Apple Diduga Luncurkan iPhone 5C dan 5S Pada 10 September, Mulai Dijual Seminggu Kemudian

Apple memang baru saja tersenyum setelah kembali dimenangkan gugatan patennya oleh Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (ITC) atas Samsung akhir pekan lalu, dan membuat produsen Korea tersebut terpaksa harus menerima ganjaran ban impor ke negeri Paman Sam untuk beberapa Android mereka, seperti Galaxy Tab generasi pertama. Keputusan itu menjadi satu diantara banyak keputusan atas perseteruan paten antara Apple dan Samsung selama bertahun-tahun, dan membuat kita semua yang mendengarnya pun sedikit bosan.

Apalagi ketika aroma iPhone versi murah merebak makin kuat, sepertinya lebih menarik mengikuti perkembangan iPhone 5C, nama sementara iPhone versi murah, dan juga iPhone 5S (atau iPhone 5G), yang diduga akan menjadi versi upgrade sebenarnya dari iPhone 5. Kami sudah sering mengulas mengenai rumor ini, dan berikut kabar terbarunya.

Apple diprediksi akan mengenalkan iPhone versi murahnya 10 September mendatang, bersamaan dengan versi upgtade dari iPhone 5. Banyak sumber memastikan tanggal tersebut, walaupun tidak secara resmi keluar dari mulut Apple. Sementara itu, minggu lalu beberapa kali iPhone 5C muncul ke permukaan menunjukkan casing-nya yang bermaterial plastik polycarbonate. Meskipun sekadar casingnya, tepatnya bagian belakangnya, namun memperlihatkan jelas desain Apple yang kita kenal selama ini, lengkap dengan logo Apple yang khas.

Apa yang bisa disimpulkan, lensa kamera iPhone 5C diposisikan di bagian kiri-atas, dan sepertinya rentan tertutup jarimu ketika menggunakannya untuk memotret secara landscape. Di sekitar lensa nantinya akan kamu temukan juga LED flash dan lubang mic sekunder untuk mendukung perekaman video. Kemudian di sisi bawah casing tersebut terlihat port lightning yang juga ditemani mic utama, lubang loudspeaker dan port audio 3.5 mm.

Berdasarkan beberapa kali bocoran model “cangkang” iPhone 5C tersebut, banyak yang menduga jika layarnya masih menggunakan ukuran 4-inchi dengan resolusi Retina, kamera 8-megapixel, dan harganya sendiri bakal dibanderol US $490. Sepertinya “murah” di sini tetap saja tidak bisa disamakan dengan kelas entry level smartphone lainnya.

Kemudian mengenai huruf “C” pada namanya, ada yang menyebutkan itu mewakili kata “color” dan menjelaskan kenapa beberapa kali kita melihat kabar iPhone 5C muncul dengan beberapa warna casing, seperti merah, kuning, hijau, biru dan putih.

Meskipun masih saja diselimuti keraguan, namun seperti pengalaman sebelumnya, produk Apple, khususnya iPhone dan iPad selalu muncul diawali dengan rumor dan dugaan. Apalagi juga ada petunjuk lain, melalui listing di toko online Amazon dari salah satu produsen case iPhone yang cukup terkenal, yaitu Spigen, yang seakan menegaskan keberadaan iPhone versi murah itu melalui beberapa produk aksesoris yang telah mereka siapkan. Tidak hanya itu saja, dari halaman iklan mereka tersebut jelas tertulis jika produk dari Korea Selatan tersebut akan mulai tersedia 20 September mendatang. Jika itu benar, maka seharusnya kedua iPhone baru akan dikonfirmasikan 10 September, dan mulai dijual 10 hari kemudian.

Mengenai iPhone 5S, sejauh ini disebutkan jika upgrade iPhone 5 tersebut akan mengajukan kamera 8-megapixel yang lebih baik dengan bukaan lensa f/2.0, sehingga menjanjikan hasil foto yang lebih terang dalam kondisi minim cahaya. Kemudian ada juga petunjuk penerapan sensor sidik jari tepat pada tombol home, baterai yang lebih besar kapasitasnya, dan untuk flash LED-nya dilengkapi dengan dua lampu.


SHARE
Previous articleChristian Bale Ditawari $50 Juta Untuk Kembali Perankan Batman di Justice League
Next articleSquare Enix Buka Open Beta Final Fantasy XIV: A Realm Reborn, Tawarkan Insentif Untuk Para “Veteran”
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.