Microsoft Akan Berikan Dukungan Mainkan Game di PC Windows Dengan Kontroler Xbox One

Sebelumnya gamer pengguna Xbox 360 bisa memanfaatkan kontroler mereka untuk memainkan game PC. Jika kontrolernya berkabel lebih mudah, karena tinggal hubungkan ke port USB. Namun yang nirkabel lebih susah, karena mengharuskanmu membeli receiver-nya. Bagaimana dengan kontroler Xbox One, apakah bisa melakukan hal yang sama? Sementara ini belum, namun tidak menutup kemungkinan tahun depan.

Kemungkinan fitur tersebut terungkap melalui pernyataan general manager Xbox Accessories, Zulfi Alam. Dalam sebuah pernyataannya kepada CVG, dia mengatakan jika secara software pihaknya bisa melakukan hal tersebut, mengintegrasikan kontroler Xbox One dengan PC, sehingga gamer PC Windows bisa memainkan game dengan beberapa fitur unggulan kontroler, seperti impulse trigger, yang seharusnya hanya didapatkan pengguna Xbox One. Hanya saja secara resmi Microsoft baru akan mendukung integrasi tersebut tahun depan.

Secara software Xbox Accessories sudah mengembangkan dukungan kontroler Xbox One, dan rupanya tidak hanya bisa terhubung dengan PC saja, namun juga bisa digunakan secara maksimal memainkan game yang memang dikembangkan khusus untuk dimainkan menggunakan kontroler Xbox 360. Namun karena perbedaan arsitektur, proses tersebut cukup susah, karena itu pihaknya sendiri baru menjanjikan tahun depan.

Apa yang membuatnya lebih susah meskipun kontroler Xbox 360 sudah terbukti bisa berhubungan dengan PC adalah karena kontroler Xbox One menyimpan teknologi baru, seperti wireless protocol baru, serta mendukung pengoperasian dalam mode ‘wired’, serta keberadaan impulse trigger, dan itu membutuhkan proses software barunya harus dioptimalkan untuk PC. Selain itu mereka juga perlu berusaha ekstra, agar game-game PC yang sebelumnya didesain bekerja dengan kontroler Xbox 360 juga akan menerima kontroler Xbox One.

Seandainya benar Microsoft akan memberikan dukungan resmi membuat kontroler Xbox One bisa terhubung dengan PC, memang akan membuat gamer PC girang, apalagi dengan makin mudahnya game konsol next gen (yang arsitekturnya mirip dengan PC) akan di-port untuk PC.

Oh ya, jika kamu penasaran dengan isi kontroler Xbox One, bisa kamu lihat video sepanjang 7 menit berikut ini yang menunjukkan bagaimana Larry Hryb (Major Nelson) dan Zulfi Alam, menceritakan apa saja perubahan yang mereka berikan untuk kontroler Xbox One. Di sana Larry Hryb menunjukkan bagaimana back plate kontroler tersebut yang bebas dari baut, kompartemen baterainya yang baru, dan juga perbaikan yang mereka lakukan pada d-pad dan rumble motor, yang kini ada dua dan masing-masing ditempatkan di bagian trigger. Mereka juga menyinggung mengenai sensor infrared, yang akan digunakan kontroler ini selama berhubungan dengan Kinect, dan kamera tersebut akan memakainya untuk menandai dimana posisi gamer selama memainkan Xbox One.

Lebih lanjut, kamu bisa buka kembali ulasan kami sebelumnya, yang membahas lebih dalam mengenai kontroler Xbox One. Dan tak ketinggalan, perbandingan antara Xbox One dan PlayStation 4 pada artikel ini.

An Insider’s Look at the Xbox One Controller

Sumber: CVG


SHARE
Previous articleNova Prime Muncul di Lokasi Syuting Guardians of the Galaxy
Next articleReview DivoSaga, MMORPG dengan Kombinasi City Building!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.