang dilakukan oleh Gretel.

Hansel bukanlah karakter playable, namun kamu bisa menjahatinya dengan menembakkan batu ke arahnya menggunakan ketapel milik Gretel. Bila kamu menembakkan ketapelmu beberapa kali dan mengenainya secara berturut-turut, kamu akan membuka sebuah event khusus yang (menurut saya), cukup menyedihkan dan pastinya akan membuatmu merasa sangat bersalah karena telah menjahati Hansel. Ia tidak mengikuti Gretel yang keluar rumah, melainkan tinggal di dalam kamar dan menunggu nasib.

Gretel
Kembaran dari Hansel yang berlaku sebagai satu-satunya playable character di game ini adalah seorang gadis kecil yang cukup berbeda dengan apa yang ada di dalam buku cerita kebanyakan. Bila biasanya ia digambarkan sebagai gadis yang selalu bergantung pada kakaknya, maka kali ini ia justru tampil sebagai gadis kecil yang tidak berperasaan dan sangat pemberani.

Suatu hari, ia terbangun karena suara bisikan orang tuanya yang ada di kamar seberang, lalu ia mendengar bahwa ia dan Hansel akan dikorbankan oleh orang tuanya. Tentu hal ini membuatnya kaget dan mengajak Hansel untuk pergi. Selama perjalanannya, ia akan menemui berbagai macam kejadian, dan yah, monster mengerikan yang siap memakannya kapan saja, serta puzzle-puzzle ‘gila’ yang entah kenapa selalu hadir di tempat-tempat yang tidak terduga.

Interaktif A la Machinarium
Bila kamu pernah memainkan game bernama Machinarium, kamu pasti tidak akan asing dengan puzzle-puzzle super susah dari game tersebut.

Dipenuhi dengan puzzle-puzzle unik nan susah, game ini akan mengajakmu untuk memeriksa seluruh barang yang ada di dalam layar, bahkan sebuah batu sekalipun bisa jadi akan membantumu menyelesaikan game ini. Cobalah untuk berpikir logis dan menganalisis sekitarmu, dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika kamu memasuki wilayah baru. Karena salah jalan, salah pegang, atau salah membuka puzzle, bisa jadi kamu mati saat itu juga. Ingat, game ini tidak memiliki sistem save, jadi ketika game over, maka kamu akan kembali ke tempat check point-mu yang terakhir.

Kamu tidak akan menemukan tulisan alfabet yang akan membantumu mudah dalam bermain. Justru, kamu akan menemukan balon-balon kata yang penuh dengan gambar untuk mengajakmu berpikir apa yang harusnya kamu lakukan setelah ini. Perhatikan setiap balon kata dan gambar yang muncul, dan carilah benda apa yang diperlukan untuk menyelesaikan puzzle tersebut.

Hansel and Gretel Dalam Dunia
Hansel and Gretel, layaknya Snow White, adalah sebuah judul yang cukup sering dipakai untuk dibuat adaptasi versi yang lebih kelam. Selain versi game ini, cerita ini juga baru-baru ini diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama yang dibintangi oleh Jeremy Renner yang terkenal setelah peran sebagai Hawkeye dalam film Marvel’s The Avengers. Selain itu, Royal Opera juga menampilkan versi gelap dari cerita ini dengan penampilan balet yang cukup menakutkan untuk dilihat. Padahal aslinya, kisah ini menceritakan tentang petualangan dua orang anak yang melarikan diri dan ditawan oleh seorang penyihir.

Ending dari cerita aslinya sendiri, memang kalau dipikir-pikir, cukup mengerikan, di mana Hansel dan Gretel mendorong si penyihir masuk ke dalam kuali panas dan membiarkannya hingga mati.

Overview
Keseluruhan game ini menarik untuk kamu mainkan meski kamu tidak terlalu suka memainkan game horror, karena game dengan puzzle yang menantang seperti ini pasti akan membuatmu ketagihan, kalau tidak ingin membanting mouse dan meninggalkannya. Salah satu hal yang cukup menarik dari game ini adalah karena game ini adalah game bisu, di mana kamu tidak akan menemukan bantuan berupa kata-kata, melainkan berupa gambar. Bagi kamu yang memiliki waktu luang, cobalah untuk memainkannya.


SHARE
Previous article3 Online: Title dan Dungeon Guide
Next articleUsaha Manusia Melawan Alien Dalam Ender’s Game
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.