Mengintip Elemen Stealth dalam Assassin’s Creed IV: Black Flag

Bisa dibilang, elemen stealth sudah menjadi salah satu ciri khas utama dari serial Assassin’s Creed (AC) sejak seri pertamanya dirilis pada tahun 2007 lalu. Ubisoft pun rupanya juga tidak ingin ciri khas stealth ini hilang dalam AC IV: Black Flag, bahkan mereka memberikan berbagai macam improvisasi agar stealth dalam AC IV: Black Flag lebih baik dibandingkan dengan game-game sebelumnya. Hal inilah yang ditunjukkan dalam video baru AC IV: Black Flag yang baru dirilis awal minggu ini.

Sama seperti video sebelumnya yang menampilkan perburuan ikan hiu di lautan, atau yang menjelaskan mengenai elemen open world, dalam menjelaskan elemen stealth ini Ubisoft juga melengkapi video dengan komentar developer. Adalah Ashraf Ismail, Game Director dari AC IV: Black Flag-lah yang memberikan komentar sembari kamu menikmati video ini. Dalam video ini, Edward Kenway terlihat memasuki sebuah gua melalui bawah laut untuk mendapatkan peti harta karun yang ditinggalkan oleh templar. Tantangan terbesarnya di sini adalah Edward memasuki gua tanpa membawa senjata sama sekali, padahal dalam gua tersebut banyak musuh yang berkeliaran.

Untuk itu, Edward memiliki beberapa cara untuk menjatuhkan musuh, mulai dari menunggu musuh mendekat dan membekapnya, membunuhnya dari jarak jauh dengan pisau lempar, atau bahkan membunuhnya dengan melompat dari atas. Senjata bisa kamu dapatkan dari musuh yang sudah dikalahkan, atau dengan merebutnya saat terjadi pertarungan satu lawan satu. Rindu dengan aksi stealth di kota? AC IV: Black Flag juga masih menyediakan ciri khas tersebut, dimana kamu bisa melompat-lompat dari satu atap ke atap lain di kota untuk mencapai target, lantas membunuhnya menggunakan hidden blade atau menembaknya dari jarak jauh dengan menggunakan flintlock.

Masih banyak elemen lain yang dijelaskan Ubisoft dan bisa kamu simak dalam video di atas, seperti keanekaragaman senjata dan item yang tersedia, hiding spot, dan beberapa fitur-fitur baru lainnya. Menurut rencana, Ubisoft akan merilis AC IV: Black Flag pada 29 Oktober 2013 untuk PS3, Xbox 360 dan Wii U, serta diikuti untuk platform lain seperti PS4, Xbox One dan PC beberapa minggu kemudian.

[Sumber: CVG/IGN]


SHARE
Previous articleOmega #117: Monster Hunter Online, SDGO, Sengoku IXA
Next articleReview Nedera Negeri Kegelapan: Novel Fantasi Ciamik Karya Anak Bangsa!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.