Mengenal Sistem Baru di Pokemon X & Y, Mega Evolution dan Super Training!

Nintendo kali ini memperkenalkan sistem baru yang akan kamu temui di game terbarunya, yakni Pokemon X & Y. Fitur baru tersebut antara lain Mega Evolution dan Super Training, serta tidak ketinggalan perkenalan Gym Leader dan Pokemon barunya.

Fitur pertama adalah Mega Evolution, bentuk evolusi baru Pokemon yang hanya bisa diakses saat bertarung. Pokemon yang mengalami Mega Evolve akan membuka kekuatan tersembunyi dalam dirinya yang tidak ada dalam jalur evolusi normal. Selain itu, status dan penampilannya akan berubah drastis, bahkan mereka yang melakukan Mega Evolve mungkin mengalami perubahan tipe saat bertarung.

Hanya saja kondisi Mega Evolution ini benar-benar terbatas, yakni hanya bisa diakses saat Pokemon tersebut bertarung dan kamu harus menggunakan sebuah Mega Stone. Contohnya adalah Lucarionite Mega Stone, yang sanggup membuat Lucario mengalami Mega Evolve. Kamu dapat menemukan bebatuan tersebut di sepanjang penjuru region Kalos. Hanya saja setelah pertarungan berakhir, maka Pokemon tersebut akan kembali ke bentuk asalnya.

Sejauh ini sudah ada beberapa Pokemon yang dikonfirmasikan memiliki bentuk Mega Evolution ini, antara lain Mega Mewtwo, Mega Blaziken, Mega Lucario, Mega Ampharos, Mega Absol, dan Mega Mawile. Beberapa Mega Stone tidak bisa ditemukan secara normal sepanjang permainan. Salah satunya adalah Blazikenite Mega Stone, hanya bisa didapat dari seekor Torchic yang memegang batu tersebut dan Nintendo menyebarkannya secara eksklusif dalam event via Wi-Fi dalam periode waktu tertentu.

Torchic
Combusken
Blaziken

Berikut adalah detail beberapa Pokemon Mega tersebut.

– Mega Ampharos

Ampharos
Mega Ampharos

Mega Ampharos memiliki kepala dan ekor yang tertutup bulu putih, sehingga membuatnya terlihat makin gagah dan rupawan. Pokemon ini akan mendapatkan tipe Dragon dalam tiap gerakannya, selain tipe Electric miliknya yang asli. Saat Mega Ampharos meningkatkan kekuatan listrik dalam dirinya, orb-orb merah di badannya akan mengeluarkan cahaya yang sangat kuat. Mega Ampharos memiliki kemampuan Mold Breaker.

– Mega Absol

Absol
Mega Absol

Energi yang meningkat di sepanjang badan Absol saat mengalami Mega Evolution membuat bulunya terangkat ke atas, sehingga membuatnya memiliki bentukan mirip sepasang sayap. Mega Absol memiliki kemampuan Magic Bounce.

– Mega Mawile

Mawile
Mega Mawile

Saat Mawile mengalami Mega Evolution, mulut besar di kepalanya akan bertambah satu lagi sehingga mirip seperti rambut kembar. Mega Mawile memiliki kemampuan Huge Power.

Mewtwo
Mega Mewtwo
Lucario
Mega Lucario

Fitur baru kedua adalah Super Training, yang memungkinkanmu untuk melatih para Pokemon milikmu saat mereka tidak sedang bertarung. Kamu dapat menggunakan layar sentuh untuk berpartisipasi dalam aktivitas untuk meningkatkan status Pokemon, seperti HP, Attack, Defense, Sp. Attack, Sp. Defense, dan Speed.

Salah satunya adalah melatih Pokemon dengan menempatkan mereka untuk melawan Balloon Bot berbentuk Pokemon besar di sebuah ruang virtual, di mana masing-masing sisinya menembakkan bola-bola ke gawang lawan. Kamu harus menggunakan Circle Pad dan layar sentuh untuk menghindari tembakan dari Balloon Bot sambil menempatkan bola ke arah gawang lawan.

Atau aktivitas lainnya, Core Training, memungkinkanmu untuk mengatur tas-tas latihan bagi para Pokemon untuk digunakan. Pokemon akan berlatih sendiri dan meningkatkan statusnya sesuka hati. Tapi dengan menyentuh layar bawah saat sesi Core Training berlangsung, kamu bisa membantu Pokemon untuk meningkatkan status mereka.

Berikutnya adalah Gym Leader baru yang menempati Shalour City, bernama Korrina. Kota tersebut adalah berada di dekat lautan dan terkenal dengan pemandangannya yang indah. Dan juga di sana ada Tower of Masteyry, yang kabarnya memiliki hubungan tertentu dengan Mega Evolution. Korrinna ingin sekali memperkuat Pokemon miliknya, dan juga dia sepertinya memegang peranan penting dalam Mega Evolution.

Dan terakhir adalah sederet Pokemon baru yang dapat kamu temui di Pokemon X & Y ini nantinya.

– Dedenne

Dengan memancarkan gelombang radio dari kumisnya yang mirip antena, Pokemon tipe Electric dan Fairy ini bisa berkomunikasi dengan sesamanya meski jarak antar mereka jauh. Bahkan mereka bisa menancapkan ekornya ke stop kontak untuk mengambil energi listriknya. Kemampuan miliknya bernama Cheek Pouch, di mana ketika dia memakan sebuah Berry saat bertarung, selain mendapatkan keuntungan dari Berry juga akan mengembalikan sejumlah HP miliknya. Gerakan baru bertipe Electric miliknya bernama Nuzzle, di mana dia akan men-charge listrik kemudian menyerang dengan hidung dan mulutnya ke arah musuh.

– Bunnelby

Pokemon baru bertipe Normal yang menggali sarangnnya dengan telinga yang berbentuk mirip sekop. Telinganya sangat kuat bahkan sanggup memotong akar pepohonan. Bunnelby bisa mempelajari gerakan bertipe Ground, Dig. Di giliran pertama, pengguna akan masuk ke bawah tanah, dan di giliran kedua barulah dia menyerang.

– Skiddo

Ini adalah Pokemon yang akan berubah menjadi Pokemon bertipe Grass, Gogoat. Skiddo memilik kepribadian ramah dan dikatakan dia adalah Pokemon pertama yang bisa hidup berdampingan dengan manusia. Skiddo dapat mempelajari gerakan tipe Grass bernama Leaf Blade, di mana penggunanya akan menembakkan daun-daun tajam untuk menebas selayaknya pedang.

Game Freak dan Nintendo akan merilis Pokemon X & Y untuk 3DS secara serentak di seluruh belahan dunia pada tanggal 12 Oktober 2013 mendatang.

[nggallery id=722]

[ Sumber : Gematsu (2) ]


SHARE
Previous articleMembandingkan Isi Paket Pembelian X1 dan PS4, Lagi-lagi Microsoft Membuat Kejutan!
Next articleINAICTA 2013 Memasuki Fase Seleksi Karya untuk Sekitar 1000 Akun yang Terdaftar!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.