Tom Clancy’s Splinter Cell: Blacklist, Habisi Semuanya dengan Killing in Motion

Dev / Pub: Ubisoft Toronto / Ubisoft
Platform: PS3, Xbox 360, PC, Wii U
Tanggal Rilis: 20 Agustus 2013
Genre: Action Adventure, Stealth

Bercerita tentang Amerika Serikat yang didatangi oleh pasukan militer dari dua per tiga seluruh negara di dunia. Pada saat itu juga terdapat sebuah grup dari beberapa negara jahat yang akan melakukan teror ultimatum yang dikenal dengan nama Blacklist. Mereka telah memasang teror bom untuk menyerang kepentingan Amerika Serikat. Dan Sam Fisher kembali lagi, kini ia menjadi pemimpin dari unit Fourth Enchelon. Sebagai sang protagonis utama pada game ini, Sam bersama timnya harus menghancurkan para teroris untuk menghentikan rencana jahat mereka. Fourth Enchelon tidak memiliki markas yang tetap. Mereka bermarkas di sebuah pesawat hitam dan besar bernama Paladin.

Blacklist juga menampilkan sebuah mekanisme gameplay baru yang disebut sebagai Killing in Motion, di mana kamu dapat menyorot para target dan menghabisi mereka semua dengan cepat sambil berlari. Game ini juga mengambil sudut pandang orang ketiga, sehingga kamu dapat melihat benda-benda di sekeliling sang tokoh utama. Juga terdapat integrasi suara menggunakan Kinect bagi kamu para pengguna X360. Suara yang kamu ciptakan ini mampu menarik perhatian musuh sehingga kamu mudah untuk menyerang mereka. Selain menggunakan kontroler, kamu juga bisa menggerakkan tubuh tokoh utama dengan menggunakan sensor dari Kinect.
Sedangkan dalam versi Wii U, layar kedua yang ada pada kontroler dapat menampilkan sebuah interface yang dapat mengakses gadget yang dibawa, lainnya ia juga berfungsi sebagai komputer mini atau OPSAT. Lalu, layar kedua ini juga dapat digunakan untuk menyorot target lawan ketika kamu dalam keadaan menggunakan mekanisme Killing in Motion.

Dalam Blacklist, Sam memiliki kemampuan dalam menyelinap dengan mudah tanpa diketahui lawan. Salah satunya adalah dengan kemampuan Active Sprint, di mana ia dapat bergerak dengan cepat dan mudah dari satu tempat ke tempat lain. Ia juga bisa memanjat, lalu melompat ke pijakan selanjutnya. Fitur interogasi juga kembali menjadi elemen penting dalam game ini. Kamu bisa menginterogasi sang target menggunakan lingkungan di sekitarnya.

[nggallery id=720]

Terbentuknya Tim Elit Baru, Fourth Echelon
Mengikuti kejadian dari Splinter Cell: Conviction, presiden Amerika Serikat yang saat itu adalah Patricia Caldwell telah mematikan unit Third Echelon yang korup dan menggantinya dengan operasi pembasmi terroris yang dinamai Fourth Echelon. Organisasi ini terdiri dari prajurit elit yang diambil dari agensi berbeda yang beroperasi di lapangan dan menjalankan semua misi dari sang atasannya. Fourth Echelon masih diketuai oleh mantan pemimpin Third Achelon yaitu Sam Fisher. Untuk musuhnya sendiri, kali ini merupakan sebuah grup berisi dua belas teroris yang menyebut dirinya sebagai The Engineers. Mereka memulai peperangan dengan memasang bom waktu untuk melenyapkan aset Amerika Serikat, dan tim yang melakukan teror ini dikenal dengan nama Blacklist.

Selain Sam Fisher, nantinya kamu juga akan bertemu teman lama dari Sam yaitu Anna Grimsdottir, serta beberapa karakter baru seperti Isaac Briggs dan Charlie Cole. Juga beberapa karakter dari seri Conviction yaitu Victor Coste dan Andriy Kobin.

Splinter Cell Blacklist Spider-Bot
Mengikuti jejak game utamanya, Splinter Cell Blacklist Spider-Bot merupakan sebuah aplikasi iOS yang dirilis pada 10 Juni 2013 lalu. Pada game ini kamu dapat mengontrol sebuah robot laba-laba yang dapat mengumpulkan intel, mematikan sistem keamanan, dan juga mendapatkan mata uang Fourth Echelon. Ketika kamu sudah mengumpulkan cukup uang, kamu bisa meng-upgrade permainanmu ketika Splinter Cell Blacklist rilis. Kamu akan menjadi Splinter Cell, dengan memerankan sang tokoh utama game ini, Sam Fisher. Dengan menjadi Splinter Cell, tampilan mobile-mu akan berubah menjadi seperti OPSAT yang digunakan Sam Fisher di dalam game-nya.

[nggallery id=719]

Beragam Bundel Terbatas Siap Dibawa Pulang
Ubisoft sudah mengumumkan banyak edisi kolektor untuk Tom Clancy’s Splinter Cell: Blacklist. Bundel-bundel ini akan tersedia secara esklusif di wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.  Berikut ini merupakan bundel-bundel khusus yang dapat kamu pilih.

The 5th Freedom Edition
Bundel ini hanya dijual esklusif  pada GAME di Inggris dan Gamestop di Irlandia. Bundel ini berisi copy game dengan kotak eksklusif, figure Sam Fisher setinggi 24 cm, sebuah buku novel grafis Splinter Cell Echoes setebal 96 halaman, dua Map permainan baru antara lain Dead Coast dan Billionaire’s Yacht, beberapa item in-game berupa lima jenis gear (Gold Goggles and Amber Goggles, Ghost Boots, Armored Boots dan Tactical Glove), lima kostum dan juga senjata baru.

The 5th Freedom Silver Edition
Hanya dijual di Uplay, bundel ini berisi game dengan kotak eksklusif berwarna silver, figure Sam Fisher berwarna silver setinggi 24 cm, sebuah buku novel grafis Splinter Cell Echoes setebal 96 halaman, dua Map permainan baru yakni Dead Coast dan Billionaire’s Yacht, beberapa item in-game berupa lima jenis gear, lima kostum, dan juga lima senjata (VSS Sniper Rifle, M1014 Tactical Shotgun, HK 416 Assault Rifle F40,  Pistol dan Crossbow).

The Ultimatum Edition
Selain copy game-nya, bundel ini berisi banyak pernak-pernik seperti jam tangan digital Special-Ops, buku grafis novel setebal 24 halaman, dua Map permainan yang dapat diakses pada mode Multiplayer maupun Singleplayer baru yakni Dead Coast dan Billionaire’s Yacht, serta item in-game yaitu Gold Googles, Ghost Boots, dan juga Upper Echelon Suit.

Upper Echelon Day 1 Edition
Bundel ini hanya dijual esklusif  pada GAME di Inggris dan Xtravision di Irlandia. Sebuah bundel yang berisi copy game, sebuah map yang dapat diakses dalam game yakni Dead Coast, sepasang Gold Google, kostum the Legendary Upper Echelon Suit dan Elite Digital Ghillie Suit, dan juga senjata HK416 Assault Riffle yang dapat diakses pada awal permainan.

Paladin Multi-Mission Aircraft Edition
Bundel ini dibanderol dengan harga US $169.99 dan akan dirilis pada 20 Agustus 2013 nanti. Bundel ini berisi copy game, grafis novel Splinter Cell Echoes setebal 88 halaman, sebuah poster, Single and Multiplayer Co-op maps Dead Coast and Billionaire’s Yacht dan Dead Coast. Di bundel ini kamu juga akan mendapatkan barang-barang in-game  seperti Gold Sonar Goggles dan Upper Echelon Suit, dan yang paling menarik adalah sebuah radio-kontrol miniatur Paladin, sebuah pesawat yang juga merupakan markas melayang Fourth Echelon.


SHARE
Previous articleNonton Yuk: Web Series Dragon Age: Redemption
Next articleMMOG.Asia Rilis Trailer Perdana DivoSaga!
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.