Membandingkan Isi Paket Pembelian X1 dan PS4, Lagi-lagi Microsoft Membuat Kejutan!

Jika Sony sudah membeberkan apa saja isi paket pembelian PlayStation 4 ketika dirilis nanti sejak E3 2013 pada pertengahan Juni lalu, Microsoft sendiri justru mengungkapkannya belakangan. Akhir pekan lalu mereka, melalui Larry Hryb (Major Nelson), merilis video unboxing Xbox One. Dan yang mengejutkan, ada satu bagian paketnya yang sebelumnya tidak disebutkan, terntara justru disertakan oleh Microsoft.

Unboxing Xbox One

Paket yang dibongkar oleh Major Nelson tidak lain Day One Edition dari Xbox One, yang merupakan paket kloter pertama ketika Xbox One dirilis akhir November mendatang. Dan ternyata di dalam paket tersebut juga memasukkan headset Xbox One Chat (lihat pada detik ke 0:35 dan pada menit ke 3:09 pada video di atas) yang nilainya sekitar Rp 200 ribuan, yang sebelumnya disebutkan tidak disertakan dalam paket pembelian. Nelson juga menegaskan, bukan hanya edisi Day One saja yang mendapatkan headset tersebut, namun juga edisi Standarnya nanti juga dilengkapi aksesoris tersebut (perhatikan menit ke 3:09 pada video tersebut).

Apa beda bundle Day One dengan Standard? Jelas, karena menjadi kloter produksi pertama, Microsoft membuatnya sedikit berbeda, tepatkan di sisi kontroler. Ada logo “Day One 2013” di tengah kontroler tersebut yang menunjukkan identitasnya sebagai paket Day One, serta d-padnya juga berlapis krom. Selain itu, paket Day One ini juga berbeda, hitam seperti yang kamu lihat pada video, plus ada kode untuk membuka achievement Day One. Harganya sendiri sama antara Day One dengan Standard, yaitu $499. Karena cukup menggiurkan bonusnya, maka kamu harus cepat jika ingin mendapatkannya, karena beberapa retailer online yang melayani pre-ordernya pun sudah kehabisan stock. Masuk saja ke website Xbox di sini untuk mengetahui dimana saja kamu bisamendapatkannya.

Tulisan Day One jelas menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang membeli konsol ini pertama kali.

Semantara itu bonus DLC yang didapatkan para pemesan bundle pre-order Day One antara lain:

  • Ryse: Son of Rome – Map multiplayer eksklusif dan pedang dengan atribut bonus.
  • Forza Motorsport 5 – Akses ke empat mobil yang sudah ter-upgrade menjadi yang terbaik di kelasnya.
  • Kinect Sports Rivals – Perlengkapan olahraga eksklusif yang membedakan Champion-mu dari yang lain.
  • Dead Rising 3 – Frank West dan Chuck Greene Tribute Pack eksklusif dengan atribut tambahan.
Untuk kotak retail X1 Day One berwarna hitam. Sedangkan kotak retail yang standar bukan “day one” warnanya hijau.

Kembali pada paket Day One (dan juga standar), isi yang kamu dapatkan selain headset stereo antara lain Kinect, kabel HDMI, power supply, buku panduan Quick Start Guide, dan tentu saja, Xbox One itu sendiri. Dengan harga $499, kamu mendapatkan paket yang lengkap dibandingkan PlayStation 4. Khususnya untuk sensor Kinect-nya, yang harganya sendiri memang lebih dari sejuta.

Seperti ini desain kotak retail PS4 yang dijual nanti.

Sementara itu, untuk isi paket pembelian PlayStation 4, apa yang kamu dapatkan tidak jauh berbeda, tentu saja kecuali sensor kamera PlayStation Eye yang tidak disertakan dalam paket pembelian. Ada yang menyebutkan jika awalnya Sony memasukkan PS Eye dalam paket, dan menjual konsol tersebut dengan harga sama, $499. Namun mereka memutuskan mengambilnya dari paket pembelian, dan demikian didapatkan harga yang jauh lebih murah dari konsol Microsoft.

Isi paket pembelian PlayStation 4, sama saja hanya dengan satu DualShock 4.

Di dalam paket PlayStation 4 kamu dapatkan konsolnya dengan hard disk 500 GB, sama seperti Xbox One, dan satu DualShock 4. Lalu beberapa rangkaian kabel, mulai kabel Power, HDMI, dan kabel USB Charging. Tentu saja, ada buku Instruction Manual di dalamnya. Kemudian tidak seperti paket pembelian PlayStation 3, untuk yang satu ini Sony memaketkan sebuah headset berkabel, yang sayangnya tidak sama seperti tawaran Microsoft di atas, headset tersebut mono!

Isi paket pembelian PlayStation 4 menyertakan headset.

Dimensi keseluruhan PlayStation 4 adalah 275 x 53 x 305 mm, memiliki dua port USB 3.0 di depan, dan satu port AUX untuk berhubungan dengan PS Eye, yang dijual terpisah dengan harga $59. DualShock 4 sendiri beratnya 210 gram, dengan baterai 1000 mAh, dan memiliki speaker mono. Meskipun kamera PS Eye tidak masuk paket tersebut, namun mampu menghasilkan kualitas video maksimal 1280 x 800-pixel (x2) pada 60fps, 640 x 400 pada 120fps, atau 320 x 192 pada 240fps.

PS4 In Our Hands! The PlayStation 4 Console Out Of The Box